PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Main Article Content
Abstract
Pendidikan adalah sesuatu yang mampu memberikan manusia kemampuan ilmu / pengetahuan. Pengetahuan akan membuat manusia mampu bertahan dalam hidupnya (perjuangan hidup) dan mampu mengikuti perkembangan kehidupan dunia. Pendidikan hidup manusia juga timbul karena manusia memiliki kemampuan untuk berpikir bahwa harus diasah dan dikembangkan. Dalam konsep Hindu kita sering akrab dengan konsep "Tri Pramana", konsep bahwa ada tiga kekuatan yang dimiliki oleh seorang anak dalam hidupnya. Kekuatan itu adalah sabda yang berarti suara, bayu yang berarti kekuatan / kekuasaan, dan idep yang berarti pikiran. Masa pendidikan anak usia dini di sini adalah lebih menekankan pada pendidikan psikomotorik anak, pendidikan karakter dan budidaya moral manusia dan sikap hidup. Pendidikan dewasa ini sangat usia dini dikembangkan terkait dengan pembentukan generasi yang lebih baik dan lebih siap untuk life educational. Psikologi pendidikan sebagai cabang psikologi memiliki kontribusi penting untuk proses pendidikan anak usia dini. Tidak dapat disangkal bahwa psikologi  telah lama digunakan dalam psikologi pendidikan sebagai landasan dalam pengembangan teori dan praktek pendidikan dan telah memberikan kontribusi besar terhadap pendidikan, termasuk pengembangan kurikulum, sistem dan sistem penilaian belajar. Kata Kunci : Psikologi Pendidikan, Pendidikan Anak Usia DiniÂ
Article Details
How to Cite
ANGGA MAHENDRA, P. R. (2016). PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Widya Accarya, 6(2). https://doi.org/10.46650/wa.6.2.302.%p
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
M, Dalyono. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suryabrata, Sumadi, 1982. Psikologi Kepribadian, Jakarta: Rajawali Press
Syifa’a Ratna. 2008. Psikologi Humanistik dan Aplikasinya Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII.
UU. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suryabrata, Sumadi, 1982. Psikologi Kepribadian, Jakarta: Rajawali Press
Syifa’a Ratna. 2008. Psikologi Humanistik dan Aplikasinya Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII.
UU. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional