PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR PQ4R DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII. B SMP DWIJENDRA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Dwijendra Denpasar ml adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII B tahun pelajaran 2014/2015. Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII B SMA Dwijendra Denpasar adalah dengan menggunakan strategi belajar PQ4R. Sesuai dengan metodelogi penelitian dimana metode pengumpulan data dalam proses kegiatan pembelajaran dilakukan dengan pemberian tes. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik prosentase untuk melihat kecendrungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tentang prestasi belajar siswa kelas VIII B, maka dapat dikatakan bahwa dengan strategi belajar PQ4R ml siswa rata-rata telah dapat mengalami suatu perubahan. Apalagi dan siklus I ke siklus II rupanya strategi belajar PQ4R mulai dapat dipahami oleh siswa atau siswa mulai beradaptasi dengan Iangkah-Iangkah pembelajaran yang inovatif. Hal mi sudah terbukti dan hasil yang dicapai siswa pada sikius II telah mampu memiliki rata-rata kelas 78,37 dengan ketuntasan belajar 72,09 %. Dan kenyataan seperti dapat dikatakan bahwa siswa kelas VIII B SMP Dwijendra Denpasar telah dapat belajar untuk mengikuti prosedur pembelajaran mnovatifwalaupun masih perlu yang harus diikuti dan disempurnakan. Kata kunci : Strategi belajar PQ4R, Prestasi Belajar.
Article Details
How to Cite
PURI, D. N. (2015). PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR PQ4R DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII. B SMP DWIJENDRA DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Widya Accarya, 4(1). https://doi.org/10.46650/wa.4.1.246.%p
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.