PENERAPAN MODEl. PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM UPAVA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASh BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI Dl KELAS X PMIA 7 SMA NEGERI 5 DEN PASAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Main Article Content
Abstract
Tujuan dan Penelitian Tindakan Kelas mi adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi khususnya pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SMA Negeri 5 Denpasar terhadap subjek penelitian kelas X PMIA 7 tahun pelajaran 2012/2013, dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Data hasil penelitian tentang aktivitas dan hasil belajar siswa diperoleh melalui observasi kelas yaitu dengan menggunakan instrumen lembar aktivitas dan tes ulangan harian baik pada sikius I dan sikius II. Perbandingari hasil penelitian sikius I dan II pada aktivitas belajar siswa adalah 52,27 % : 77,27 %. Sedangkan rata-rata kelas yang dicapai mempunyai perbandingan 71,14: 79,55. Jika dibandingkan dengan hasil sebelumnya ketika pembelajaran berlangsung dengan konvensional, maka model pembelajaran kooperatif tipe TPS mempunyai hasil yang Iebih baik. Terjadinya peningkatan hasil dan siklus I ke sikius II baik pada aktivitas dan hasil belajar siswa tidak terlepas pula dan strategi guru/peneliti menemukan solusi dalam mengatasi kekurangan yang terjadi di sikius I sehingga proses kegiatan belajar pada sikius II mampu menumbuhkan motivasi belajar yang berdampak positif pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Aktivitas Be/ajar Siswa, Has/I Belajar Siswa.
Article Details
How to Cite
DALEM MAHENDRA, A. R. (2015). PENERAPAN MODEl. PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM UPAVA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASh BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI Dl KELAS X PMIA 7 SMA NEGERI 5 DEN PASAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Widya Accarya, 4(1). https://doi.org/10.46650/wa.4.1.244.%p
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.