MENGELOLA KETRAMPILAN KOMUNIKASI NON VERBAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Main Article Content

I Made Sutika

Abstract

Usaha meningkatkan motivasi belajar siswa adalah mengkaji tentang efektivitas komunikasi non verbal. Tulisan ini diharapkan dapat mengetahui secara jelas  dalam mengelola ketrampilan variabel komunikasi non verbal terhadap motivasi belajar siswa.            Meningkatnya motivasi belajar siswa merupakan varibel yang sangat menentukan dalam mengelola ketrampilan  komunikasi non verbal dalam proses pembelajaran.Variabel komunikasi non verbal dioprasionalkan melalui indikator-indikator isyarat tangan, gerakan kepala, postur tubuh dan posisi kaki,ekspresi wajah, tatapan muka, sentuhan, parabahasa, penampilan fisik, orientasi ruang dan jarak pribadi, konsep waktu dan diam. Sedangkan variabel motivasi belajar dioprasionalkan melalui indikator-indikator, pikiran, perasaan, kesiapan mental, tingkah laku, kebutuhan, tujuan, evaluasi diri, jati diri, kesadaran dan harapan            Dengan demikian penerapan komunikasi non verbal dalam proses pembelajaran sangat penting dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa akan menentukan intensitas tanggapan terhadap pesan yang dikomunikasikan. Seberapa tingkat penerimaan siswa dengan pesan yang disampaikan tergantung pada seberapa tingkat kesesuaian pesan tersebut dengan motivasinya. Dengan demikian komunikasi non verbal hendaknya diperhitungkan secara efektif agar motivasi belajar siswa semakin kuat, sehingga hubungan stimulus dan respon juga semakin kuatKata Kunci: Keterampilan, Komunikasi Verbal

Article Details

How to Cite
Sutika, I. M. (2014). MENGELOLA KETRAMPILAN KOMUNIKASI NON VERBAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Widya Accarya, 3(1). https://doi.org/10.46650/wa.3.1.22.%p
Section
Articles

References

Ardana Wayan, 1985, Pokok – pokok Ilmu Jiwa Umum, Usaha Nasional, Surabaya.
Cangara Hafied, 2004, Pengantar Ilmu Komunikasi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Hasibuan, Moedjiono, 1988, Proses Belajar Mengajar, Remaja Karya, Bandung.
Haryani, Sri, 2001, Komunikasi Bisnis, Unit Penerbit dan percetakan AMP YKPN, Yogyakarta.
Hamijoyo Santoso S, Hand Out Landasan Ilmiah Komunikasi, Universitas DR Soetomo, Surabaya.
Krech David Krutchfield Richards and Ballachy Egerton, 1962, Individual andSociaty, MC Graw Hill Kogakusho, Tokyo.
Mar,at, 1989, Sikap Manusia PerubahanSerta Pengukurannya, Galia, Jakarta Timur Indonesia.
Mulyana Deddy, 2000, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Remaja Rosda Karya, Bandung.
-------------------( Ed ). 2002, Komunikasi Organisasi, Remaja Rosda Karya, Bandung.
Panuju Redi, 2000, Hand Out I Teori Komunikasi, Universitas DR Soetomo, Surabaya.
Pease Allan, 1986, Bahasa Tubuh, Arcan, Jakarta.
Suryaberata Sumadi, 1983, Proses BelajarMengajar di perguruanTinggi, Andi Ofset, Yogyakarta.
Soemanto Wasty, 1983, Psikologi Pendidikan, Bhineka Cipta, Jakarta.
Titik Mariyani, 2005, Pengaruh Terpaan Tayangan Pornografi, Komunikasi Keluarga Dan Kelompok Pergaulan Terhadap Sikap Permisif Pornoaksi Remaja di Surabaya, Program Pasca Sarjana Universitas DR Soetomo, Surabaya.