RASINALISASI PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PENYEMPURNAAN POLA PIKIR PEMBELAJARAN

Main Article Content

I Made Sila

Abstract

Perubahan era globalisasi, agaknya menjadi ciri khas yang berjalan paling konsisten. Manusia modern menantang, mencipta, sekaligus berpotensi diterpa oleh arus perubahan. Perubahan peradaban ini menuntut pertaruhan dan respon manusia yang kuat agar siap menghadapi tekanan internal dan eksternal, serta menunjukkan eksistensi diri dalam alur peradaban. Dalam menghadapi dinamika dan perubahan tersebut maka guru dan kurikulum sebagai suatu intrumen input dalam pendidikan memiliki peranan yang sangat penting. Perubahan kurikulum harus diikuti dengan meningkatan kompetensi guru, sebab sebarapa bagusnya kurikulum tanpa guru yang kompeten niscaya tujuan pendidikan tidak akan tercapai. Karena demikian  rasional pengembangam kurikulum harus diikuti oleh perubahan pola pikir guru  dalam pembelajaran .            Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan ini, supaya guru  memahami rasionalisasi perubahan kurikulum dan mampu serta  mau berubah pola pikir  mengikuti perkembangan  ilmu pengetahuan dan dinamika kebutuhan masyarakat.Dengan adanya perubahan kurikulum tersebut diharapkan bangsa Indonesia mampu menghadapai tantangan internal dan eksternal, serta pada tahun 2045 mampu membangun generasi emas Indonesia. Indonesia memiliki bonus demografi, secara positif apabila penduduk yang banyak memiliki kompetensi  maka akan menjadi modal dasar pembangunan namun apabila tidak justru akan menjadi beban pembangunan. Karena demikian perubahan kurikulum bukan suatu yang dipaksakan namun tantangan dan dinamika mengharuskan kita melakukan perubahan untuk bisa eksis dalam persaingan tersebut Kata Kunci: Rasinalisasi, Kurikulum dan Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Sila, I. M. (2014). RASINALISASI PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PENYEMPURNAAN POLA PIKIR PEMBELAJARAN. Widya Accarya, 3(1). https://doi.org/10.46650/wa.3.1.18.%p
Section
Articles

References

Undang-undang Dasar 1945,
Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi.
Peraturan Pemerintah nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, Kemendikbud dan implementasi kurikulum 2013

Badan PSDMPK-PMP .2014. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru 2014

Sila.2013. Perubahan paradigma Guru dalam Menyongsong Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru, Majalah Widya Acarya edisi 2 : FKIP Universitas Dwijendra