Pentingnya Penerapan Kurikulum OBE di Perguruan Tinggi

Main Article Content

Ni Putu Ika Putri Sujianti
I Wayan Kandia
I Wayan Eka Santika
I Gusti Ngurah Santika
Patrisia Rambu Sedu

Abstract

Dunia industri saat ini tengah memasuki perkembangan yang sangat pesat. Dalam konteks ini, perguruan tinggi memegang peran yang krusial dan strategis dalam menghasilkan lulusan yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Upaya yang dapat dilakukan perguruan tinggi untuk mengantisipasi perkembangan dunia industri yang begitu cepat adalah dengan menerapkan kurikulum yang berbasis luaran (OBE). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya penerapan kurikulum OBE di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah studi literatur dengan pendekatan yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pendekatan ini adalah analisis dokumen atau literatur. Data yang diperoleh, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik content analysis secara mendalam untuk disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa pentingnya penerapan kurikulum OBE di perguruan tinggi karena bukan hanya menekankan pada apa yang diajarkan (konten), melainkan lebih pada apa yang mahasiswa dapat lakukan setelah mampu menyelesaikan proses pembelajaran. Selain itu, hasil belajar pada Kurikulum OBE mendefinisikan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diharapkan dimiliki lulusan. Lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan atau tugas yang relevan dengan bidangnya. Ini mencakup keterampilan praktis yang terukur dan dapat diterapkan dalam dunia kerja. Perguruan tinggi yang tidak menerapkan Kurikulum OBE menghadapi beberapa risiko yang berdampak pada kualitas pendidikan, relevansi lulusan di dunia industri, dan efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, penerapan Kurikulum OBE dapat menjadi langkah penting dalam memastikan, bahwa pendidikan yang diberikan benar-benar memenuhi kebutuhan masa depan dan dapat menghasilkan lulusan yang siap pakai, kompeten, dan profesional.

Article Details

How to Cite
Ni Putu Ika Putri Sujianti, I Wayan Kandia, I Wayan Eka Santika, I Gusti Ngurah Santika, & Patrisia Rambu Sedu. (2025). Pentingnya Penerapan Kurikulum OBE di Perguruan Tinggi. Widya Accarya, 16(1), 67-74. https://doi.org/10.46650/wa.16.1.1659.67-74
Section
Articles

References

Aminuddin, A., Salambue, R., Andriyani, Y., & Mahdiyah, E. (2021). Aplikasi E-OBE Untuk Integrasi Komponen Kurikulum OBE (Outcome-Based Education). Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 13(1), 16.
Arifin, S. (2021). Desain Kurikulum Pendidikan Tinggi Sesuai dengan KKNI & SN-Dikti Dengan Pendekatan OBE di Era Industri 4.0.
Kandia, I. W. (2023). Sejarah Perjalanan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum Di Indonesia. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(2), 65-75.
Kapoh, R. J., Pattiasina, P. J., Rutumalessy, M., Wariunsora, M., Tabelessy, N., & Santika, I. G. N. (2023). Analyzing the Teacher's Central Role in Effort to Realize Quality Character Education. Journal of Education Research, 4(2), 452-459.
Mahendra, P. R. A., & Pali, R. A. (2024). Pembelajaran Project Citizen dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21. JOCER: Journal of Civic Education Research, 2(2), 74-82.
Muzakir, M. I. (2023). Implementasi kurikulum outcome based education (Obe) dalam sistem pendidikan tinggi di era revolusi industri 4.0. Edukasiana: Journal of Islamic Education, 2(1), 118-139.
Negara, G. A. J., Pitriani, N. R. V., & Fitriani, L. P. W. (2024). Kurikulum Berbasis OBE (Outcome Based Education) Dengan Nilai-Nilai Karakter Untuk Meningkatkan Kualitas Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 41-48.
Santika, I. G. N. (2021). Grand desain kebijakan strategis pemerintah dalam bidang pendidikan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Education and development, 9(2), 369-377.
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and development, 10(3), 694-700.
Sila, I. M., Sutika, I. M., Winaya, I. M. A., Sudiarta, I. N., Sujana, I. G., & Rai, I. B. (2023). The effect of strategic and directive leaderships on school leader’s performance. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 6(1), 25-30.
Sila, I. M., Santika, I. G. N., & Dwindayani, N. M. A. (2023b). Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa Melalui Optimalisasi Peran Guru PPKn Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Pancasila. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(2), 41-48.
Suarningsih, N. M., Santika, I. G. N., Roni, A. R. B., & Kristiana, R. J. (2024). Pendidikan Karakter Di Indonesia Dalam Berbagai Perspektif (Definisi, Tujuan, Landasan dan Prakteknya). Jocer: Journal of Civic Education Research, 2(2), 61-73.
Sudiarta, I. N., & Porro, A. L. (2023). Membangun Pendidikan Karakter Yang Bermutu Melalui Peran Guru. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(2), 76-84.
Suharta, A. (2024). Implementasi Kurikulum Outcome Based Education (OBE) di Lingkungan Perguruan Tinggi. UNJUK KINERJA DALAM MENGOPTIMALKAN POTENSI PADA PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA, 107.
Sujana, I. G., Semadi, A. A. G. P., Suarningsih, N. M., Retnaningrum, E., Widyatiningtyas, R., & Santika, I. G. N. (2023). The Strategic Role of Parents in Optimizing Character Education in Early Childhood in the Family Environment. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3241-3252.
Sujianti, N. P. I. P. (2024). Peranan Guru dalam Mengembangkan Kecerdasaan Moral Siswa. Widya Accarya, 15(1), 58-62.
Sujianti, N. P. I. P., Adnyana, G. T., & Kandia, I. W. (2024b). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran PPKn. Widya Accarya, 15(2), 145-150.
Sutika, I. M., Winaya, I. M. A., Rai, I. B., Sila, I. M., Sudiarta, I. N., Kartika, I. M., & Sujana, I. G. (2023). The effectiveness of problem-based learning model in improving higher order thinking skills and character of elementary school students. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 55(3), 688-702.
Sutika, I. M., Kandia, I. W., & Jara, L. R. (2024). Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN. JOCER: Journal of Civic Education Research, 2(2), 34-44.
Sutika, I. M., Pujani, N. M., Suma, K., & Sudewa, P. H. (2024b). Advancing Problem-Solving Competencies in Prospective Science Teachers: Comparative Insights on the Flipped Classroom and Direct Instruction Models. Jurnal Edutech Undiksha, 12(2).
Sutrisna, I. P. G., Putrayasa, I. B., Wisudariani, N. M. R., & Sudiana, I. N. (2024). Implementasi Penjaminan Mutu Internal Dalam Pengembangan Kurikulum Berbasis OBE. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(4), 206-221.
Tuhuteru, L., Budianingsih, Y., Santika, I. G. N., Kartika, I. M., Sujana, I. G., & Memang, E. B. W. (2023). Conflict Resolution Learning Model As A Strategic Effort in Building Peace Amidst Indonesia's Diversity. Widya Accarya, 14(1), 66-72.
Yani, A., Agussalim, A., Iqbal, M., & Said, S. (2025). KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS OUTPUT: UNTUK MENGHASILKAN LULUSAN BERDAYA SAING. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi, 8(1), 118-122.
Yumelking, M. (2023). Implementasi Pembelajaran Outcome Based Education (OBE). Aktualisasi dan Problematika dalam Pembelajaran.
Yunus, Y., Maksum, H., & Waskito, W. (2024). Pengaruh Implementasi Kurikulum Outcome Based Education (OBE) terhadap Kemampuan Problem Solving Mahasiswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 17(1), 1-12.