Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Treffinger Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD

Main Article Content

I Gusti Ayu Trisna Puspita Dewi
Ni Luh Gede Karang Widiastuti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPAS antara kelas siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran tipe treffinger berbasis penilaian kinerja dan kelas siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD No. 1 Jagapati. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitiannya adalah Posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SD No.1 Jagapati sebanyak 51 orang siswa. Untuk menentukan sampel digunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD No. 1 Jagapati yang berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen dan Kelas VB SD No. 1 Jagapati yang berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data hasil belajar IPAS dilakukan dengan metode tes yaitu tes hasil belajar, dengan jenis tes obyektif pilihan ganda. Data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPAS antara kelas siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran tipe treffinger berbasis penilaian kinerja dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Hal ini terbukti dari hasil analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 3,03 > ttabel (α=0,05,50) = 1,675 dan didukung dengan perbedaan rata-rata hasil belajar IPAS antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu  = 78 >  = 70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe treffinger berbasis penilain kinerja berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD No.1 Jagapati.

Article Details

How to Cite
I Gusti Ayu Trisna Puspita Dewi, & Ni Luh Gede Karang Widiastuti. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Treffinger Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD. Widya Accarya, 16(1), 60-66. https://doi.org/10.46650/wa.16.1.1656.60-66
Section
Articles

References

Abubakar, Rifa’i, (2021). Pengantar Metodologi Penelitian, Cetakan Pertama, Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga. Tersedia pada halaman web https://digilib.uinsuka.ac.id/id/eprint/42716/1/PENGANTAR%20METODOLOGI%20PENELITIAN.pdf. Diakses pada tanggal 3 Oktober 2023.
Adnyani, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan (Volume 5 Tahun 2014). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/diskursus/article/download/6688/3198. Diakses pada tanggal 3 Desember 2023.
Djamaluddin, Ahdar & Wardana. 2019. Belajar Dan Pembelajaran: Sulawesi Selatan: CV. Kaaffah Learning Center. Tersedia pada halaman web http://repository.unpas.ac.id/59770/7/12.%20BAB%20II.pdf. Diakses pada tanggal 1 Januari 2024.
Diyanti, dkk. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Jurnal . Bandar Lampung
Ennis, R.H. 2000. An Outline of Goals for a Critical Thinking Curriculum and Its Assessment. Revised version of a presentation at the Sixth International Conference on Thinking at MIT, Cambridge, MA,July1994. Online at http://www.criticalthinking.net/goals.html.
Huda, Miftahul, Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014). Tersedia pada halaman webhttp://senayan.iainpalangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=7761. Diakses pada tanggal 4 Desember 2023.
Wirahayu, Y. A., Purwito, H., & Juarti, J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dan Ketrampilan Berpikir Divergen Mahasiswa. Jurnal PendidikanGeografi,23(1),30–40. Tersedia pada halaman web https://doi.org/10.17977/um17v23i12018p030. Diakses pada tanggal 1 Januari 2