Efektivitas Penggunaan Lumio by Smart dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Payangan
Main Article Content
Abstract
Lumio by Smart merupakan salah satu platform digital yang menawarkan berbagai fitur, seperti video edukatif, latihan soal interaktif, dan aktivitas belajar lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media pembelajaran digital Lumio by Smart dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian kualitatif ini dilakukan di SMA Negeri 1 Payangan dengan melibatkan siswa, guru, dan wakil kepala sekolah, mengingat pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah ini sering kali masih bersifat monoton karena guru cenderung menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, Teori yang digunakan adalah teori Konstruktivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Lumio by Smart memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Fitur-fitur interaktif pada Lumio, seperti video, animasi, dan kuis, mampu menarik minat siswa dan meningkatkan pemahaman konsep. Selain itu, lingkungan belajar yang kolaboratif yang diciptakan oleh Lumio juga mendorong siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan perlu adanya pelatihan bagi guru dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran dan pengembangan materi pembelajaran yang lebih inovatif.
Article Details
How to Cite
I Komang Darmayoga, Sukadi, Ni Nyoman Asri Sidaryanti, Lorenza Anastasya, Ni Putu Intan Cahyani, Zahra Artalita Wardani, I Ketut Agus Darmika, & Komang Irvan Trisiana. (2025). Efektivitas Penggunaan Lumio by Smart dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Payangan. Widya Accarya, 16(1), 55-59. https://doi.org/10.46650/wa.16.1.1653.55-59
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Divayana, Dewa Gede Hendra, Dewa Bagus Sanjaya, Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, dan I. Gede Sudirtha. 2017. “CIPP evaluation model based on mobile phone in evaluating the use of blended learning platforms at vocational 37 schools in bali.” Journal of Theoretical and Applied Information Technology 95 (9): 1983–95.
Husna, Khamila, dan Supriyadi Supriyadi. 2023. “Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584) 4 (1): 981–90. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4 i1.4273.
Lestari, Silvia Oktaviana, dan Heri Kurnia. 2022. “Peran Pendidikan Pancasila 41 dalam pembentukan karakter.” Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 5 (1): 25. https://doi.org/10.12928/citizenship. v5i2.23179.
Mamik. (2015). Metodelogi Kualitatif. Sidoarjo: Penerbit Zifatama Publisher.
Nuraziza Rahmah, Nurjannah Nurjannah, dan Fitriani Fitriani. 2024. “Implementasi Lumio untuk Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah.” Mosaic: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (2): 38–46. https://doi.org/10.61220/mosaic.v1i 2.506.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, dan Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2 (1): 1–8.
Husna, Khamila, dan Supriyadi Supriyadi. 2023. “Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584) 4 (1): 981–90. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4 i1.4273.
Lestari, Silvia Oktaviana, dan Heri Kurnia. 2022. “Peran Pendidikan Pancasila 41 dalam pembentukan karakter.” Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 5 (1): 25. https://doi.org/10.12928/citizenship. v5i2.23179.
Mamik. (2015). Metodelogi Kualitatif. Sidoarjo: Penerbit Zifatama Publisher.
Nuraziza Rahmah, Nurjannah Nurjannah, dan Fitriani Fitriani. 2024. “Implementasi Lumio untuk Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah.” Mosaic: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (2): 38–46. https://doi.org/10.61220/mosaic.v1i 2.506.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, dan Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2 (1): 1–8.