Efektivitas Penggunaan Lumio by Smart dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Payangan

Main Article Content

I Komang Darmayoga
Sukadi
Ni Nyoman Asri Sidaryanti
Lorenza Anastasya
Ni Putu Intan Cahyani
Zahra Artalita Wardani
I Ketut Agus Darmika
Komang Irvan Trisiana

Abstract

Lumio by Smart merupakan salah satu platform digital yang menawarkan berbagai fitur, seperti video edukatif, latihan soal interaktif, dan aktivitas belajar lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media pembelajaran digital Lumio by Smart dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian kualitatif ini dilakukan di SMA Negeri 1 Payangan dengan melibatkan siswa, guru, dan wakil kepala sekolah, mengingat pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah ini sering kali masih bersifat monoton karena guru cenderung menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, Teori yang digunakan adalah teori Konstruktivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Lumio by Smart memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Fitur-fitur interaktif pada Lumio, seperti video, animasi, dan kuis, mampu menarik minat siswa dan meningkatkan pemahaman konsep. Selain itu, lingkungan belajar yang kolaboratif yang diciptakan oleh Lumio juga mendorong siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan perlu adanya pelatihan bagi guru dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran dan pengembangan materi pembelajaran yang lebih inovatif.

Article Details

How to Cite
I Komang Darmayoga, Sukadi, Ni Nyoman Asri Sidaryanti, Lorenza Anastasya, Ni Putu Intan Cahyani, Zahra Artalita Wardani, I Ketut Agus Darmika, & Komang Irvan Trisiana. (2025). Efektivitas Penggunaan Lumio by Smart dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Payangan. Widya Accarya, 16(1), 55-59. https://doi.org/10.46650/wa.16.1.1653.55-59
Section
Articles

References

Divayana, Dewa Gede Hendra, Dewa Bagus Sanjaya, Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, dan I. Gede Sudirtha. 2017. “CIPP evaluation model based on mobile phone in evaluating the use of blended learning platforms at vocational 37 schools in bali.” Journal of Theoretical and Applied Information Technology 95 (9): 1983–95.
Husna, Khamila, dan Supriyadi Supriyadi. 2023. “Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584) 4 (1): 981–90. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4 i1.4273.
Lestari, Silvia Oktaviana, dan Heri Kurnia. 2022. “Peran Pendidikan Pancasila 41 dalam pembentukan karakter.” Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 5 (1): 25. https://doi.org/10.12928/citizenship. v5i2.23179.
Mamik. (2015). Metodelogi Kualitatif. Sidoarjo: Penerbit Zifatama Publisher.
Nuraziza Rahmah, Nurjannah Nurjannah, dan Fitriani Fitriani. 2024. “Implementasi Lumio untuk Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah.” Mosaic: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (2): 38–46. https://doi.org/10.61220/mosaic.v1i 2.506.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, dan Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2 (1): 1–8.