Tradisi Ngerebeg Sebagai Implementasi Nilai Karakter
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai nilai karakter dalam tradisi ngerebeg. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi pustaka. Tradisi ngerebeg ini berlokasi di Pura Dalem Kahyangan Kedaton yang terletak di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Tradisi ngerebeg ini berlangsung setiap 6 bulan sekali atau 210 dalam penanggalan Bali tepatnya 10 hari setelah hari raya kuningan. Ngerebeg berarti greget yang berarti rasa suka cita dan kegembiraan atau perayaan yang diwarisi secara turun temurun. Ngerebeg juga bisa berarti simbol pelepasan hawa nafsu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang dari tradisi ngerebeg adalah makna greget atau merayakan kemenangan sebagai simbol keberhasilan rangkaian upacara piodalan di Pura Dalem Kahyangan Kedaton. Sehingga dalam pelaksanaan prosesi ini, sorak sorai dan ekspresi kegembiraan terlihat jelas dan alhasil setiap perayaan menjadi sempurna dan berjalan dengan lancar. Dan tradisi ngerebeg ini memiliki nilai-nilai karakter, seperti nilai religius, nilai gotong royong, nilai tanggung jawab dan nilai persatuan.
Article Details
How to Cite
I Putu Widnyana Satria Putra, I Putu Windu Mertha Sujana, Made Dhira Sedayatana, I Made Anom Antara, I Wayan Gede Griyawana, Yulion Mirin, Ni Komang Trisna Maharani, & I Ketut Yoga Ariana. (2025). Tradisi Ngerebeg Sebagai Implementasi Nilai Karakter. Widya Accarya, 16(1), 20-29. https://doi.org/10.46650/wa.16.1.1642.20-29
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1
.1950
Karolina, D., & Randy. (2021). Kebudayaan Indonesia. EUREKA MEDIA AKSARA.
Kartika, I. M., & Mustika, I. P. B. (2023). Peran Generasi Muda Dalam Menangkal Hoax Di Media Sosial Untuk Membangun Budaya Demokrasi Indonesia. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(2), 29-40.
Mahendra, P. R. A., & Pali, R. A. (2024). Pembelajaran Project Citizen dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21. JOCER: Journal of Civic Education Research, 2(2), 74-82.
Mahdayeni, Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. (2019). Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 154–165.
https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i2.11 25
Malik, F. (2016). Farmawati Malik: Peranan Kebudayaan dalam Pencitraan Pariwisata Bali. 67–92.
Riski Restuaji, N. A., & Suryati, N. M. (2019). Tindak Tutur dan Nilai Karakter pada Seni Tari Gambuh yang berjudul “Swayamwara” Sesuai dengan 18 Nilai Karakter Kurikulum 2013. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, 26(2), 154. https://doi.org/10.24843/ling.2019.v26.i02
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and development, 10(3), 694-700.
Sila, I. M. (2024). Membangun Kesadaran Hukum Warga Negara Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. JOCER: Journal of Civic Education Research, 2(1), 8-14.
Suarningsih, N. M., Santika, I. G. N., Roni, A. R. B., & Kristiana, R. J. (2024). Pendidikan Karakter Di Indonesia Dalam Berbagai Perspektif (Definisi, Tujuan, Landasan dan Prakteknya). Jocer: Journal of Civic Education Research, 2(2), 61-73.
Sudiarta, I. N., & Porro, A. L. (2023). Membangun Pendidikan Karakter Yang Bermutu Melalui Peran Guru. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(2), 76-84.
Sujana, I. G., & Pali, R. A. (2024). Hubungan Hak Asasi Manusia Dengan Demokrasi. JOCER: Journal of Civic Education Research, 2(2), 45-52.
Sujianti, N. P. I. P., & Adnyana, G. T. (2024). Syarat Pewarganegaraan Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. JOCER: Journal of Civic Education Research, 2(1), 22-27.
Suhartawan, I. M. D. B. (2017). Tradisi Nampah Batu Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Dan Pengembangan Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Smp N 5 Kubutambahan. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.23887/pips.v1i1.281 5
Suroyo, Fatmawati, B. M. P., & Ibrahim, B. (2022). Tradisi Nandung Sebagai Pembentukan Karakter Pada Masyarakat Rengat Indragiri Hulu Riau. An-Nas, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.36840/annas.v6i1.55 7
Sutika, I. M., Kandia, I. W., & Jara, L. R. (2024). Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN. JOCER: Journal of Civic Education Research, 2(2), 34-44.
Zandroto, F. (2024). Nilai Karakter Pada Tradisi Tari Inai Masyarakat Tanjung Jabung Timur. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 3(1), 132–142. https://doi.org/10.22437/krinok.v3i1.3 0071
.1950
Karolina, D., & Randy. (2021). Kebudayaan Indonesia. EUREKA MEDIA AKSARA.
Kartika, I. M., & Mustika, I. P. B. (2023). Peran Generasi Muda Dalam Menangkal Hoax Di Media Sosial Untuk Membangun Budaya Demokrasi Indonesia. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(2), 29-40.
Mahendra, P. R. A., & Pali, R. A. (2024). Pembelajaran Project Citizen dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21. JOCER: Journal of Civic Education Research, 2(2), 74-82.
Mahdayeni, Alhaddad, M. R., & Saleh, A. S. (2019). Manusia dan Kebudayaan (Manusia dan Sejarah Kebudayaan, Manusia dalam Keanekaragaman Budaya dan Peradaban, Manusia dan Sumber Penghidupan). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 154–165.
https://doi.org/10.30603/tjmpi.v7i2.11 25
Malik, F. (2016). Farmawati Malik: Peranan Kebudayaan dalam Pencitraan Pariwisata Bali. 67–92.
Riski Restuaji, N. A., & Suryati, N. M. (2019). Tindak Tutur dan Nilai Karakter pada Seni Tari Gambuh yang berjudul “Swayamwara” Sesuai dengan 18 Nilai Karakter Kurikulum 2013. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, 26(2), 154. https://doi.org/10.24843/ling.2019.v26.i02
Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and development, 10(3), 694-700.
Sila, I. M. (2024). Membangun Kesadaran Hukum Warga Negara Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. JOCER: Journal of Civic Education Research, 2(1), 8-14.
Suarningsih, N. M., Santika, I. G. N., Roni, A. R. B., & Kristiana, R. J. (2024). Pendidikan Karakter Di Indonesia Dalam Berbagai Perspektif (Definisi, Tujuan, Landasan dan Prakteknya). Jocer: Journal of Civic Education Research, 2(2), 61-73.
Sudiarta, I. N., & Porro, A. L. (2023). Membangun Pendidikan Karakter Yang Bermutu Melalui Peran Guru. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(2), 76-84.
Sujana, I. G., & Pali, R. A. (2024). Hubungan Hak Asasi Manusia Dengan Demokrasi. JOCER: Journal of Civic Education Research, 2(2), 45-52.
Sujianti, N. P. I. P., & Adnyana, G. T. (2024). Syarat Pewarganegaraan Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia. JOCER: Journal of Civic Education Research, 2(1), 22-27.
Suhartawan, I. M. D. B. (2017). Tradisi Nampah Batu Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Dan Pengembangan Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Smp N 5 Kubutambahan. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.23887/pips.v1i1.281 5
Suroyo, Fatmawati, B. M. P., & Ibrahim, B. (2022). Tradisi Nandung Sebagai Pembentukan Karakter Pada Masyarakat Rengat Indragiri Hulu Riau. An-Nas, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.36840/annas.v6i1.55 7
Sutika, I. M., Kandia, I. W., & Jara, L. R. (2024). Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN. JOCER: Journal of Civic Education Research, 2(2), 34-44.
Zandroto, F. (2024). Nilai Karakter Pada Tradisi Tari Inai Masyarakat Tanjung Jabung Timur. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 3(1), 132–142. https://doi.org/10.22437/krinok.v3i1.3 0071