Model Pembelajaran Paired Story Telling dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran paired story telling terhadap kemahiran menulis cerita fantasi sederhana siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tanjungpinang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan metode yang digunakan adalah kuantitatif. Data pada penelitian ini berupa kemahiran menulis cerita fantasi siswa menggunakan model pembelajaran paired story telling di SMP Negeri 7 Tanjungpinang. Sumber data penelitian adalah kemahiran menulis pretest dan posttest peserta didik yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran paired story telling dan tidak diberi perlakuan. Adapun subjek peserta didik dalam penelitian ini berjumlah 27 orang dan sampel penelitian dua kelompok yaitu eksperimen dan kontrol. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran paired story telling terhadap kemahiran menulis cerita fantasi, yang ditunjukkan dengan uji non parametric menggunakan uji mann whitney dengan taraf Asymp. Sig (2-tailed) 0,045<0,05 yang berrati Ho ditolak Ha diterima. Dengan Demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemahiran menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tanjungpinang tahun ajaran 2023/2024.
Article Details
How to Cite
Enggy Oktavyani, Harry Andheska, & Asri Lolita. (2024). Model Pembelajaran Paired Story Telling dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Widya Accarya, 15(2), 129-138. https://doi.org/10.46650/wa.15.2.1562.129-138
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Awanda Nuraldi, dkk. (2023). Meningkatkan Keterampilan Bercerita Siswa Melalui Model Pembelajaran Paired Storytelling Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI UPTD SDN No.96 BARRU . Journal of Education and Counselling, 1(2).
Djiwandono, M. S. (2018). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa . PT Indeks.
Ginting, L. S. D. B. (2020). Jurnalistik “Kemahiran Berbahasa Produktif”. Guepedia.
Kamal Andini. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Paired story telling Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan .
Lie, A. (2004). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas . PT Grasindo.
Sila, I. M., Sutika, I. M., Winaya, I. M. A., Sudiarta, I. N., Sujana, I. G., & Rai, I. B. (2023). The Effect of Strategic and Directive Leaderships on School Leader’s Performance. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 6(1), 25-30.
Solehan dan Hidayat. (2024). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Model Paired Story Telling dengan Media Wayang Kartun Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kalisari. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sujana, I. G., Suharti, S., Sitopu, J. W., Sapulete, H., & Hukubun, Y. (2024). Peran Strategis Guru Penggerak Sebagai Penguatan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar. Widya Accarya, 15(1), 63-69.
Sutika, I. M., Winaya, I. M. A., Rai, I. B., Sila, I. M., Sudiarta, I. N., Kartika, I. M., & Sujana, I. G. (2023). The effectiveness of problem-based learning model in improving higher order thinking skills and character of elementary school students. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 55(3), 688-702.
Winaya, I. M. A., Lede, E., & Sutika, I. M. (2023, March). THE IMPLEMENTATION OF ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION (ARCS) LEARNING MODEL THROUGH THE USE OF PICTURE MEDIA TO IMPROVE FIFTH GRADE ELEMENTARY STUDENTS’READING INTEREST AT SD N 21 DANGIN PURI DENPASAR. In Proceedings of The International Conference on Multi-Disciplines Approaches for The Sustainable Development (pp. 365-374).
Tuhuteru, L., Budianingsih, Y., Santika, I. G. N., Kartika, I. M., Sujana, I. G., & Memang, E. B. W. (2023). Conflict Resolution Learning Model As A Strategic Effort in Building Peace Amidst Indonesia's Diversity. Widya Accarya, 14(1), 66-72.
Awanda Nuraldi, dkk. (2023). Meningkatkan Keterampilan Bercerita Siswa Melalui Model Pembelajaran Paired Storytelling Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI UPTD SDN No.96 BARRU . Journal of Education and Counselling, 1(2).
Djiwandono, M. S. (2018). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa . PT Indeks.
Ginting, L. S. D. B. (2020). Jurnalistik “Kemahiran Berbahasa Produktif”. Guepedia.
Kamal Andini. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Paired story telling Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan .
Lie, A. (2004). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas . PT Grasindo.
Sila, I. M., Sutika, I. M., Winaya, I. M. A., Sudiarta, I. N., Sujana, I. G., & Rai, I. B. (2023). The Effect of Strategic and Directive Leaderships on School Leader’s Performance. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 6(1), 25-30.
Solehan dan Hidayat. (2024). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Model Paired Story Telling dengan Media Wayang Kartun Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kalisari. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sujana, I. G., Suharti, S., Sitopu, J. W., Sapulete, H., & Hukubun, Y. (2024). Peran Strategis Guru Penggerak Sebagai Penguatan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar. Widya Accarya, 15(1), 63-69.
Sutika, I. M., Winaya, I. M. A., Rai, I. B., Sila, I. M., Sudiarta, I. N., Kartika, I. M., & Sujana, I. G. (2023). The effectiveness of problem-based learning model in improving higher order thinking skills and character of elementary school students. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 55(3), 688-702.
Winaya, I. M. A., Lede, E., & Sutika, I. M. (2023, March). THE IMPLEMENTATION OF ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION (ARCS) LEARNING MODEL THROUGH THE USE OF PICTURE MEDIA TO IMPROVE FIFTH GRADE ELEMENTARY STUDENTS’READING INTEREST AT SD N 21 DANGIN PURI DENPASAR. In Proceedings of The International Conference on Multi-Disciplines Approaches for The Sustainable Development (pp. 365-374).
Tuhuteru, L., Budianingsih, Y., Santika, I. G. N., Kartika, I. M., Sujana, I. G., & Memang, E. B. W. (2023). Conflict Resolution Learning Model As A Strategic Effort in Building Peace Amidst Indonesia's Diversity. Widya Accarya, 14(1), 66-72.