Model Pembelajaran Paired Story Telling dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama

Main Article Content

Enggy Oktavyani
Harry Andheska
Asri Lolita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran paired story telling terhadap kemahiran menulis cerita fantasi sederhana siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tanjungpinang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan metode yang digunakan adalah kuantitatif. Data pada penelitian ini berupa kemahiran menulis cerita fantasi siswa menggunakan model pembelajaran paired story telling di SMP Negeri 7 Tanjungpinang. Sumber data penelitian adalah kemahiran menulis pretest dan posttest peserta didik yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran paired story telling dan tidak diberi perlakuan. Adapun subjek peserta didik dalam penelitian ini berjumlah 27 orang dan sampel penelitian dua kelompok yaitu eksperimen dan kontrol. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran paired story telling terhadap kemahiran menulis cerita fantasi, yang ditunjukkan dengan uji non parametric menggunakan uji mann whitney dengan taraf Asymp. Sig (2-tailed) 0,045<0,05 yang berrati Ho ditolak Ha diterima. Dengan Demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemahiran menulis cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tanjungpinang tahun ajaran 2023/2024.

Article Details

How to Cite
Enggy Oktavyani, Harry Andheska, & Asri Lolita. (2024). Model Pembelajaran Paired Story Telling dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Widya Accarya, 15(2), 129-138. https://doi.org/10.46650/wa.15.2.1562.129-138
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Awanda Nuraldi, dkk. (2023). Meningkatkan Keterampilan Bercerita Siswa Melalui Model Pembelajaran Paired Storytelling Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI UPTD SDN No.96 BARRU . Journal of Education and Counselling, 1(2).
Djiwandono, M. S. (2018). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa . PT Indeks.
Ginting, L. S. D. B. (2020). Jurnalistik “Kemahiran Berbahasa Produktif”. Guepedia.
Kamal Andini. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Paired story telling Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Kompleks IKIP I Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan .
Lie, A. (2004). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas . PT Grasindo.
Sila, I. M., Sutika, I. M., Winaya, I. M. A., Sudiarta, I. N., Sujana, I. G., & Rai, I. B. (2023). The Effect of Strategic and Directive Leaderships on School Leader’s Performance. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 6(1), 25-30.
Solehan dan Hidayat. (2024). Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng Melalui Model Paired Story Telling dengan Media Wayang Kartun Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kalisari. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sujana, I. G., Suharti, S., Sitopu, J. W., Sapulete, H., & Hukubun, Y. (2024). Peran Strategis Guru Penggerak Sebagai Penguatan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar. Widya Accarya, 15(1), 63-69.
Sutika, I. M., Winaya, I. M. A., Rai, I. B., Sila, I. M., Sudiarta, I. N., Kartika, I. M., & Sujana, I. G. (2023). The effectiveness of problem-based learning model in improving higher order thinking skills and character of elementary school students. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 55(3), 688-702.
Winaya, I. M. A., Lede, E., & Sutika, I. M. (2023, March). THE IMPLEMENTATION OF ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION (ARCS) LEARNING MODEL THROUGH THE USE OF PICTURE MEDIA TO IMPROVE FIFTH GRADE ELEMENTARY STUDENTS’READING INTEREST AT SD N 21 DANGIN PURI DENPASAR. In Proceedings of The International Conference on Multi-Disciplines Approaches for The Sustainable Development (pp. 365-374).
Tuhuteru, L., Budianingsih, Y., Santika, I. G. N., Kartika, I. M., Sujana, I. G., & Memang, E. B. W. (2023). Conflict Resolution Learning Model As A Strategic Effort in Building Peace Amidst Indonesia's Diversity. Widya Accarya, 14(1), 66-72.

Most read articles by the same author(s)