Praktik Baik Manajemen Pendidikan di Finlandia untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia

Main Article Content

I Wayan Aryawan
Ida Bagus Rai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik manajemen pendidikan yang berhasil diterapkan di Finlandia dan relevansinya dalam konteks pendidikan di Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui tinjauan literatur yang bersumber dari jurnal ilmiah, buku, laporan pemerintah, dan dokumen resmi yang berkaitan dengan pendidikan di Finlandia. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis perbandingan. Finlandia telah dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan yang unggul, menciptakan lingkungan belajar yang merangsang, inklusif, dan berfokus pada pengembangan keterampilan abad ke-21. Melalui pendekatan yang holistik dan kolaboratif, Finlandia berhasil meningkatkan kualitas pendidikan dengan memperhatikan aspek seperti kurikulum yang relevan, pelatihan guru yang berkualitas, serta dukungan terhadap siswa dengan kebutuhan khusus. Penelitian ini juga mengeksplorasi tantangan yang mungkin dihadapi dalam menerapkan praktik-praktik tersebut di Indonesia dan memberikan rekomendasi untuk adaptasi yang sukses. Dengan memahami prinsip-prinsip yang mendasari keberhasilan Finlandia, Indonesia dapat mengambil langkah-langkah konkret untuk meningkatkan mutu pendidikan secara signifikan.

Article Details

How to Cite
Aryawan, I. W., & Rai, I. B. (2024). Praktik Baik Manajemen Pendidikan di Finlandia untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia. Widya Accarya, 15(1), 35-41. https://doi.org/10.46650/wa.15.1.1532.35-41
Section
Articles

References

Agustyaningrum, N., & Himmi, N. (2022). Best Practices Sistem Pendidikan di Finlandia sebagai Refleksi Sistem Pendidikan di Indonesia. In Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 4, Issue 2, pp. 2100–2109). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2234
Ainscow, M., Hopkins, D., & Southworth, G. (2016). Creating the Conditions for Success: Lessons from the Improvement of Education Systems around the World. Routledge.
Ananda, R., Syaputri, W. I., Suhesni, T., & Rossadah, N. (2023). Perbandingan Pendidikan di Indonesia dan Pendidikan di Finlandia. In JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 6, Issue 9, pp. 6689–6694). Ainara. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2812
Aryawan, I. W., Lestari, A. T., & Virginia, S. (2023). Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Menunjang Prestasi Belajar Peserta Didik di SD Dwijendra Denpasar. Widya Accarya, 14(1), 5–12. https://doi.org/10.46650/WA.14.1.1364.5-12
Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2006). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theories and Methods. Pearson.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The SAGE Handbook of Qualitative Research. Sage Publications.
Hämäläinen, K., Bernelius, V., & Risku, M. (2019). Education in Finland: From education policies to practice. Routledge.
Hatip, A., & Setiawan, W. (2022). Eksplorasi Pendidikan Finlandia Sebagai Lesson Learnt Untuk Pendidikan Indonesia. In Center Of Education Journal (CEJou) (Vol. 3, Issue 1, pp. 1–16). Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan. https://doi.org/10.55757/cejou.v3i01.83
Kandia, I. W. (2023). Sejarah Perjalanan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum Di Indonesia. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(2), 65-75
Kupiainen, S. (2020). The Finnish Education System and PISA. University of Jyväskylä.
Morgan, H. (2014). Review of research: The education system in Finland: A success story other countries can emulate. Childhood Education, 90(6), 453-457.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice. Sage Publications.
Sahlberg, P. (2011). Finnish Lessons: What can the world learn from educational change in Finland? Teachers College Press.
Sahlberg, P. (2015). Finnish Education: What can the world learn? Teachers College Press.
Stake, R. E. (2010). Qualitative Research: Studying How Things Work. Guilford Press.
Sudiarta, I. N., & Porro, A. L. (2023). Membangun Pendidikan Karakter Yang Bermutu Melalui Peran Guru. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(2), 76-84.
Suryadi, B. (2019). Revolusi Pendidikan Indonesia: Antara Harapan dan Tantangan. Kompas.