Pengaruh Pembelajaran Berbasis Simulasi Terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Drama Kelas VIII SMP Islam Terampil NWDI Pancor Kopong

Main Article Content

Ramlah H.A. Gani
Titin Ernawati
Herman Wijaya

Abstract

Pembelajaran Berbasis Simulasi dalam kurikulum sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memotivasi dan memperkaya bagi siswa  Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh Pembelajaran Berbasis Simulasi terhadap pengembangan kreativitas siswa dalam pembelajaran drama di kelas VIII SMP Islam Terampil  NWDI Pancor Kopong Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode simulasi diterapkan pada kelompok eksperimen sementara metode konvensional digunakan pada kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test serta analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata (mean) pada post-test kelompok eksperimen (74,96) signifikan lebih tinggi daripada kelompok kontrol (69,91). Selain itu, siswa yang menerima pembelajaran berbasis simulasi dikategorikan memiliki kreativitas tinggi, sementara siswa yang menerima pembelajaran konvensional dikategorikan memiliki kreativitas sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t-hitung (3,045) lebih besar daripada t-tabel (2,014), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Kesimpulan ini mengindikasikan bahwa Pembelajaran Berbasis Simulasi secara efektif mempengaruhi pengembangan kreativitas siswa dalam pembelajaran drama, memberikan bukti empiris yang kuat untuk pendekatan pembelajaran ini dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP Islam Terampil NW Pancor Kopong.

Article Details

How to Cite
Ramlah H.A. Gani, Titin Ernawati, & Herman Wijaya. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Simulasi Terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Drama Kelas VIII SMP Islam Terampil NWDI Pancor Kopong. Widya Accarya, 15(1), 8-19. https://doi.org/10.46650/wa.15.1.1526.8-19
Section
Articles

References

Affifah, A., Suhailah, N., & Anggraini, S. P. (2023). Peningkatan Kesejahteraan Emosional Anak melalui Bimbingan Konseling Islami: Perspektif Orang Tua dan Guru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 976–990.
Andriani, E. (2020). Kemampuan Siswa Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Dalam Mengidentifikasi Unsur Intrinsik, Alur, Konflik, Dan Penokohan Teks Drama Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Islam Riau.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Arriani, F., Agustiawati, A., Rizki, A., Widiyanti, R., Wibowo, S., Herawati, F., & Tulalessy, C. (2021). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif.
Bermaki, F. (2017). Konflik Batin Tokoh Korep dalam Naskah Drama" Tengul" Karya Arifin C Noer dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Dewi, S. M., Harjono, A., & Gunawan, G. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi virtual terhadap penguasaan konsep dan kreativitas fisika siswa SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(3), 123–128.
Eli, E. (2022). Psikodrama Sebagai Terapi Gangguan Mental Dalam Film Fix You/Soul Mechanic Karya Yoo Hyun-Ki. UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri.
Gani, R. H. A., Supratmi, N., & Wijaya, H. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Pada Siswa Kelas Xii Sma 4 Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. KOLONI, 1(1), 348–360.
Gani, R. H., Nurdin, N., Supratmi, N., Ernwati, T., & Wijaya, H. (2022). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Efektif. Journal on Teacher Education, 4(2), 546–554.
Hadi, S. H. S. (2011). Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 227–240.
Irman, S. (2020). Validasi modul berbasis project based learning pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 260–269.
Khuzaemah, E., Uswati, T. S., Maufur, S., & Nuryanto, T. (2016). Kolaborasi Pendekatan Saintifik dan Sufistik dalam Pembelajaran Menulis dan Memerankan Naskah Drama untuk Membina Sikap Spiritual Siswa: Penelitian Deskriptif Kualitatif di Madrasah Aliyah Negeri (Man) I Cirebon. cv Elsi Pro.
Madeamin, S., Thaba, A., & Kadir, A. (2023). DRAMA Teori, Pengajaran, dan Pementasannya. Mafy Media Literasi Indonesia.
Mahmudah, S., & Fauzia, F. (2022). Penerapan model simulasi tentang pembelajaran mitigasi bencana alam gempa bumi berbasis video animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Basicedu, 6(1).
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya.
Mu’minah, I. H. (2020). Implementasi STEAM (science, technology, engineering, art and mathematics) dalam pembelajaran abad 21. Bio Educatio, 5(1), 377702.
Negara, D. S., Ferdian, F., Arsyad, M., & Wijaya, H. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca (Reading Skill) Peserta Didik Melalui Teknik Membaca Terbimbing (Guided Reading) Pada Kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Mataram. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 3(2), 335–343.
Nuridzdza, A. K., & Murbaningsih, A. M. (2020). Penyutradaraan dalam Membangun Karakter Pemain Pada Drama Radio “Belenggu.” Jurnal Ilmiah Produksi Siaran, 6(1), 38–49.
Nuryanto, T. (2023). Apresiasi drama. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Pudyastuti, M. E., & Hermoyo, R. P. (2016). Upaya Peningkatan Permainan Drama Pada Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Melalui Lesson Study Dengan Metode Brainstorming Pada Mata Kuliah Penyutradaraan Dan Pementasan. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 15(3).
Puspitasari, W. D. (2015). Metode Pembelajaran Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Ekspresif Drama Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1).
Qulsum, D. U. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Ketahanan Pendidikan Karakter Abad 21. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3).
Ramadan, G., & Juniarti, Y. (2020). Metode penelitian: pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. CV Sadari Press.
Rohmah, N. (2018). Integrasi kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosi (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) dalam meningkatkan etos kerja. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 77–102.
Setiawan, L. D., & Kurniawan, E. (2022). Metode penyutradaraan Senoaji Julius dalam produksi film pendek anak. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi Dan Film, 6(1), 43–63.
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).
Sugiono, T. (2008). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfa Beta, Bandung.
Sutopo, H. . (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. University Sebelas Maret.
Taufiq, M., Wijaya, H., Nahdi, K., & Gani, R. H. A. (2023). Penerapan Metode Menejemen Kelas Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat Pada Siswa SMP IT Nurul Mujahidin NWDI Pancor Kopong. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 5(1), 35–45.
Wajdi, F. (2017). Implementasi project based learning (PBL) dan penilaian autentik dalam pembelajaran drama indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra UPI, 17(1), 86–101.
Winatha, K. R. (2018). Pengembangan e-modul interaktif berbasis proyek mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2).
Wulandari, C. H., & Wijaya, H. (2023). Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Pada Peserta Didik Kelas VII A MTs Negeri 14 Ciamis. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 3(3), 555–567.
Wulandary, K. L. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Multiliterasi. FKIP UNPAS.
Yulianti, N. M. (2022). Meningkatkan Mutu Nilai Kemanusiaan Dan Aktualisasi Sad Kertih Pada Drama Gong Cupak Dadi Ratu. Dharma Sastra: Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Daerah, 2(2), 154–165.
Zainiah, R., & Rijanto, T. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi dan simulasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mapel instalasi penerangan listrik di SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2), 515–522.