Filsafat Pendidikan Dalam Mewujudkan Karakter Pancasila: Refleksi Implementasi di Lingkungan Pendidikan Sekolah
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui filsafat pendidikan dalam mewujudlkan karakter Pancasila; refleksi implementasi di lingkungan pendidikan sekolah. Abstrak ini membahas keterkaitan antara filsafat pendidikan dan implementasi nilai-nilai Pancasila di sekolah sebagai refleksi dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang berorientasi pada pengembangan karakter yang luhur. Melalui tinjauan terhadap berbagai konsep filosofis pendidikan dan nilai-nilai Pancasila, artikel ini menyoroti pentingnya integrasi nilai-nilai moral, etika, sosial, dan spiritual dalam pendidikan. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah tinjauan pustaka. Pembahasan juga mengulas tantangan dalam menerapkan karakter Pancasila di lingkungan pendidikan, termasuk tantangan dalam teladan pendidik, implementasi kebijakan, serta dukungan sarana dan prasarana pendidikan yang diperlukan. Penekanan pada integrasi nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran memberikan gambaran bagaimana filsafat pendidikan menjadi pemandu dalam memperkuat pembentukan karakter siswa. Artikel ini juga memberikan wawasan tentang upaya-upaya yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah untuk meningkatkan efektivitas implementasi karakter Pancasila. Dengan demikian, artikel ini berupaya memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran filosofi pendidikan dalam membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Diharapkan artikel ini dapat memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pendidikan yang berfokus pada pembentukan karakter yang kuat dan berdasarkan pada nilai-nilai luhur bangsa.
Article Details
How to Cite
Ni Ekawati. (2024). Filsafat Pendidikan Dalam Mewujudkan Karakter Pancasila: Refleksi Implementasi di Lingkungan Pendidikan Sekolah. Widya Accarya, 15(1), 1-7. https://doi.org/10.46650/wa.15.1.1506.1-7
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Kartika, I. M., & Mahendra, P. R. A. (2023). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MENANGKAL INTOLERANSI, RADIKALISME DAN TERORISME. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3144-3151.
Pendidikan, S., Di, K., & Negeri, S. D. (2021). 4. 1417-Article Text-5003-1-2-20211021. 2(November), 439–449.
Rai, I. B. ., Sila , I. M. ., Brata, I. B. ., & Sutika, I. M. . (2022). Membangun Karakter Profil Pelajar Pancasila Berlandaskan Tri Hita Karana dalam Perspektif Kehidupan Global. Mimbar Ilmu, 27(3), 417–425. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.54307
Rai, I. B., Sila, . I. M. ., & Dewi, I. A. C. . (2022). Kepemimpinan Wirausaha Sinkretisme Kepemimpinan Pancasila dan Kepemimpinan Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5089–5098. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7456
Santika, I. G. N., Sujana, I. G., Kartika, I. M., & Suastika, I. N. (2022). Alur Pemikiran Finalisasi Pancasila dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(3), 552-561.
Santika, I. G. N. (2023). Kedudukan Pancasila dalam Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia. IJOLARES: Indonesian Journal of Law Research, 1(2), 47-51.
Santika, I Wayan Eka & Delvita Putri Lero. (2023). STRENGTHENING THE VALUES OF TRI KAYA PARISUDHA IN SHAPING THE PROFILE OF PANCASILA STUDENTS. Proceedings of The International Conference on Multi-Disciplines Approaches for The Sustainable Development, 588-593.
Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila Dalam Pendidikan Di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82–89. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21286
Sila, I. M., Santika, I. G. N., & Dwindayani, N. M. A. (2023). Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa Melalui Optimalisasi Peran Guru PPKn Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Pancasila. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(2), 41-48.
Tuhuteru, L., Budianingsih, Y., Santika, I. G. N., Kartika, I. M., Sujana, I. G., & Esto Bula Wiri Memang. (2023). Conflict Resolution Learning Model As A Strategic Effort in Building Peace Amidst Indonesia’s Diversity. Widya Accarya, 14(1), 66-72. https://doi.org/10.46650/wa.14.1.1404.66-72
Yalida, A. (2019). Pendidikan Karakter Yang Berbasis Pada Nilai-Nilai Pancasila Di Kelas IV Sdn No.88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v2i1.2.
Pendidikan, S., Di, K., & Negeri, S. D. (2021). 4. 1417-Article Text-5003-1-2-20211021. 2(November), 439–449.
Rai, I. B. ., Sila , I. M. ., Brata, I. B. ., & Sutika, I. M. . (2022). Membangun Karakter Profil Pelajar Pancasila Berlandaskan Tri Hita Karana dalam Perspektif Kehidupan Global. Mimbar Ilmu, 27(3), 417–425. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.54307
Rai, I. B., Sila, . I. M. ., & Dewi, I. A. C. . (2022). Kepemimpinan Wirausaha Sinkretisme Kepemimpinan Pancasila dan Kepemimpinan Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5089–5098. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7456
Santika, I. G. N., Sujana, I. G., Kartika, I. M., & Suastika, I. N. (2022). Alur Pemikiran Finalisasi Pancasila dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(3), 552-561.
Santika, I. G. N. (2023). Kedudukan Pancasila dalam Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia. IJOLARES: Indonesian Journal of Law Research, 1(2), 47-51.
Santika, I Wayan Eka & Delvita Putri Lero. (2023). STRENGTHENING THE VALUES OF TRI KAYA PARISUDHA IN SHAPING THE PROFILE OF PANCASILA STUDENTS. Proceedings of The International Conference on Multi-Disciplines Approaches for The Sustainable Development, 588-593.
Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila Dalam Pendidikan Di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82–89. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21286
Sila, I. M., Santika, I. G. N., & Dwindayani, N. M. A. (2023). Meningkatkan Sikap Disiplin Siswa Melalui Optimalisasi Peran Guru PPKn Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Pancasila. JOCER: Journal of Civic Education Research, 1(2), 41-48.
Tuhuteru, L., Budianingsih, Y., Santika, I. G. N., Kartika, I. M., Sujana, I. G., & Esto Bula Wiri Memang. (2023). Conflict Resolution Learning Model As A Strategic Effort in Building Peace Amidst Indonesia’s Diversity. Widya Accarya, 14(1), 66-72. https://doi.org/10.46650/wa.14.1.1404.66-72
Yalida, A. (2019). Pendidikan Karakter Yang Berbasis Pada Nilai-Nilai Pancasila Di Kelas IV Sdn No.88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v2i1.2.