Efektivitas Handout dengan Model Pembelajaran Osborn terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa

Main Article Content

Ike Kurniawati
Irma Sofiasyari
Mochamad Guntur

Abstract

Pembelajaran matematika yang masih cenderung teacher centered dalam proses pembelajaran yang dilakukan di kelas, serta siswa dibiarkan puas dengan hanya mengerjakan soal-soal rutin. Tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui efektivitas penerapan bahan ajar cetak handout dengan model obsorn terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah kelas IV SD Negeri Bendan Ngisor. Subjek penelitian ini kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan 23 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan 25 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik analisis data penelitian ini yaitu menggunakan Uji Independent T test. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu menunjukan bahwa pembelajaran yang menggunakan handout dengan model pembelajaran obsern efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, hasil perhitungan diperoleh π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” = 2,57, dengan 𝛼=5%, π‘‘π‘˜ = 46 diperoleh π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ = 2,02. Karena π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan handout dengan model pembelajaran osborn lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran osborn tanpa handout dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, hal tersebut ditunjukan juga dengan nilai N-Gain yang diperoleh eksperimen lebih tinggi kontrol. Peningkatan kelas eksperimen memperoleh nilai Gain yaitu 0,50 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol memperoleh nilai Gain 0,17 dengan kategori rendah. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa yang menggunakan handout dengan model pembelajaran osborn lebih efektif

Article Details

How to Cite
Ike Kurniawati, Irma Sofiasyari, & Mochamad Guntur. (2023). Efektivitas Handout dengan Model Pembelajaran Osborn terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Widya Accarya, 14(2), 194-198. https://doi.org/10.46650/wa.14.2.1468.194-198
Section
Articles

References

Alfianitasari, S., Hidayati, N., & Abadi, A. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Osborn untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 1(1b).
Alsaleh, N. J. (2020). Teaching Critical Thinking Skills: Literature Review. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 19(1), 21-39
Firmansah, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Melalui Pemanfaatan Barang Bekas di SMA Negeri 1 Madapangga. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 2(01), 7-12.
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
Heryani, Y., & Rustina, R. (2016). Efektivitas penggunaan model reciprocal teaching terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik mahasiswa. Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan, 2(1).
Indrawati, T., Pramana, W., & Hermawan, A. (2020). Peningkatan Pendidikan Keluarga Melalui Pengembangan Parenting Berbasis Islami. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 55-75.
Lestari, K., E, & Yhudanegara, M., R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT. Refika Aditama
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493-502.
Niu, L., Behar-Horenstein, L. S., & Garvan, C. W. (2013). Do instructional interventions influence college students’ critical thinking skills? A meta-analysis. Educational research review, 9, 114-128.
Nur, J. (2020). Penerapan Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran Matematika Abad 21. INTELEGENSIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 25-34.
Nurafifah, L., Nurlaelah, E., & Usdiyana, D. (2016). Model pembelajaran osborn untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. MATHLINE: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 93-102
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.
Revlinasari, D. A. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2021). Animasi motion graphics dinamika litosfer pada mata pelajaran Geografi kelas X SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(2), 168-177.
Rosida, R., Fadiawati, N., & Jalmo, T. (2017). Efektivitas penggunaan bahan ajar e-book interaktif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1).
Sari, S. A., & Putri, S. N. (2020). Pengembangan handout materi sistem koloid berbasis guided note taking untuk meningkatkan hasil belajar dan respon siswa kelas XI SMA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 41-59.
Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui problem posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48-58.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.
Tarhid, T. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kependidikan, 5(2), 141-155.
Utama, W. B., Ambarita, A., & Pujiati, P. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL Pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1).
Wulandari, D. Y. (2021). Studi tentang pengaruh supervisi akademik pengawas sekolah dan profesionalisme guru terhadap kualitas pembelajaran di smk negeri 1 cipeundeuy. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 6(1), 83-93.

Most read articles by the same author(s)