Implementasi Rapor Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional
Main Article Content
Abstract
Pemerataan mutu pendidikan sebagai suatu upaya dalam memajukan kesejahtraan sosial dan ekonomi masyarakat. Akan tetapi kegagalan dalam pemerataan mutu pendidikan akan menciptakan berbagai permasalahan dan ketimpangan dalam dunia pendidikan. Pendidikan secara komperhensif harus mampu memberikan laporan mengenai hasil evaluasi sistem pembelajaran sebagai bentuk peningkatan mutu pendidikan. Dimana rapor pendidikan sebagai alat yang digunakan untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan di dunia pendidikan serta mampu merefleksikan capaian pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan meliputi peningkatan kualitas pembelajaran. Rendahnya mutu dan relevansi pembelajaran mempengaruhi proses pembelajaran yang berlangsung di kelas dan megakibatkan pembelajaran berlangsung kurang efektif. Dimana faktor utama yang mempengaruhi rendahnya mutu dan revelansi pembelajaran adalah kualitas tenaga pendidik. Kualitas tenaga pendidik menjadi permasalahan yang sangat besar dan harus mendapat perhatian yang sagat masif dari pemerintah. Pendidikan diharapkan mampu menghasilkan profil lulusan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan relevan dengan keadaan sosial dan budaya suatu daerah. Rapor pendidikan tidak menampilkan peringkat dari setiap sekolah melainkan berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan. Dengan adanya rapor pendidikan diharapkan dapat mengurangi kesenjangan antar sekolah melalui data yang disajikan pada paltform
Article Details
How to Cite
I Nyoman Kiriana, & Ni Nyoman Sri Widiasih. (2023). Implementasi Rapor Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional. Widya Accarya, 14(2), 156-164. https://doi.org/10.46650/wa.14.2.1462.156-164
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Isnain, N., & Husain, A. (2020). Perancangan Aplikasi E-Rapor Pada Pendidikan Anak Usia Dini ABCD Berbasis Java Standard. Proceeding.Unindra.Ac.Id.
Kemendikbud. (2021). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kemendikbudristek. (2022). Rapor Pendidikan Publik. Pusat Asesmen Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan - Kemendikbudristek. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidikan/profil-wilayah.php
Khusni, M., Nugroho, B., & Mumpuni, R. (2021). PERANCANGAN APLIKASI RAPOR SISWA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL (STUDI KASUS : SMK ISLAM TARBIYATUL BADRIYAH)”. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 2. https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.94
Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1568
Nurjanah, E. (2021). Kesiapan Calon Guru SD dalam Implementasi Asesmen Nasional. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1120
Prasetyo, P. W., & Setyawan, F. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Matematika SMP Bertipe Asesmen Kompetensi Minimum. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan.
Rahmania, L. A. (2021). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Persiapan Asesmen Nasional. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(4). https://doi.org/10.17977/um064v1i42021p450-461
Sudianto, S., & Kisno, K. (2021). Potret kesiapan guru sekolah dasar dan manajemen sekolah dalam menghadapi asesmen nasional. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.39260
Yunita, Y., & Afrianto, Y. (2021). PENGINPUTAN NILAI BERBASIS APLIKASI E-RAPOT DI SMA KADER PEMBANGUNAN. INOVA-TIF, 4(1). https://doi.org/10.32832/inova-tif.v4i1.5476.
Kemendikbud. (2021). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kemendikbudristek. (2022). Rapor Pendidikan Publik. Pusat Asesmen Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan - Kemendikbudristek. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidikan/profil-wilayah.php
Khusni, M., Nugroho, B., & Mumpuni, R. (2021). PERANCANGAN APLIKASI RAPOR SISWA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL (STUDI KASUS : SMK ISLAM TARBIYATUL BADRIYAH)”. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 2. https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.94
Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1568
Nurjanah, E. (2021). Kesiapan Calon Guru SD dalam Implementasi Asesmen Nasional. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1120
Prasetyo, P. W., & Setyawan, F. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Matematika SMP Bertipe Asesmen Kompetensi Minimum. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan.
Rahmania, L. A. (2021). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Persiapan Asesmen Nasional. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(4). https://doi.org/10.17977/um064v1i42021p450-461
Sudianto, S., & Kisno, K. (2021). Potret kesiapan guru sekolah dasar dan manajemen sekolah dalam menghadapi asesmen nasional. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.39260
Yunita, Y., & Afrianto, Y. (2021). PENGINPUTAN NILAI BERBASIS APLIKASI E-RAPOT DI SMA KADER PEMBANGUNAN. INOVA-TIF, 4(1). https://doi.org/10.32832/inova-tif.v4i1.5476.