Implementasi Rapor Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional

Main Article Content

I Nyoman Kiriana
Ni Nyoman Sri Widiasih

Abstract

Pemerataan mutu pendidikan sebagai suatu upaya dalam memajukan kesejahtraan sosial dan ekonomi masyarakat. Akan tetapi kegagalan dalam pemerataan mutu pendidikan akan menciptakan berbagai permasalahan dan ketimpangan dalam dunia pendidikan. Pendidikan secara komperhensif harus mampu memberikan laporan mengenai hasil evaluasi sistem pembelajaran sebagai bentuk peningkatan mutu pendidikan. Dimana rapor pendidikan sebagai alat yang digunakan untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan di dunia pendidikan serta mampu merefleksikan capaian pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan meliputi peningkatan kualitas pembelajaran. Rendahnya mutu dan relevansi pembelajaran mempengaruhi proses pembelajaran yang berlangsung di kelas dan megakibatkan pembelajaran berlangsung kurang efektif. Dimana faktor utama yang mempengaruhi rendahnya mutu dan revelansi pembelajaran adalah kualitas tenaga pendidik. Kualitas tenaga pendidik menjadi permasalahan yang sangat besar dan harus mendapat perhatian yang sagat masif dari pemerintah. Pendidikan diharapkan mampu menghasilkan profil lulusan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan relevan dengan keadaan sosial dan budaya suatu daerah. Rapor pendidikan tidak menampilkan peringkat dari setiap sekolah melainkan berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan. Dengan adanya rapor pendidikan diharapkan dapat mengurangi kesenjangan antar sekolah melalui data yang disajikan pada paltform

Article Details

How to Cite
I Nyoman Kiriana, & Ni Nyoman Sri Widiasih. (2023). Implementasi Rapor Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional. Widya Accarya, 14(2), 156-164. https://doi.org/10.46650/wa.14.2.1462.156-164
Section
Articles

References

Isnain, N., & Husain, A. (2020). Perancangan Aplikasi E-Rapor Pada Pendidikan Anak Usia Dini ABCD Berbasis Java Standard. Proceeding.Unindra.Ac.Id.
Kemendikbud. (2021). Asesmen Nasional: Lembar Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Kemendikbudristek. (2022). Rapor Pendidikan Publik. Pusat Asesmen Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan - Kemendikbudristek. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidikan/profil-wilayah.php
Khusni, M., Nugroho, B., & Mumpuni, R. (2021). PERANCANGAN APLIKASI RAPOR SISWA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL (STUDI KASUS : SMK ISLAM TARBIYATUL BADRIYAH)”. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 2. https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.94
Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1568
Nurjanah, E. (2021). Kesiapan Calon Guru SD dalam Implementasi Asesmen Nasional. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1120
Prasetyo, P. W., & Setyawan, F. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Matematika SMP Bertipe Asesmen Kompetensi Minimum. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan.
Rahmania, L. A. (2021). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Persiapan Asesmen Nasional. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(4). https://doi.org/10.17977/um064v1i42021p450-461
Sudianto, S., & Kisno, K. (2021). Potret kesiapan guru sekolah dasar dan manajemen sekolah dalam menghadapi asesmen nasional. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.39260
Yunita, Y., & Afrianto, Y. (2021). PENGINPUTAN NILAI BERBASIS APLIKASI E-RAPOT DI SMA KADER PEMBANGUNAN. INOVA-TIF, 4(1). https://doi.org/10.32832/inova-tif.v4i1.5476.