Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Media Serbaneka Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas V SDN 11 Peguyangan
Main Article Content
Abstract
Banyak siswa yang tidak menyukai matematika bahkan menjadikannya salah satu pelajaran yang harus dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika antara kelas siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran matematika realistik berbantuan media serbaneka dan kelas siswa yang dibelajarkan melalui model konvensional pada siswa kelas V SDN 11 Peguyangan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitiannya adalah non-equivalent post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SDN 11 Peguyangan sebanyak 59 orang siswa. Untuk menentukan sampel digunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 11 Peguyangan yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan Kelas VB SD Negeri 11 Peguyangan yang berjumlah 27 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pemahaman konsep matematika dilakukan dengan metode tes yaitu tes pemahaman konsep matematika, dengan jenis tes essai. Data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep matematika antara kelas siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran matematika realistik berbantuan media serbaneka dan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Hal ini terbukti dari hasil analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 2,55 > ttabel (α=0,05,50) = 1,675 dan didukung dengan perbedaan rata-rata pemahaman konsep matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu X ̅ = 74,2 > X ̅ = 67,2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran matematika realistik berbantuan media serbaneka berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa di kelas V SD 11 Peguyangan
Article Details
How to Cite
I Made Agus Harry Sanjaya, Ni Luh Gede Karang Widiastuti, I Putu Edy Purnawijaya, & I Made Astra Winaya. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Media Serbaneka Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas V SDN 11 Peguyangan. Widya Accarya, 14(2), 148-155. https://doi.org/10.46650/wa.14.2.1450.148-155
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Andayani, K. Y., Suniasih, N. W., & Putra, I. K. A. (2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan SETS Terhadap Hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Patimura Kecamatan Denpasar Selatan. Mimbar PGSD Undiksha,
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif,11(1), 27–35.
Jeheman, Adrianus Akuila, Bedilius Gunur, and Silfanus Jelatu. "Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa." Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8.2 (2019): 191-202.
Nirmalasari. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Universitas Bengkulu, Vol. 4 No. 1. Diakses pada : Pandangan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (unib.ac.id)
Ria, A. (2021). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Serbaneka . (Nubin Smart Jurnal, Vol 1, No. 1, hal. 69 – 81, ISSN : 2809-3801). Diakses pada : Pandangan Model Problem Base Learning Berbantuan Media Serbaneka (nubinsmart.id) (3 Januari 2023)
Santoso, E. (2017). Penggunaan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional. Diakses pada : Kiat pendidikan matematika di Indonesia: konstatasi keadaan masa kini menuju ... - R. Soedjadi - Google Buku (1 Januari 2023)
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta,cv. ed. Apri Nuryanto.
Suwarsono. (2001). Model Pembelajaran Matematika Realistik. Diakses pada : Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) |mediaa410080108(wordpress.com).
Siagian, Muhammad. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. (Sumatera Utara : Universitas Islam Sumatera Utara, Vol. 2 No.1, hal. 58 – 67, ISSN:2528-4363)
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540
Wulandari, A. I., & Sulasmono, B. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 78–82. Diakses pada : https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.87
Yulianty, N. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60-65.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif,11(1), 27–35.
Jeheman, Adrianus Akuila, Bedilius Gunur, and Silfanus Jelatu. "Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa." Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8.2 (2019): 191-202.
Nirmalasari. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Universitas Bengkulu, Vol. 4 No. 1. Diakses pada : Pandangan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (unib.ac.id)
Ria, A. (2021). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Serbaneka . (Nubin Smart Jurnal, Vol 1, No. 1, hal. 69 – 81, ISSN : 2809-3801). Diakses pada : Pandangan Model Problem Base Learning Berbantuan Media Serbaneka (nubinsmart.id) (3 Januari 2023)
Santoso, E. (2017). Penggunaan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional. Diakses pada : Kiat pendidikan matematika di Indonesia: konstatasi keadaan masa kini menuju ... - R. Soedjadi - Google Buku (1 Januari 2023)
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta,cv. ed. Apri Nuryanto.
Suwarsono. (2001). Model Pembelajaran Matematika Realistik. Diakses pada : Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) |mediaa410080108(wordpress.com).
Siagian, Muhammad. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. (Sumatera Utara : Universitas Islam Sumatera Utara, Vol. 2 No.1, hal. 58 – 67, ISSN:2528-4363)
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540
Wulandari, A. I., & Sulasmono, B. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 78–82. Diakses pada : https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.87
Yulianty, N. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60-65.