Implementasi Pendidikan Karakter Di Universitas Mahendradatta – Bali

Main Article Content

Putri Anggreni

Abstract

Penumbuhan karakter di perguruan tinggi sangat perlu dilakukan, karena perguruan tinggi mampu menjadi wahana yang strategis dan fleksibel yang memungkinkan semua mahasiswa dengan latar belakang sosial budaya ekonomi yang beragam, bisa dilatih untuk saling beradaptasi dan berinteraksi sesama sehingga terbentuk karakter yang baik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai karakter apa saja yang ingin ditumbuhkan pada mahasiswa; (2) Untuk menjelaskan cara mengimplementasikan pendidikan untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter tersebut pada mahasiswa di Universitas Mahendradatta - Bali. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode studi  kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, dependabilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas. Tahap penelitian lapangan dilakukan dengan tahap pra lapangan, di lapangan, analisis data, dan penyusunan laporan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Nilai-nilai yang ditumbuhkan pada mahasiswa di Universitas Mahendradatta – Bali, yaitu Tri Kaya Parisudha yang merupakan nilai-nilai karakter dari kearifan lokal dengan mengutamakan aspek religiusnya. (2) Cara mengimplementasikan pendidikan dengan menumbuhkan nilai-nilai karakter tersebut pada mahasiswa, yaitu dengan: (a) Sosialisasi baik dari pihak yayasan, universitas, fakultas, program studi dan para dosen; (b) Keteladanan yang dicontohkan oleh pimpinan yayasan, pimpinan perguruan tinggi, dosen, staf, dan pemberian penghargaan bagi dosen dan mahasiswa berprestasi; (3) Pembiasaan yang dijadikan kegiatan kampus, seperti menyelaraskan berpikir yang benar, berkata yang benar, dan berbuat yang benar guna mewujudkan pribadi yang santun, cerdas, dan berkarakter mulia berdasarkan dharma.

Article Details

How to Cite
Putri Anggreni. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Di Universitas Mahendradatta – Bali. Widya Accarya, 14(1), 83-91. https://doi.org/10.46650/wa.14.1.1407.83-91
Section
Articles

References

Winaya, I. M. A., Putu Edy Purna Wijaya, I Nengah Sudiarta, & I Made Sutika. (2022). Analisis Prisip-Prinsip Pengelolaan Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) Reguler dalam Program Merdeka Belajar. Widya Accarya, 13(2), 133-144. https://doi.org/10.46650/wa.13.2.1277.133-144
Halidu, S, Delhi, P.M, Rahmat, A, Mirnawati, M. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA, 04(023): p. 217-219.
Moleong, J.L. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
___________. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mahendra, P. (2023). Peran Pendidikan IPS dalam Pendidikan Multikultural. Journal on Education, 5(2), 4468-4475. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1171
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa. Jurnal Education and Development, 10(1), 207-212.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, P. 2015. Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: PT Kanisius.
Rai, I. B., Sila, . I. M. ., & Dewi, I. A. C. . (2022). Kepemimpinan Wirausaha Sinkretisme Kepemimpinan Pancasila dan Kepemimpinan Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5089–5098. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7456
Siswati, Utomo, C.B., Muntholib, A. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1): p.1-13.
Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Purana, I. M., & Sunariyanti, I. A. P. S. M. (2022). Polemik Ideologi Dalam Bali Adnyana Dan Surya Kanta: Perspektif Kajian Budaya. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 4782-4791.
Yin, R. 1987. Studi Kasus: Desain dan Metode. Terjemahan Djauzi Mudzakir. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.