Uji Komparasi Hasil Belajar Matematika Teknik (Materi Aljabar Melalui) Problem Solving Mahasiswa Teknologi Elektro Medis Muhammadiyah Makassar

Main Article Content

Hasmah
St.Fatimang
Rosmawati Abdul Maing

Abstract

Input mahasiswa baru Program Studi Elektro-Medis berasal dari lulusan Sekolah Menengah Atas jurusan IPA, IPS, dan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. Perbedaan latar belakang mahasiswa baru menentukan daya serap mahasiswa terhadap materi mata kuliah matematika khususnya materi aljabar sehingga perlu diketahui hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan metode kuantitatif  yang menggunakan statistik inferensial yang dipadukan dengan metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mahasiswa pada matari aljabar. Uji statistik yang digunakan adalah uji Indefenden samples Test. Sampel yang digunakan berjumlah 60 mahasiswa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perbandingan hasil belajar materi aljabar mahasiswa baru antara lulusan IPA dan IPS menunjukkan signifikansi 0,131, antara lulusan IPA dengan SMK menunjukkan signifikansi 0,819, dan lulusan IPS dan SMK 0,200. Hal ini menunjukkan tidak  perbedaan rata-rata hasil belajar materi aljabar antara lulusan Sekolah Menengah Atas jurusan IPA, IPS dan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. Setelah ditelusuri kurangnya tatap muka selama masa pembelajaran dengan cara daring mempengaruhi hasil belajar mahasiswa pada materi aljabar.melalui metode problem solving

Article Details

How to Cite
Hasmah, St.Fatimang, & Rosmawati Abdul Maing. (2023). Uji Komparasi Hasil Belajar Matematika Teknik (Materi Aljabar Melalui) Problem Solving Mahasiswa Teknologi Elektro Medis Muhammadiyah Makassar. Widya Accarya, 14(1), 79-82. https://doi.org/10.46650/wa.14.1.1406.79-82
Section
Articles

References

K. Pendidikan, D. Iii, P. Studi, and T. E. Medis. 2022. “DIPLOMA III PROGRAM STUDI MUHAMMIDYAH MAKASSAR TAHUN 2022.
R. M. Kosanke. 2019. “済無No Title No Title No Title.
G. Polya. 1978. “How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition,” The Mathematical Gazette, vol. 30. p. 181, 1978, [Online]. Available: http://www.jstor.org/stable/3609122?origin=crossref.
M. Malang. 2011. “M Education Student ’ S Reprentation in Solving Algebra Problems Based on Their,” pp. 427–442.
M. Issakova and D. Lepp. 2020. “Rule dialogue in problem solving environment T-Algebra,” pp. 1–16.
D. Vink. 2020. Problem solving using process algebra considered insightful,” vol. 1702, no. 2017
A. AMINULLAH and K. KUSMIANTI. 2022 “Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Matematika Antara Lulusan Sekolah Jurusan Ipa Dan Jurusan Ips,” Ganec Swara, no. November 2021, pp. 1343–1347, [Online]. Available: http://journal.unmasmataram.ac.id/index.php/GARA/article/view/271%0Ahttps://journal.unmasmataram.ac.id/index.php/GARA/article/download/271/246.
F. Rahmawati, D. R. Putrie, J. Ibrahim, I. A. Farda, D. Audry, and .... 2021. Identification of Quality of Mathematics Teachers in Online Learning at State Vocational High School,” Scholar.Archive.Org, vol. 3, no. 1, pp. 62–74,, [Online]. Available: https://scholar.archive.org/work/sozd4n2afzc4dc54amtzd6vawi/access/wayback/https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/ajme/article/download/17937/pdf..