Media Pembelajaran Komik Biologi untuk Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif

Main Article Content

Dewa Ayu Puspawati
Ni Wayan Ekayanti

Abstract

Mata pelajaran biologi dianggap sulit oleh sebagian peserta didik, karena banyak hafalan nama ilmiah yang dikatakan sulit diingat.  Media pembelajaran komik biologi merupakan salah satu media pembelajaran yang tepat dipilih, karena mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif peserta didik. Media pembelajaran berupa komik biologi juga mampu meningkatkan minat belajar peserta didik khususnya mata pelajaran biologi, sehingga peserta didik mendapatkan manfaat yang maksimal baik dari proses maupun hasil belajar. Tujuan penelitian untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif peserta didik di SMA Swasta terkemuka di kota Denpasar melalui penerapkan media pembelajaran komik biologi. Metode penelitian diskriptif kuantitatif dengan menggunakan rancangan pretest dan posttes nonequivalent control group design. Kemampuan pemecahan masalah diambil dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah berdasarkan rubrik kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kreatif menggunakan rubrik berpikir kreatif dalam pembuatan media komik biologi.Teknik analisis data dilakukan dengan uji Mann Whitney U-test. Hasil penelitian secara kuantitatif dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik biologi berpengaruh dalam pada kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif peserta didik dengan signifikansi (p=0,000<0,05).

Article Details

How to Cite
Dewa Ayu Puspawati, & Ni Wayan Ekayanti. (2023). Media Pembelajaran Komik Biologi untuk Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif. Widya Accarya, 14(1), 58-65. https://doi.org/10.46650/wa.14.1.1397.58-65
Section
Articles

References

Alfiraida, S. (2018). Identifikasi Materi Biologi SMA Sulit Menurut Pandangan Siswa dan Guru SMA Se-Kota Salatiga. Journal Of Biology Education, 1(2), 209–221.
Azrai, E. P., Ernawati, E., & Sulistianingrum, G. (2017). Pengaruh Gaya Belajar DAVID KOLB (Diverger, Assimilator, Converger, Accomodator) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. BIOSFER: JURNAL PENDIDIKAN BIOLOGI, 10(1), 9–16. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.2
Eroika, V., Sumarmin, R., Helendra, H., & Yuniarti, E. (2019). The Needs Analysis of The Develop of Biology Module Based On Scientific Approach for Senior High School Grade XI Students. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 4(2), 72–81.
Gunawan, P., & Sujarwo. (2022). Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Sejarah dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Kronik: Journal of History Educational and Historiograpghy, 6(1), 39–44.
Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756
Noning, Syamswisna, & Marlina, R. (2018). Efektivitas Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pencemaran Lingkungan SMP Negeri 1 Air Besar. JPPK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1).
Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The Development of Gravity Comic Learning Media Based on Gorontalo Culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14344
Pratiwi, R., Suistyaningsih, E., & Septianzah, K. (2019). Aplikasi Chem Draw Sebagai Media Inovasi Guru Dalam Pengajaran IPA Terpadu. Bioedusiana, 4(2), 38–43. https://doi.org/10.34289/285228
Rahmi, I., & Rahmati, R. (2020). Application of Comic Media to Ipmrove Learning Outcomes and Educational Affective Students on Straight Motion Material in Class VIII SMP Negeri 1 DarulL Imarah Aceh Besar. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 1(2), 27. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v1i2.7240
Raneza, F., Widowati, H., & Santoso, H. (2022). Pengembangan Komik Digital dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman sebagai Media Pembelajaran pada Materi Pokok Ruang Lingkup Biologi. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1). https://doi.org/10.37058/bioed.v7i1.3168
Rosida, A. T., & Hastuti, H. (2020). Inovasi Komik Strip Berlandaskan Analisis Historical Thinking sebagai Media Pembelajaran Sejarah SMA. Kronologi: Jurnal Mahasiswa Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 2(4), 224–234.
Sigit, D. V., Heryanti, E., Pangestika, D. A. W., & Ichsan, I. Z. (2019). Pembelajaran Lingkungan bagi Siswa: Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 6. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11838
Siregar, A. D., Rini, & Herdini. (2017). The Application of Comic Learning Media to Improve Student’s Achievement on Reduction and Oxidation Reaction Topic. Proceedings of The 2nd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL), 146–149.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Triani, L., Wahyuni, S., Purwanti, E., Hudha, A. M., Fatmawati, D., & Husamah, H. (2018). Pembelajaran I-CARE Berbantuan Praktikum: Peningkatan Problem-Solving Skills dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaringan Hewan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 158–168.
Wulan, I. S., Suprapto, P. K., & Kamil, P. M. (2020). Belajar Virus dengan Komik: Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Hasil Belajar (Studi Eksperimen di Kelas X MAN Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 70–83. https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2005.