Keterkaitan Antara Peran Guru Dan Pengelolaan Kelas Untuk Mengatasi Hambatan-Hambatan Pada Proses Belajar Mengajar
Main Article Content
Abstract
Dalam proses belajar mengajar, guru memiliki peranan yang penting dalam mengelola kelas. Pengelolaan kelas yang baik juga akan mendukung peranan guru sebagai pengajar, penilai, pengelola, penghubung, model untuk budaya dan bahasa akademis, serta anggota dari sebuah komunitas yang profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara peran guru dan pengelolaan kelas untuk mengatasi hambatan-hambatan pada proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris dan peserta didik di kelas VII D, serta seorang guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Denpasar. Observasi langsung dilakukan terhadap proses pembelajaran yang berfokus pada peran guru dan keterampilan dalam mengelola kelasnya. Wawancara juga dilakukan untuk mengetahui pandangan peserta didik terkait hambatan-hambatan yang ditemui di kelas. Hasil observasi langsung menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris tersebut telah menunjukkan peran guru sebagai pengajar, penilai, pengelola, penghubung, model, dan guru yang profesional secara baik. Namun, terdapat empat hambatan dalam mengelola kelas yang ditemukan ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung seperti peserta didik tidak fokus, kegaduhan yang tidak diharapkan, posisi tempat duduk, dan lokasi kelas. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, terdapat langkah-langkah nyata yang harus diperhatikan seperti melakukan pemantauan langsung, menjelaskan konsekuensi terkait tingkah laku yang tidak sesuai, serta adanya perjanjian antara guru dan peserta didik terkait hak dan kewajiban di dalam kelas.
Article Details
How to Cite
Marantika, I. M. Y. (2023). Keterkaitan Antara Peran Guru Dan Pengelolaan Kelas Untuk Mengatasi Hambatan-Hambatan Pada Proses Belajar Mengajar. Widya Accarya, 14(1), 23-30. https://doi.org/10.46650/wa.14.1.1368.23-30
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Dunbar, Christopher. (2004). Best Practices in Classroom Management. Michigan: Michigan State University.
Hales, David. (2010). An Introduction to Triangulation. Switzerland: UNAIDS Monitoring and Evaluation Fundamentals.
Metropolitan Center for Urban Education.2008. Culturally Responsive Classroom Management Strategies. New York: Universitas New York.
Miles, M.B., Huberman, A.M. and Saldana, J. (2014) Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage, London.
Regina, M. Oliver, dkk. (2011). Teacher Classroom Management Practices: Effects on Disruptive or Aggressive Student Behavior. Norwegia: The Campbell Collaboration.
The Government of Canada's Foreign Credential Recognition Program. (2013). Speaking for Excellence: Language Competencies for Effective Teaching Practice. Kanada: Council of Ministers Education.
Hales, David. (2010). An Introduction to Triangulation. Switzerland: UNAIDS Monitoring and Evaluation Fundamentals.
Metropolitan Center for Urban Education.2008. Culturally Responsive Classroom Management Strategies. New York: Universitas New York.
Miles, M.B., Huberman, A.M. and Saldana, J. (2014) Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage, London.
Regina, M. Oliver, dkk. (2011). Teacher Classroom Management Practices: Effects on Disruptive or Aggressive Student Behavior. Norwegia: The Campbell Collaboration.
The Government of Canada's Foreign Credential Recognition Program. (2013). Speaking for Excellence: Language Competencies for Effective Teaching Practice. Kanada: Council of Ministers Education.