Keterkaitan Antara Peran Guru Dan Pengelolaan Kelas Untuk Mengatasi Hambatan-Hambatan Pada Proses Belajar Mengajar

Main Article Content

I Made Yogi Marantika

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, guru memiliki peranan yang penting dalam mengelola kelas. Pengelolaan kelas yang baik juga akan mendukung peranan guru sebagai pengajar, penilai, pengelola, penghubung, model untuk budaya dan bahasa akademis, serta anggota dari sebuah komunitas yang profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara peran guru dan pengelolaan kelas untuk mengatasi hambatan-hambatan pada proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris dan peserta didik di kelas VII D, serta seorang guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Denpasar. Observasi langsung dilakukan terhadap proses pembelajaran yang berfokus pada peran guru dan keterampilan dalam mengelola kelasnya. Wawancara juga dilakukan untuk mengetahui pandangan peserta didik terkait hambatan-hambatan yang ditemui di kelas. Hasil observasi langsung menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris tersebut telah menunjukkan peran guru sebagai pengajar, penilai, pengelola, penghubung, model, dan guru yang profesional secara baik. Namun, terdapat empat hambatan dalam mengelola kelas yang ditemukan ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung seperti peserta didik tidak fokus, kegaduhan yang tidak diharapkan, posisi tempat duduk, dan lokasi kelas. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, terdapat langkah-langkah nyata yang harus diperhatikan seperti melakukan pemantauan langsung, menjelaskan konsekuensi terkait tingkah laku yang tidak sesuai, serta adanya perjanjian antara guru dan peserta didik terkait hak dan kewajiban di dalam kelas.

Article Details

How to Cite
Marantika, I. M. Y. (2023). Keterkaitan Antara Peran Guru Dan Pengelolaan Kelas Untuk Mengatasi Hambatan-Hambatan Pada Proses Belajar Mengajar. Widya Accarya, 14(1), 23-30. https://doi.org/10.46650/wa.14.1.1368.23-30
Section
Articles

References

Dunbar, Christopher. (2004). Best Practices in Classroom Management. Michigan: Michigan State University.
Hales, David. (2010). An Introduction to Triangulation. Switzerland: UNAIDS Monitoring and Evaluation Fundamentals.
Metropolitan Center for Urban Education.2008. Culturally Responsive Classroom Management Strategies. New York: Universitas New York.
Miles, M.B., Huberman, A.M. and Saldana, J. (2014) Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage, London.
Regina, M. Oliver, dkk. (2011). Teacher Classroom Management Practices: Effects on Disruptive or Aggressive Student Behavior. Norwegia: The Campbell Collaboration.
The Government of Canada's Foreign Credential Recognition Program. (2013). Speaking for Excellence: Language Competencies for Effective Teaching Practice. Kanada: Council of Ministers Education.