Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Mts Ash-Shiddiqiyyah Cempaka Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon

Main Article Content

Agus Rahayu
Disman
Dadang Dahlan
Mokhammad Wahyudin
Lindawati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas VIII MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian eksperimen, populasi penelitian yaitu seluruh siswa MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka yang berjumlah 320 orang dengan sampel 60 orang siswa yaitu 30 siswa kelompok kontrol yang diterapkan pada kelas VIII dan 30 siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas VII. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian terdapat pengaruh dari model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka.kelompok kontrol mencapai kategori rendah dan hasil belajar siswa kelompok eksperimen mencapai nilai rata-rata kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Discovery Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa di MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon.

Article Details

How to Cite
Agus Rahayu, Disman, Dadang Dahlan, Mokhammad Wahyudin, & Lindawati. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Widya Accarya, 14(1), 1-4. https://doi.org/10.46650/wa.14.1.1343.1-4
Section
Articles

References

Anggoro toha. (2007). Metodologi Penelitian. jakarta: Universitas terbuka.
Aunnurrahman. (2010). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hudojo (Purmiasa, 2002). Model Pembelajaran Dan Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Priantini, D.A.M.M.O. (2017). Pengembangan Profesi Tenaga Pendidik dalam Menciptakan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya Issn No. 2085-0018
Priantini, D. A., Darwati, G. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SS Negeri 1 Yehkuning. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya, :1
Sartain. (dalam M. Ngalim Purwanto 2011) bimbingan belajar, surakarta: UMS press Pramana.
Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Slameto. (2006). Belajar Dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta: PT. Rineke Cipta.
Lindawati. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTs Ash-Shiddiqiyyah Cempaka Kabupaten Cirebon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA).