Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Mts Ash-Shiddiqiyyah Cempaka Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas VIII MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian eksperimen, populasi penelitian yaitu seluruh siswa MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka yang berjumlah 320 orang dengan sampel 60 orang siswa yaitu 30 siswa kelompok kontrol yang diterapkan pada kelas VIII dan 30 siswa di kelompok eksperimen yang diterapkan pada kelas VII. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian terdapat pengaruh dari model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka.kelompok kontrol mencapai kategori rendah dan hasil belajar siswa kelompok eksperimen mencapai nilai rata-rata kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Discovery Learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa di MTs Ash-shiddiqiyyah Cempaka Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon.
Article Details
How to Cite
Agus Rahayu, Disman, Dadang Dahlan, Mokhammad Wahyudin, & Lindawati. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Widya Accarya, 14(1), 1-4. https://doi.org/10.46650/wa.14.1.1343.1-4
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Anggoro toha. (2007). Metodologi Penelitian. jakarta: Universitas terbuka.
Aunnurrahman. (2010). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hudojo (Purmiasa, 2002). Model Pembelajaran Dan Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Priantini, D.A.M.M.O. (2017). Pengembangan Profesi Tenaga Pendidik dalam Menciptakan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya Issn No. 2085-0018
Priantini, D. A., Darwati, G. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SS Negeri 1 Yehkuning. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya, :1
Sartain. (dalam M. Ngalim Purwanto 2011) bimbingan belajar, surakarta: UMS press Pramana.
Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Slameto. (2006). Belajar Dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta: PT. Rineke Cipta.
Lindawati. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTs Ash-Shiddiqiyyah Cempaka Kabupaten Cirebon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA).
Aunnurrahman. (2010). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Hudojo (Purmiasa, 2002). Model Pembelajaran Dan Hasil Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Priantini, D.A.M.M.O. (2017). Pengembangan Profesi Tenaga Pendidik dalam Menciptakan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya Issn No. 2085-0018
Priantini, D. A., Darwati, G. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SS Negeri 1 Yehkuning. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya, :1
Sartain. (dalam M. Ngalim Purwanto 2011) bimbingan belajar, surakarta: UMS press Pramana.
Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Slameto. (2006). Belajar Dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta: PT. Rineke Cipta.
Lindawati. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTs Ash-Shiddiqiyyah Cempaka Kabupaten Cirebon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA).