Nilai Pancasila, Budaya Lokal Dan Tradisi Ngayah Bali Sebagai Media Pendidikan Karakter Generasi Muda
Main Article Content
Abstract
Pendidikan karakter generasi muda ini sangat penting dimana generasi muda memiliki peranan yang sangat besar bagi bangsa karena generasi muda yang akan memegang bangsa kita kedepan oleh karena itu pendidikan karakter untu generasi muda ini sangat penting, melalui nilai pancasila, budaya lokal, dan tradisi ngayah bali ini menjadi media pendukung pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deksriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, hasil penelitian ini dimana pendidikan karakter bagi generasi muda bukanya hanya terbatas dari materi yang diajarkan di sekolh tetapi nilai pancasila, budaya lokal, dan teradisi ngayah bail ini bisa menjadi sebagi media pendidikan karakter generasi muda secara langsung karena nilai-nilai ini dudah kita rasakan dan kita pahami dalah kehidupan ini.
Article Details
How to Cite
Sumerta, G. P., & Windu Mertha Sujana, I. P. (2022). Nilai Pancasila, Budaya Lokal Dan Tradisi Ngayah Bali Sebagai Media Pendidikan Karakter Generasi Muda. Widya Accarya, 13(1), 115-119. https://doi.org/10.46650/wa.13.1.1252.115-119
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Kartika, I. M. (2016). Peranan Guru PPKN Dalam Mengembangkan Karakter dan Sikap Nasionalisme Pada Siswa SMA Dwijendra Denpasar. Widya Accarya, 5(1).
Koesoema, D. A. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Lickona, Thomas. (1992). Educating for Character. New York: Bantam Book.
Murdiono, M. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun WawasanGlobal Warga Negara Muda. Jurnal cakrawala Pendidikan, 33 (3), hlm.349-357
Sari, Y.M. (2014). Pembinaan Toleransi dan Peduli Sosial dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23 (1), hlm. 15-26
Santika, I. G. N. (2020). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2021). Tinjauan Historis Terhadap Keppres No. 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pancasila. Vyavahara Duta, XVI(2), 5–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/vd.v16i2.2384
Santika, I. G. N., & Suastika, I. N. (2022). Efforts of State-Owned Enterprises (SOE) in Disseminating Pancasila by Actualizing Tri Hita Karana (THK). Jurnal Etika Demokrasi (JED), 7(1), 14–27. https://doi.org/10.26618/jed.v
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa. Jurnal Education and Development, 10(1), 207–212. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3382
Sujana, I.P.W.M, dkk. (2021). Pendidikan Karakter Untuk Generasi Digital Native. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9 (2), 518-524
SUTIKA, I. M. (2017). Implementasi Pendidikan Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Anak (Studi di Taman Penitipan Anak Werdhi Kumara I Panjer Kecamatan Denpasar Selatan). Widya Accarya, 7(1).
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
WINAYA, I. M. A. (2016). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD N. 1 Selan Bawak. Widya Accarya, 5(1).
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Zuriah, Nurul dkk. (2007). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Akademik, Religius Manusiawi. Malang: UMM Press.
Koesoema, D. A. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Lickona, Thomas. (1992). Educating for Character. New York: Bantam Book.
Murdiono, M. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun WawasanGlobal Warga Negara Muda. Jurnal cakrawala Pendidikan, 33 (3), hlm.349-357
Sari, Y.M. (2014). Pembinaan Toleransi dan Peduli Sosial dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23 (1), hlm. 15-26
Santika, I. G. N. (2020). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2021). Tinjauan Historis Terhadap Keppres No. 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pancasila. Vyavahara Duta, XVI(2), 5–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/vd.v16i2.2384
Santika, I. G. N., & Suastika, I. N. (2022). Efforts of State-Owned Enterprises (SOE) in Disseminating Pancasila by Actualizing Tri Hita Karana (THK). Jurnal Etika Demokrasi (JED), 7(1), 14–27. https://doi.org/10.26618/jed.v
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa. Jurnal Education and Development, 10(1), 207–212. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3382
Sujana, I.P.W.M, dkk. (2021). Pendidikan Karakter Untuk Generasi Digital Native. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9 (2), 518-524
SUTIKA, I. M. (2017). Implementasi Pendidikan Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Anak (Studi di Taman Penitipan Anak Werdhi Kumara I Panjer Kecamatan Denpasar Selatan). Widya Accarya, 7(1).
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
WINAYA, I. M. A. (2016). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD N. 1 Selan Bawak. Widya Accarya, 5(1).
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Zuriah, Nurul dkk. (2007). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Akademik, Religius Manusiawi. Malang: UMM Press.