Nilai Pancasila, Budaya Lokal Dan Tradisi Ngayah Bali Sebagai Media Pendidikan Karakter Generasi Muda

Main Article Content

Gusti Putu Sumerta
I Putu Windu Mertha Sujana

Abstract

Pendidikan karakter generasi muda ini sangat penting dimana generasi muda memiliki peranan yang sangat besar bagi bangsa karena generasi muda yang akan memegang bangsa kita kedepan oleh karena itu pendidikan karakter untu generasi muda ini sangat penting, melalui nilai pancasila, budaya lokal, dan tradisi ngayah bali ini menjadi media pendukung pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deksriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, hasil penelitian ini dimana pendidikan karakter bagi generasi muda bukanya hanya terbatas dari materi yang diajarkan di sekolh tetapi nilai pancasila, budaya lokal, dan teradisi ngayah bail ini bisa menjadi sebagi media pendidikan karakter generasi muda secara langsung karena nilai-nilai ini dudah kita rasakan dan kita pahami dalah kehidupan ini.

Article Details

How to Cite
Sumerta, G. P., & Windu Mertha Sujana, I. P. (2022). Nilai Pancasila, Budaya Lokal Dan Tradisi Ngayah Bali Sebagai Media Pendidikan Karakter Generasi Muda. Widya Accarya, 13(1), 115-119. https://doi.org/10.46650/wa.13.1.1252.115-119
Section
Articles

References

Kartika, I. M. (2016). Peranan Guru PPKN Dalam Mengembangkan Karakter dan Sikap Nasionalisme Pada Siswa SMA Dwijendra Denpasar. Widya Accarya, 5(1).
Koesoema, D. A. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Lickona, Thomas. (1992). Educating for Character. New York: Bantam Book.
Murdiono, M. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun WawasanGlobal Warga Negara Muda. Jurnal cakrawala Pendidikan, 33 (3), hlm.349-357
Sari, Y.M. (2014). Pembinaan Toleransi dan Peduli Sosial dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23 (1), hlm. 15-26
Santika, I. G. N. (2020). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2021). Tinjauan Historis Terhadap Keppres No. 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pancasila. Vyavahara Duta, XVI(2), 5–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/vd.v16i2.2384
Santika, I. G. N., & Suastika, I. N. (2022). Efforts of State-Owned Enterprises (SOE) in Disseminating Pancasila by Actualizing Tri Hita Karana (THK). Jurnal Etika Demokrasi (JED), 7(1), 14–27. https://doi.org/10.26618/jed.v
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran ipa. Jurnal Education and Development, 10(1), 207–212. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3382

Sujana, I.P.W.M, dkk. (2021). Pendidikan Karakter Untuk Generasi Digital Native. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9 (2), 518-524
SUTIKA, I. M. (2017). Implementasi Pendidikan Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Anak (Studi di Taman Penitipan Anak Werdhi Kumara I Panjer Kecamatan Denpasar Selatan). Widya Accarya, 7(1).
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
WINAYA, I. M. A. (2016). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD N. 1 Selan Bawak. Widya Accarya, 5(1).
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter : Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Zuriah, Nurul dkk. (2007). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Akademik, Religius Manusiawi. Malang: UMM Press.