Pengembangan Kartu Kata Berbasis Brain Dance pada Pembelajaran Kosa Kata Siswa Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan media kartu kata Brain Dance pada pembelajaran kosa kata siswa. Rancangan kartu kata Brain Dance pada pembelajaran kosa kata siswa. Validitas ahli kartu kata Brain Dance pada pembelajaran kosa kata. Penggunaan instrument wawancara dan angket kemudian di analisis secara kualitatif. Pengembangan penelitian ini yaitu R&D yang berupa media pembelajaran kartu kata. Pengumpulan data digunakan yaitu wawancara, angket respon siswa dan validasi. Sedangkan analisis data digunakan untuk kevalidan media pembelajaran melaui skala likert 1-4. Hasil validasi yang diperoleh melalui kertas validasi yang sudah dicentang oleh ketiga ahli, kemudian peneliti dmenentukan kevalidannya menggunakan rumus rata-rata. Sedangkan angket respon siswa menggunakan jenis penilitian deskriptif. Analisis kebutuhan diketahui siswa menyukai media yang memiliki warna-warni yang terang. Dan dari hasil angket respon siswa 88% siswa mengatakan bahwa lebih mudah memahai pelajaran jika menggunakan media pembelajaran. Hasil validitas media pembelajaran dinilai oleh validator diantaranya materi, bahasa, desain dan didapatkan nilai 75%-95% dengan kategori valid dan sangat valid.
Article Details
How to Cite
Adelia Sipra Nandja, & Edhy Rustan Mirnawati. (2022). Pengembangan Kartu Kata Berbasis Brain Dance pada Pembelajaran Kosa Kata Siswa Sekolah Dasar. Widya Accarya, 13(1), 106-114. https://doi.org/10.46650/wa.13.1.1251.106-114
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Adipta, Hendra, and Muakibatul Hasanah. n.d. “Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa Sd,” 4.
Arumdyahsari, Sheilla, Widodo Hs, and Gatut Susanto. n.d. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) Tingkat Madya,” 7.
Asrori, Imam, and Ahsanuddin. 2016. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: CV Bintang Sejahtra.
Berta, M. O., & Swarniti, N. W. (2020). IMPROVING THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH WORD SQUARE GAME AT THE EIGHTH GRADE OF SMP DWIJENDRA DENPASAR IN THE ACADEMIC YEAR 2019/2020. Widyasrama, 30(2), 18–25.
Doyan, Aris, Gunawan Gunawan, and Bq Azmi Syukroyanti. 2013. “Pengembangan Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Pelajaran Fisika Alat Optik.” Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika 1 (2): 116. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v1i2.207.
Faizah, Nur Isti. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” Profesi Pendidikan Dasar 1 (1): 57. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3956.
Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. “Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel.” PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika 11 (2): 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644.
Lede, D. A. S., & Swarniti, N. W. (2020). IMPROVING THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY USING TREE DIAGRAM ON THE EIGHTH GRADE STUDENTS’ OF SMP DWIJENDRA IN THE ACADEMIC YEAR 2019/2020. Widyasrama, 30(2), 51–57.
Muna, Wa. 2014. “Kartu Permainan: Media Pembelajaran Bahasa Arab Kontekstual” 7 (1): 17.
Munir,. 2018. Pengembangan Buku Ajar Trigonometri Berbasis Kontruktivisme Dengan Media E-Learning Pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo. Al-Kwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.454.
Murti, Sri, and Muhtadin Muhtadin. 2019. “Validitas Bahan Ajar LKS Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP se-Kabupaten Musi Rawas.” Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing 2 (2): 159–72. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i2.239.
Pratiwi, Ika Ari, Sekar Dwi Ardianti, and Moh. Kanzunnudin. 2018. “Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 8 (2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357.
Puspasari, Ratih. 2019. “Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie.” Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 3 (1): 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702.
Rahmat, Pupu Saeful, and Tuti Heryani. 2014. “Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Dan Penguasaan Kosakata” 8: 10.
Rahmat, Rahmat, and Dedy Irfan. 2019. “Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer Dan Jaringan Dasar Di Smk.” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) 7 (1): 48. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i1.103642.
Rumidjan, Rumidjan, Sumanto Sumanto, and A. Badawi. 2017. “Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sd.” Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan 26 (1): 62–68. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p062.
Rustan, E, Abduh, N.K. 2020. Cultural Value-Based Design for Learning Speaking For Foreign Indonesian Language Learners. asian Efl Journal Research.
Santika, I. G. N. (2021). Tinjauan Historis Terhadap Keppres No. 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pancasila. VYAVAHARA DUTA, 16(2), 149-159.
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN IPA. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 10(1), 207-212.
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464-472.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung.
Swarniti, N. W. (2020). Fenomena Morfologi pada Berita-Berita di CNN Indonesia Mengenai Covid-19: Kajian Linguistik. In COVID-19 Perspektif Susastra dan Filsafat (p. 93). Yayasan Kita Menulis.
Swarniti, N. W. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 133-144.
Swarniti, N. W. (2021). The Analysis of Semantics Meaning Found In Comments of Instagram Account of Info Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMNALISA), 193–199.
Swarniti, N. W. (2021). Translation Methods Found in New Testament Bible of Mark’s Gospel. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 7(2), 172–179. https://doi.org/https://doi.org/10.22225/jr.7.2.3823.172-179
Sutika, I. M. (2014). MENGELOLA KETRAMPILAN KOMUNIKASI NON VERBAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Widya Accarya, 3(1).
Tania, Lisa, and Joni Susilowibowo. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya,” 9.
Wahyuni, N. P. S., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). IMPLEMENTASI METODE EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50-61.
Wardianti, Yunita, and Ria Dwi Jayati. 2018. “Validitas Modul Biologi Berbasis Kearifan Lokal.” BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains 1 (2): 136–42.https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.366.
Wiratman, A, M Mustaji, and W Widodo. 2019. “The Effect of Activity Sheet Based on Outdoor Learning on Student’s Science Process Skills.” Journal of Physics: Conference Series 1157 (February): 022007. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022007.
Yakop, M. T. H, M. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Aceh Berbasis Kearivan Lokal Untuk Membentuk Karakter Siswa SMP Di Kota Langsa.” Jurnal Metafora, 7(2).
Yolanda, Fitriana, and Putri Wahyuni. n.d. “Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash” 4 (2): 8.
Arumdyahsari, Sheilla, Widodo Hs, and Gatut Susanto. n.d. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa) Tingkat Madya,” 7.
Asrori, Imam, and Ahsanuddin. 2016. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: CV Bintang Sejahtra.
Berta, M. O., & Swarniti, N. W. (2020). IMPROVING THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH WORD SQUARE GAME AT THE EIGHTH GRADE OF SMP DWIJENDRA DENPASAR IN THE ACADEMIC YEAR 2019/2020. Widyasrama, 30(2), 18–25.
Doyan, Aris, Gunawan Gunawan, and Bq Azmi Syukroyanti. 2013. “Pengembangan Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Pelajaran Fisika Alat Optik.” Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika 1 (2): 116. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v1i2.207.
Faizah, Nur Isti. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Untuk Menumbuhkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” Profesi Pendidikan Dasar 1 (1): 57. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3956.
Gazali, Rahmita Yuliana. 2016. “Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel.” PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika 11 (2): 182. https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644.
Lede, D. A. S., & Swarniti, N. W. (2020). IMPROVING THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY USING TREE DIAGRAM ON THE EIGHTH GRADE STUDENTS’ OF SMP DWIJENDRA IN THE ACADEMIC YEAR 2019/2020. Widyasrama, 30(2), 51–57.
Muna, Wa. 2014. “Kartu Permainan: Media Pembelajaran Bahasa Arab Kontekstual” 7 (1): 17.
Munir,. 2018. Pengembangan Buku Ajar Trigonometri Berbasis Kontruktivisme Dengan Media E-Learning Pada Prodi Tadris Matematika IAIN Palopo. Al-Kwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.454.
Murti, Sri, and Muhtadin Muhtadin. 2019. “Validitas Bahan Ajar LKS Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP se-Kabupaten Musi Rawas.” Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing 2 (2): 159–72. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i2.239.
Pratiwi, Ika Ari, Sekar Dwi Ardianti, and Moh. Kanzunnudin. 2018. “Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 8 (2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357.
Puspasari, Ratih. 2019. “Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie.” Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 3 (1): 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702.
Rahmat, Pupu Saeful, and Tuti Heryani. 2014. “Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca Dan Penguasaan Kosakata” 8: 10.
Rahmat, Rahmat, and Dedy Irfan. 2019. “Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer Dan Jaringan Dasar Di Smk.” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika) 7 (1): 48. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i1.103642.
Rumidjan, Rumidjan, Sumanto Sumanto, and A. Badawi. 2017. “Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sd.” Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan 26 (1): 62–68. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p062.
Rustan, E, Abduh, N.K. 2020. Cultural Value-Based Design for Learning Speaking For Foreign Indonesian Language Learners. asian Efl Journal Research.
Santika, I. G. N. (2021). Tinjauan Historis Terhadap Keppres No. 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pancasila. VYAVAHARA DUTA, 16(2), 149-159.
Santika, I. G. N., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN IPA. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 10(1), 207-212.
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Ditinjau dari Perspektif Teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464-472.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung.
Swarniti, N. W. (2020). Fenomena Morfologi pada Berita-Berita di CNN Indonesia Mengenai Covid-19: Kajian Linguistik. In COVID-19 Perspektif Susastra dan Filsafat (p. 93). Yayasan Kita Menulis.
Swarniti, N. W. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 133-144.
Swarniti, N. W. (2021). The Analysis of Semantics Meaning Found In Comments of Instagram Account of Info Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMNALISA), 193–199.
Swarniti, N. W. (2021). Translation Methods Found in New Testament Bible of Mark’s Gospel. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 7(2), 172–179. https://doi.org/https://doi.org/10.22225/jr.7.2.3823.172-179
Sutika, I. M. (2014). MENGELOLA KETRAMPILAN KOMUNIKASI NON VERBAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Widya Accarya, 3(1).
Tania, Lisa, and Joni Susilowibowo. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya,” 9.
Wahyuni, N. P. S., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). IMPLEMENTASI METODE EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 50-61.
Wardianti, Yunita, and Ria Dwi Jayati. 2018. “Validitas Modul Biologi Berbasis Kearifan Lokal.” BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains 1 (2): 136–42.https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.366.
Wiratman, A, M Mustaji, and W Widodo. 2019. “The Effect of Activity Sheet Based on Outdoor Learning on Student’s Science Process Skills.” Journal of Physics: Conference Series 1157 (February): 022007. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022007.
Yakop, M. T. H, M. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Cerita Rakyat Aceh Berbasis Kearivan Lokal Untuk Membentuk Karakter Siswa SMP Di Kota Langsa.” Jurnal Metafora, 7(2).
Yolanda, Fitriana, and Putri Wahyuni. n.d. “Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash” 4 (2): 8.