Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting dalam Menunjang Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Kelas Xii APHP 1 SMKN Wongsorejo
Main Article Content
Abstract
Selama masa pandemi covid-19 pelaksanaan pembelajaran di sekolah harus dilaksanakan secara online atau dalam jaringan (daring), hal ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19 demi kesehatan dan keselamatan warga sekolah, guru, peserta didik, keluarganya, dan juga masyarakat. Untuk itu membutuhkan strategi dan penyesuaian yang harus dilakukan oleh guru dan peserta didik. Tidak sedikit kendala dalam pelaksanaan pembelajaran PPKn selama masa pandemi covid-19 yang dialami dalam pembelajaran daring, apalagi pada masyarakat Wongsorejo, yang terletak di ujung Utara Kabupaten Banyuwangi, yang merupakan ujung Timur Pulau Jawa, dimana para peserta didik sebagian besar dari keluarga menengah ke bawah. Penelitian aplikatif yang penulis lakukan ini terkait dengan penggunaan google classroom dan zoom meeting dalam pembelajaran PPKn pada kelas XII APHP (Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian) 1 yang merupakan salah satu strategi yang penulis terapkan dalam pembelajaran selama masa pandemi covid-19. Dalam praktiknya, kedua aplikasi tersebut dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran dengan tergambar dari hasil pembelajaran, meski menunjukan hasil dengan grafik yang naik dan turun, yang perlu untuk dilakukan evaluasi guna penelitian untuk solusi lebih lanjut guna keberhasilan pembelajaran.
Article Details
How to Cite
Wijaya, Y. D. (2021). Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting dalam Menunjang Pelaksanaan Pembelajaran PPKn Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Kelas Xii APHP 1 SMKN Wongsorejo. Widya Accarya, 12(2), 288-305. https://doi.org/10.46650/wa.12.2.1141.288-305
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Fauziyah, Minik Rinayanti, 2020, Cara Praktis Menggunakan Google Classroom, Deeppublish, Yogyakarta.
Danin Haqien dan Aqiilah Afiifadiyah Rahman, Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19, SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol. 5 No. 1 Agustus 2020, tersedia (online): https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/2101911 , diakses pada 21 Juni 2021
Amin Hasan, 2021, Pengertian, Karakteristik, dan Manfaat E-learning, tersedia online: http://www.smkbkujkt.sch.id/read/16/pengertian-karaktiristik-dan-manfaat-eLearning , diakses tanggal 21 Juni 2021.
Ati Rosidah, 2020, Pemanfaatan Google Classroom untuk Pembelajaran Online, tersedia (online): https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-google-classroom-untuk-pembelajaran-online/ , diakses tanggal 21 Juni 2021.
Lede, D. A. S., & Swarniti, N. W. (2020). IMPROVING THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY USING TREE DIAGRAM ON THE EIGHTH GRADE STUDENTS’ OF SMP DWIJENDRA IN THE ACADEMIC YEAR 2019/2020. Widyasrama, 30(2), 51–57.
Santika, I. G. N. (2020a). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2020b). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid- 19 : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(2), 127–137. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28437
Santika, I. G. N. (2021a). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
Santika, I. G. N. (2021b). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2021c). Tinjauan Historis Terhadap Keppres No. 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pancasila. Vyavahara Duta, XVI(2), 5–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/vd.v16i2.2384
Santika, I. G. N., Kartika, I. M., Ayu, I. G., & Darwati, M. (2021). Reviewing The Handling Of Covid-19 In Indonesia In The Perspective Of The Pancasila Element Theory ( TEP ). Jurnal Etika Demokrasi (JED), 6(2), 40–51. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.5272
Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2018). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Inovasi Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora-InoBali, 79, 981–990.
Swarniti, N. W. (2020). Fenomena Morfologi pada Berita-Berita di CNN Indonesia Mengenai Covid-19: Kajian Linguistik. In COVID-19 Perspektif Susastra dan Filsafat (p. 93). Yayasan Kita Menulis.
Swarniti, N. W. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 133-144.
Sucahyono MJ., 2016, Guru Pembelajar, Modul Pelatihan SD Kelas Awal, tersedia (online): http://repositori.kemdikbud.go.id/1034/1/Gabung%20Rekon%20SD%20awal%20kk%20G.ok.pdf, di akses pada 21 Juni 2021.
Danin Haqien dan Aqiilah Afiifadiyah Rahman, Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19, SAP (Susunan Artikel Pendidikan) Vol. 5 No. 1 Agustus 2020, tersedia (online): https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/2101911 , diakses pada 21 Juni 2021
Amin Hasan, 2021, Pengertian, Karakteristik, dan Manfaat E-learning, tersedia online: http://www.smkbkujkt.sch.id/read/16/pengertian-karaktiristik-dan-manfaat-eLearning , diakses tanggal 21 Juni 2021.
Ati Rosidah, 2020, Pemanfaatan Google Classroom untuk Pembelajaran Online, tersedia (online): https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/pemanfaatan-google-classroom-untuk-pembelajaran-online/ , diakses tanggal 21 Juni 2021.
Lede, D. A. S., & Swarniti, N. W. (2020). IMPROVING THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY USING TREE DIAGRAM ON THE EIGHTH GRADE STUDENTS’ OF SMP DWIJENDRA IN THE ACADEMIC YEAR 2019/2020. Widyasrama, 30(2), 51–57.
Santika, I. G. N. (2020a). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2020b). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid- 19 : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(2), 127–137. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28437
Santika, I. G. N. (2021a). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
Santika, I. G. N. (2021b). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2021c). Tinjauan Historis Terhadap Keppres No. 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pancasila. Vyavahara Duta, XVI(2), 5–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/vd.v16i2.2384
Santika, I. G. N., Kartika, I. M., Ayu, I. G., & Darwati, M. (2021). Reviewing The Handling Of Covid-19 In Indonesia In The Perspective Of The Pancasila Element Theory ( TEP ). Jurnal Etika Demokrasi (JED), 6(2), 40–51. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.5272
Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2018). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Inovasi Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora-InoBali, 79, 981–990.
Swarniti, N. W. (2020). Fenomena Morfologi pada Berita-Berita di CNN Indonesia Mengenai Covid-19: Kajian Linguistik. In COVID-19 Perspektif Susastra dan Filsafat (p. 93). Yayasan Kita Menulis.
Swarniti, N. W. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 133-144.
Sucahyono MJ., 2016, Guru Pembelajar, Modul Pelatihan SD Kelas Awal, tersedia (online): http://repositori.kemdikbud.go.id/1034/1/Gabung%20Rekon%20SD%20awal%20kk%20G.ok.pdf, di akses pada 21 Juni 2021.