Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Unsur Teks Cerita Fantasi Dengan Metode Numbered Head Together (NHT) Pada Kelas VII A SMP Raj Yamuna Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Article Content

Ririn Dwi Lestari
Ni Wayan Murni
I Ketut Suar Adnyana

Abstract

Apresiasi dapat dilakukan dengan membaca cerita fantasi dan merangkum berdasarkan unsur yang terdapat dalam teks cerita fantasi. Unsur cerita dibagi menjadi dua yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Oleh karena itu penelitian tentang “Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Unsur Teks Cerita Fantasi dengan Metode Numbered Head Together (NHT) pada kelas VII SMP Raj Yamuna tahun pelajaran 2017/2018”. Penelitian ini menjadi pertimbangan dalam meningkatan kemampuan peserta didik dalam mengapresiasi teks cerita fantasi. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya minat siswa dalam mengapresiasi cerita. Dalam penelitian ini permasalahannya adalah metode NHT dapat meningkatkan kemampuan siswa dan respon siswa setelah menggunakan metode NHT. Teori yang digunakan adalah teori teks cerita fantasi. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan metode dokumentasi. Metode observasi dilakukan dengan cara mengamati secara langsung proses pembelajaran. Sedangkan metode dokumentasi sebagai bahan pendukung. Teknik yang digunakan adalah teknik kuesioner yang berfungsi sebagai penilaian respon dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan dalam penerapan metode NHT pada saat proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penerapan metode NHT dapat dijadikan alternatif dalam mengatasi kejenuhan peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan metode NHT peserta didik dapat berkomunikasi dan saling bekerja sama dengan teman lainnya.

Article Details

How to Cite
Dwi Lestari, R., Murni, N. W., & Suar Adnyana, I. K. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Unsur Teks Cerita Fantasi Dengan Metode Numbered Head Together (NHT) Pada Kelas VII A SMP Raj Yamuna Tahun Pelajaran 2017/2018. Widya Accarya, 12(2), 276-287. https://doi.org/10.46650/wa.12.2.1137.276-287
Section
Articles

References

Artati, Budi dan Uti Darmawati, 2016. Bahasa Indonesia SMP kelas VII Semester 1. Klaten: Intan Pariwara.
Berta, M. O., & Swarniti, N. W. (2020). IMPROVING THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH WORD SQUARE GAME AT THE EIGHTH GRADE OF SMP DWIJENDRA DENPASAR IN THE ACADEMIC YEAR 2019/2020. Widyasrama, 30(2), 18–25.
Fajria, Najmi. 2017. “Pelaksanaan Pembelajaran Teks Cerita Fantasi di kelas VII F SMP Negeri
8 Yogyakarta” (Skripsi), Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.
Lede, D. A. S., & Swarniti, N. W. (2020). IMPROVING THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY USING TREE DIAGRAM ON THE EIGHTH GRADE STUDENTS’ OF SMP DWIJENDRA IN THE ACADEMIC YEAR 2019/2020. Widyasrama, 30(2), 51–57.
Rahayu, Neneng. 2017. “Penggunaan Komik sebagai Media Pembelajaran untuk meningkatkan Kemampuan Mengapresiasikan Cerita Fantasi pada peserta didik kelas VII A SMP Negeri
3 Subang tahun Pelajaran 2016-2017” (Jurnal Ilmiah), Subang: Guru SMP Negeri 3 Subang FKIP Universitas Subang.
Krisno, Agus. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Nafisah, Durratun dkk. 2012. “Karakteristik Cerita Fantasi Anak Indonesia Periode 2000-2010” (Skripsi), Malang: Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Universitas Negeri Malang.
Nofia, Elin dkk. 2018. “ Tokoh dan Penokohan dalam Teks Cerita Fantasi karya siswa kelas VII SMP Negeri 1 Payakumbuh” (Skripsi), Padang: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Padang.
Rizkiah, Finny dkk. 2018. “Struktur dan Kebahasaan Teks Cerita Fantasi karya siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium” (Jurnal), Padang: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Padang.
Santika, I. G. N. (2017). Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya, 7(1). http://103.39.12.42/index.php/widyaaccarya/article/view/898
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya, 9(1).
Santika, I. G. N. (2021a). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
Santika, I. G. N. (2021b). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2021c). Tinjauan Historis Terhadap Keppres No. 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pancasila. Vyavahara Duta, XVI(2), 5–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/vd.v16i2.2384

Suryani, Wadu. dan Adnyana, I Ketut Suar. 2018. Tindak Tutur Direktif dalam Novel Harmony dalam Tanda Tanya (?) Karya Melvi Yendra & Andriyati Stilistika Volume 9, Nomor 2, Mei 2021.
Swarniti, N. W. (2020). Fenomena Morfologi pada Berita-Berita di CNN Indonesia Mengenai Covid-19: Kajian Linguistik. In COVID-19 Perspektif Susastra dan Filsafat (p. 93). Yayasan Kita Menulis.