Blended Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas VII E Di SMP Dwijendra Tahun Pelajaran 2020/2021

Main Article Content

I Made Sutika
Putu Ronny Angga Mahendra
Elisabeth Nale

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan  blended learning dalam meningkatkan hasl belajar siswa pada mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VII E Di SMP Dwijendra Denpasar   Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan masing-masing siklus dilakukan dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun  metode pengumpulan data yang digunakan adalah ; test, obsevasi dan wawancara dan pencatatan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif dan kwantitatif  karena penyajian hasil penelitian disajikan dalam bentuk angka-angka kemudian didiskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian dari Penerapan blended learning dapat  meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif, hal ini dapat dilihat dari kenaikan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Sebelum diterapkannya blended learning di pra-siklus mencapai hanya 64% yang tuntas kepada 31 siswa, berarti ada 36% siswa yang belum tuntas. Pada siklus 1 dilakukan tindakan dengan menerapkan blended learning, maka siswa yang tuntas sebanyak 67% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 33%. Pada siklus 2 dilakukan tindakan yang sama, yaitu dengan menerapkan blended learning, maka siswa yang tuntas sebanyak 93% dan siswa yang belum tuntas sebesar7%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan blended learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn siswa kelas VII E Di SMP Dwijendra Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021.

Article Details

How to Cite
I Made Sutika, Ronny Angga Mahendra, P., & Nale, E. (2021). Blended Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Pada Siswa Kelas VII E Di SMP Dwijendra Tahun Pelajaran 2020/2021. Widya Accarya, 12(2), 239-250. https://doi.org/10.46650/wa.12.2.1132.239-250
Section
Articles

References

Arends, T.I. (2012). Learning to teach ninth edition. New York: McGraw- Hill
Arikunto, s., dkk. (2012). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: bumi aksara.
Berta, M. O., & Swarniti, N. W. (2020). IMPROVING THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH WORD SQUARE GAME AT THE EIGHTH GRADE OF SMP DWIJENDRA DENPASAR IN THE ACADEMIC YEAR 2019/2020. Widyasrama, 30(2), 18–25.
Dewantara, K. H. (2011). Bagian pertama: pendidikan (Cetakan Ke). Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Dwiyogo. Wasis. D. (2018). Pembelajaran berbasis blended learning. Depok: PT
Dwiyogo. Wasis. D. (2018). Pembelajaran berbasis blended learning. Depok: PT
Google Kelas - Wikipedia Bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. Akses 03 Mei 2021.
Hardiyana, Andri. (2015). Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah. Cirebon: SMA Negeri 1 Losari.
Husamah. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terampil Memadukan Keunggulan Pembelajaran Face-To-Face, E-learning Offline-Online, dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Lede, D. A. S., & Swarniti, N. W. (2020). IMPROVING THE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY USING TREE DIAGRAM ON THE EIGHTH GRADE STUDENTS’ OF SMP DWIJENDRA IN THE ACADEMIC YEAR 2019/2020. Widyasrama, 30(2), 51–57.
Priantini, D.A.M.M.O. (2020). Disorintasi Self Regulated Learning Dan Motivasi Dasar Memupuk Naluri Berprestasi. Jurnal Pendidikan Agama dan Budaya. 3(2).
Priantini,D.A.M.M.O.(2017).Pengembangan Profesi Tenaga Pendidik Dalam Menciptakan {endidikan Yang Berkualitas. Widya Accarya.8(2). DOI: https://doi.org/10.46650/wa.8.2.507.%25p
Priantini, D.A.M.M.O 2018). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 1 Yehkuning. Widya Accarya. 9(1). DOI: https://doi.org/10.46650/wa.9.1.603.%25p
Rabeh Morrar, dkk. (2017). The Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0): A Social Innovation Perspective. Technology Innovation Management Review. 7(11): 13
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya, 9(1).
Santika, I. G. N. (2020). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2021a). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
Santika, I. G. N. (2021b). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Lakeisha.
Santika, I. G. N., Sujana, G., & Winaya, M. A. (2019). Membangun Kesadaran Integratif Bangsa Indonesia Melalui Refleksi Perjalanan Historis Pancasila Dalam Perspektif Konflik Ideologis. Journal of Etika Demokrasi (JED), 4(2), 89–98. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2391
Susarsimi, Arikunto. Ed. 2, (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiriaatmadja, R. (2014). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: PT Remaja
Winaya, M. A. (2019). Gerakan Literasi Sekolah: Strategi Membangun Habitus Literasi di Sekolah Dasar sebagai Upaya Menanggulangi Hoax. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Senada IV): Membangun Budaya Literasi Di Sekolah Dasar.
Winaya, M. A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Tematik Berbantu Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Konsep “Trihitakarana” Terhadap Pemahaman Konsep. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar Volume. 4, Nomor 1 April 2019.
Winaya, M. A. (2020). Pengembangan Nilai-nilai Karakter Anak pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pademi Covid-19 dengan Berbantu Lembar Keja Siswa Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 8 No. 3.
Winaya, M. A. (2021). Developing Tri Hita Karana based Student Worksheet to Improve Primary School Students' Critical Thinking During Learning from Home. Jurnal Media Komunikasi FPIPS Volume 20, Number 1, April 2021.