PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI METODE DEBAT PRO DAN KONTRA PADA SISWA KELAS VIIIB SMPN 3 MENGWI KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Main Article Content

I Gede Sujana

Abstract

ABSTRAK
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn melalui penerapan metode Debat pro dan kontra pada siswa kelas VIIIB SMPN 3 Mengwi Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang bersifat daur siklus berulang. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, dengan menggunakan lembar observasi serta soal-soal tes yang dianalisis menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan data kuantitatif yaitu tes tertulis dan untuk mengukur aktivitas guru dikelas digunakan data kualitatif yaitu lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran metode Debat pro dan kontra  memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya presentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I dan II. Pada siklus I presentase tingkat hasil belajar mencapai 70% dan ketuntasan klasikal mencapai 90%. Setelah dilaksanakan perbaikan pada tindakan siklus II presentase tingkat hasil belajar siswa mampu mencapai  85 % dan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM)  dari penelitian ini adalah 75.
 
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Debat Pro dan Kontra, Hasil Belajar, PPKn.

Article Details

How to Cite
Sujana, I. G. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn MELALUI METODE DEBAT PRO DAN KONTRA PADA SISWA KELAS VIIIB SMPN 3 MENGWI KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Widya Accarya, 12(1), 98-107. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1062.98-107
Section
Articles

References

Ahmadi, Abu.1997. Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia. Bandung.

Arikunto, Suharsimi, 2009, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : PT. Aksara.

Depdiknas, 2006, Pendekatan dan Metode Pembelajaran PPKn SMP, Jakarta : Depdiknas.

Hamruni, 2009, Strategi dan Model Pembelajaran Aktif menyenangkan, Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Herring, Jonathan. 2017. Cara tepat berdebat secara cerdas, meyakinkan, dan positif. Jakarta. BIP

Kaelan, 2004. Pendidikan Pancasila. Paradigma: Yogyakarta

Santika, I. G. N. (2020). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Jawa Tengah: Lakeisha.

Santika, I. G. N. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Jawa Tengah: Lakeisha.

Santika, I. G. N., Sujana, G., & Winaya., M. A. (2019). Membangun Kesadaran Integratif Bangsa Indonesia Melalui Refleksi Perjalanan Historis Pancasila Dalam Perspektif Konflik Ideologis. Jurnal Etika Demokrasi (JED). 4 (2), 89-98. https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2391

Santika, I. G. N., Purnawijaya, I. P. E., & Sujana, I. G. (2019). Membangun Kualitas Sistem Politik Demokrasi Indonesia Melalui Pemilu Dalam Perspektif Integrasi Bangsa Dengan Berorientasikan Roh Ideologi Pancasila. Seminar Nasional 1 Hukum dan Kewarganegaraan. 1 (1), 74-85

Santika, I. G. N. (2017). Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1).

Santika, I. G. N. (2020). Menelisik Akar Kegaduhan Bangsa Indonesia Pasca Disetujuinya Hasil Revisi UU KPK Dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 6 (1), 6-36. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001

Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2019). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Inobali 2019, 79, 981–990

Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).

Sardiman, A.M., 2010, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Rajawali Press.

Silberman, L, Melvin. 1996. Aktive Learning. Bandung: Nusamedia.

Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono, 2013, Metodologi Penelitian kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sujana, Nana, 2005, Penilaian Hasil Proses Belajar, Bandung : Remaja Rosdakara.

Swarniti, N. W. (2019). The Translation Procedures of Bible Translation. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 5(2), 187–196. https://doi.org/10.22225/jr.5.2.1277.187-196
Tarigan, H. G. 2013. Menulis sebagai sesuatu ketrampilan berbahasa. Bandung: Angkasa