KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN DI SDN KEBONDALEM MOJOSARI

  • Azza Maghfira Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Apri Irianto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Via Yustitia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Pembelajaran lintas kurikulum berfokus pada penguatan pendidikan karakter 2013 dalam setiap materi. Namun yang terjadi masih banyak kasus penyimpangan dan akhlak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan karakter kepedulian sosial melalui pembelajaran di SDN Kebondalem Mojosari. Sumber data yang digunakan adalah pricipal, guru dan siswa kelas 4. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Kebondalem Mojosari menetapkan 5 karakter. Religius, mandiri, kreatif, berintegritas dan seksi dalam berkarya. Karakter kepedulian sosial dilakukan dengan pembuatan skenario rencana pemikir, pengalaman, interaksi, komunikasi, refleksi dan inovasi. Pembelajaran karakter peduli sosial terintegrasi melalui konsep pemikir. Adanya buku yang telah disepakati antara pengasuh, guru dan siswa. Metode tutor sebaya di kelas 4 yang bertujuan untuk membantu teman yang belum memahami materi pelajaran. Ringkasan dan saran tersebut diberikan agar hasil penelitian dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi pendidik yang ingin mengembangkan karakter peduli sosial melalui pembelajaran di sekolah.
Published
2021-04-30