KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN DI SDN KEBONDALEM MOJOSARI
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran lintas kurikulum berfokus pada penguatan pendidikan karakter 2013 dalam setiap materi. Namun yang terjadi masih banyak kasus penyimpangan dan akhlak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan karakter kepedulian sosial melalui pembelajaran di SDN Kebondalem Mojosari. Sumber data yang digunakan adalah pricipal, guru dan siswa kelas 4. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN Kebondalem Mojosari menetapkan 5 karakter. Religius, mandiri, kreatif, berintegritas dan seksi dalam berkarya. Karakter kepedulian sosial dilakukan dengan pembuatan skenario rencana pemikir, pengalaman, interaksi, komunikasi, refleksi dan inovasi. Pembelajaran karakter peduli sosial terintegrasi melalui konsep pemikir. Adanya buku yang telah disepakati antara pengasuh, guru dan siswa. Metode tutor sebaya di kelas 4 yang bertujuan untuk membantu teman yang belum memahami materi pelajaran. Ringkasan dan saran tersebut diberikan agar hasil penelitian dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi pendidik yang ingin mengembangkan karakter peduli sosial melalui pembelajaran di sekolah.
Article Details
How to Cite
Azza Maghfira, Apri Irianto, & Via Yustitia. (2021). KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN DI SDN KEBONDALEM MOJOSARI. Widya Accarya, 12(1), 70-76. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1057.70-76
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Cahyani, R. P. (2020). Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik di SDN Kebondalem Mojosari. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20 (3).
Fanny, A. M. (2019, March). Analysis Of Pedagogical Skills And Readiness Of Elementary School Teachers In Support Of The Implementation Of The 2013 Curriculum. In International Conference on Bussiness Law and Pedagogy (Vol. 1, No. 1, pp. 59-63).
Koesoema Doni A. (2007). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Jaman Global. Jakarta: PT Grasindo.
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(2), 141-156.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.
Rezkita, S., & Wardani, K. (2018). Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Trihayu, 4(2), 259008.
Permendiknas Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional, Pasal 3.
Safitri, D. D. (2018). Managing school based on character building in the context of religious school culture (Case in Indonesia). Journal of Social Studies Education Research, 9(4), 274-294.
Santika, I. G. N. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Jawa Tengah: Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).
Santika, I Gusti Ngurah. 2017. Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1).
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta .
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Via, Y. (2017). Kemampuan Analisis Mahasiswa PGSD Terhadap Tujuan Pembelajaran Dimensi
Kognitif pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1).
Yustitia, V., & Wardani, I. S. (2017, August). Authentic assessment analysis based on the KKNI curriculum in applied statistics learning. In Ideas for 21st Century Education: Proceedings of the Asian Education Symposium (AES 2016), November 22-23, 2016, Bandung, Indonesia (p. 55). Routledge.
Fanny, A. M. (2019, March). Analysis Of Pedagogical Skills And Readiness Of Elementary School Teachers In Support Of The Implementation Of The 2013 Curriculum. In International Conference on Bussiness Law and Pedagogy (Vol. 1, No. 1, pp. 59-63).
Koesoema Doni A. (2007). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Jaman Global. Jakarta: PT Grasindo.
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(2), 141-156.
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.
Rezkita, S., & Wardani, K. (2018). Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar. Trihayu, 4(2), 259008.
Permendiknas Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional, Pasal 3.
Safitri, D. D. (2018). Managing school based on character building in the context of religious school culture (Case in Indonesia). Journal of Social Studies Education Research, 9(4), 274-294.
Santika, I. G. N. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Jawa Tengah: Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).
Santika, I Gusti Ngurah. 2017. Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1).
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta .
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Via, Y. (2017). Kemampuan Analisis Mahasiswa PGSD Terhadap Tujuan Pembelajaran Dimensi
Kognitif pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1).
Yustitia, V., & Wardani, I. S. (2017, August). Authentic assessment analysis based on the KKNI curriculum in applied statistics learning. In Ideas for 21st Century Education: Proceedings of the Asian Education Symposium (AES 2016), November 22-23, 2016, Bandung, Indonesia (p. 55). Routledge.