MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SD YPPK SANTO YOSEPH 1 BIAK DALAM MEMAHAMI UNSUR-UNSUR CERPEN
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Bahasa adalah salah satu komponen cerita. Sebagian besar cerita bahasa terlalu "berat" untuk anak-anak. Oleh karena itu, materi tentang cerita anak-anak diambil sebagai salah satu materi dalam pelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan di SD YPPK Santo Yoseph 1 Biak terlihat bahwa kemampuan siswa untuk memahami cerita itu baik tetapi unsur intrinsik dari cerita pendek tersebut tidak dengan apa yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kelas VA SD YPPK Saint Yoseph 1 Biak dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus. Populasi yang digunakan sebagai objek penelitian adalah siswa kelas VA SD YPPK St. Yoseph 1 Biak, yang terdiri dari 23 orang yang terdiri dari 11 wanita dan 12 pria. Teknik pengumpulan data observasi, tes dan penentuan skor. Hasil penelitian ini adalah siswa VA SD YPPK St. Yoseph 1 telah mampu memahami unsur intrinsik cerpen dengan baik dan benar.
Bahasa adalah salah satu komponen cerita. Sebagian besar cerita bahasa terlalu "berat" untuk anak-anak. Oleh karena itu, materi tentang cerita anak-anak diambil sebagai salah satu materi dalam pelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan di SD YPPK Santo Yoseph 1 Biak terlihat bahwa kemampuan siswa untuk memahami cerita itu baik tetapi unsur intrinsik dari cerita pendek tersebut tidak dengan apa yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kelas VA SD YPPK Saint Yoseph 1 Biak dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus. Populasi yang digunakan sebagai objek penelitian adalah siswa kelas VA SD YPPK St. Yoseph 1 Biak, yang terdiri dari 23 orang yang terdiri dari 11 wanita dan 12 pria. Teknik pengumpulan data observasi, tes dan penentuan skor. Hasil penelitian ini adalah siswa VA SD YPPK St. Yoseph 1 telah mampu memahami unsur intrinsik cerpen dengan baik dan benar.
Article Details
How to Cite
Kiki Erisita Payug, Beatus Mendelson Laka, & Agus Boy Fatubun. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SD YPPK SANTO YOSEPH 1 BIAK DALAM MEMAHAMI UNSUR-UNSUR CERPEN. Widya Accarya, 12(1), 49-60. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1055.49-60
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Aschalew T. (2012). Persepsi Guru Dan Praktik Pembelajaran Aktif Di Universitas Haramaya, Ethiopia Timur: Kasus Fakultas Pendidikan. Jurnal Penelitian, 1 (4), 74-83.
Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Di antara Peserta Didik. Yogyakarta: Sastra Mahasiswa.
Iskandar. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.
Kosasih. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Besastra. Bandung.Yrama Widya.
N. H, Peni. (2010). Jurnalisme: Media Anak Kreatif. Surabaya: Insan Cendekia.
Nurkancana, I Wayan & Sunartana. (1992). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Bisnis Nasional
Poerwadarminta, W.J., S. (2011). Kamus Umum Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga.
Rusman. (2011). Model Pembelajaran, Cetak Keempat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).
Santika, I. G. N. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Jawa Tengah: Lakeisha
Santika, I Gusti Ngurah. 2017. Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1)
Santika, I. G. N. (2020). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 6 (2), 127-137. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28437
Swarniti, N. W. (2019). The Translation Procedures of Bible Translation. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 5(2), 187–196. https://doi.org/10.22225/jr.5.2.1277.187-196
Swarniti, N. W. (2021). A Corpus Based Approach to the Analysis of Structures in Prepositional Phrase. Yavana Bhasha: Journal of English Language Education, 4(1), 18–22.
Tarigan, Henry Thunder. (1984). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Luar Angkasa.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terintegrasi. Jakarta: Literasi Bumi.
Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Di antara Peserta Didik. Yogyakarta: Sastra Mahasiswa.
Iskandar. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.
Kosasih. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Besastra. Bandung.Yrama Widya.
N. H, Peni. (2010). Jurnalisme: Media Anak Kreatif. Surabaya: Insan Cendekia.
Nurkancana, I Wayan & Sunartana. (1992). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Bisnis Nasional
Poerwadarminta, W.J., S. (2011). Kamus Umum Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga.
Rusman. (2011). Model Pembelajaran, Cetak Keempat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).
Santika, I. G. N. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Jawa Tengah: Lakeisha
Santika, I Gusti Ngurah. 2017. Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1)
Santika, I. G. N. (2020). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 6 (2), 127-137. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28437
Swarniti, N. W. (2019). The Translation Procedures of Bible Translation. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 5(2), 187–196. https://doi.org/10.22225/jr.5.2.1277.187-196
Swarniti, N. W. (2021). A Corpus Based Approach to the Analysis of Structures in Prepositional Phrase. Yavana Bhasha: Journal of English Language Education, 4(1), 18–22.
Tarigan, Henry Thunder. (1984). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Luar Angkasa.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terintegrasi. Jakarta: Literasi Bumi.