MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SD YPPK SANTO YOSEPH 1 BIAK DALAM MEMAHAMI UNSUR-UNSUR CERPEN

Main Article Content

Kiki Erisita Payug
Beatus Mendelson Laka
Agus Boy Fatubun

Abstract

Abstrak
Bahasa adalah salah satu komponen cerita. Sebagian besar cerita bahasa terlalu "berat" untuk anak-anak. Oleh karena itu, materi tentang cerita anak-anak diambil sebagai salah satu materi dalam pelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan di SD YPPK Santo Yoseph 1 Biak terlihat bahwa kemampuan siswa untuk memahami cerita itu baik tetapi unsur intrinsik dari cerita pendek tersebut tidak dengan apa yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kelas VA SD YPPK Saint Yoseph 1 Biak dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus. Populasi yang digunakan sebagai objek penelitian adalah siswa kelas VA SD YPPK St. Yoseph 1 Biak, yang terdiri dari 23 orang yang terdiri dari 11 wanita dan 12 pria. Teknik pengumpulan data observasi, tes dan penentuan skor. Hasil penelitian ini adalah siswa VA SD YPPK St. Yoseph 1 telah mampu memahami unsur intrinsik cerpen dengan baik dan benar.

Article Details

How to Cite
Kiki Erisita Payug, Beatus Mendelson Laka, & Agus Boy Fatubun. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SD YPPK SANTO YOSEPH 1 BIAK DALAM MEMAHAMI UNSUR-UNSUR CERPEN. Widya Accarya, 12(1), 49-60. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1055.49-60
Section
Articles

References

Aschalew T. (2012). Persepsi Guru Dan Praktik Pembelajaran Aktif Di Universitas Haramaya, Ethiopia Timur: Kasus Fakultas Pendidikan. Jurnal Penelitian, 1 (4), 74-83.

Isjoni. (2010). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Di antara Peserta Didik. Yogyakarta: Sastra Mahasiswa.

Iskandar. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.

Kosasih. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Besastra. Bandung.Yrama Widya.

N. H, Peni. (2010). Jurnalisme: Media Anak Kreatif. Surabaya: Insan Cendekia.

Nurkancana, I Wayan & Sunartana. (1992). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Bisnis Nasional

Poerwadarminta, W.J., S. (2011). Kamus Umum Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga.

Rusman. (2011). Model Pembelajaran, Cetak Keempat. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).

Santika, I. G. N. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Jawa Tengah: Lakeisha

Santika, I Gusti Ngurah. 2017. Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1)

Santika, I. G. N. (2020). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 6 (2), 127-137. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28437

Swarniti, N. W. (2019). The Translation Procedures of Bible Translation. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 5(2), 187–196. https://doi.org/10.22225/jr.5.2.1277.187-196
Swarniti, N. W. (2021). A Corpus Based Approach to the Analysis of Structures in Prepositional Phrase. Yavana Bhasha: Journal of English Language Education, 4(1), 18–22.

Tarigan, Henry Thunder. (1984). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Luar Angkasa.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terintegrasi. Jakarta: Literasi Bumi.