TINJAUAN HISTORIS PERJALANAN PANCASILA (SEJAK PENETAPANNYA SEBAGAI DASAR NEGARA HINGGA REFORMASI)
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah perjalanan Pancasila mulai dari penetapannya sebagai dasar negara hingga reformasi. Metode yang diaplikasikan dalam penelitian ini deskriptif kualititatif. Metode pengumpulan data yang dimanfaatkan dalam penelitian adalah studi dokumentasi dan literatur. Adapun hasil penelitian ini menunjukan, bahwa Pancasila pada masa revolusi kemerdekaan belum berjalan sebagaimana mestinya. Pancasila dalam Konstitusi RIS berbeda sekali dengan nilai-nilai Pancasila yang terkandung pada UUD 1945. Pancasila pada masa Orde Lama sama sekali tidak dilaksanakan, melainkan justru diselewengkan melalui tindakannya. Pancasila di era Orde Baru dimanipulasi dengan berbagai tafsir yang tujuannya untuk menutupi segala kebijakannya yang menyimpang. Pancasila di era reformasi semakin tenggelam oleh hiruk pikuk perkembangan kehidupan politik dan demokrasi di Indonesia yang ditandai dengan kebebasan.
Kata Kunci: Perjalanan Pancasila, Dasar Negara, dan Reformasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah perjalanan Pancasila mulai dari penetapannya sebagai dasar negara hingga reformasi. Metode yang diaplikasikan dalam penelitian ini deskriptif kualititatif. Metode pengumpulan data yang dimanfaatkan dalam penelitian adalah studi dokumentasi dan literatur. Adapun hasil penelitian ini menunjukan, bahwa Pancasila pada masa revolusi kemerdekaan belum berjalan sebagaimana mestinya. Pancasila dalam Konstitusi RIS berbeda sekali dengan nilai-nilai Pancasila yang terkandung pada UUD 1945. Pancasila pada masa Orde Lama sama sekali tidak dilaksanakan, melainkan justru diselewengkan melalui tindakannya. Pancasila di era Orde Baru dimanipulasi dengan berbagai tafsir yang tujuannya untuk menutupi segala kebijakannya yang menyimpang. Pancasila di era reformasi semakin tenggelam oleh hiruk pikuk perkembangan kehidupan politik dan demokrasi di Indonesia yang ditandai dengan kebebasan.
Kata Kunci: Perjalanan Pancasila, Dasar Negara, dan Reformasi
Article Details
How to Cite
PELLOKILA, J. (2021). TINJAUAN HISTORIS PERJALANAN PANCASILA (SEJAK PENETAPANNYA SEBAGAI DASAR NEGARA HINGGA REFORMASI). Widya Accarya, 12(1), 40-48. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1035.40-48
Section
Articles
An author who publishes in the Widya Accarya agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
References
Halim, Al. (2016). Posisi Ideologi Pancasila dalam Sistem K3tatangaraan: Suatu Kajian Filsafat. Seminar Nasional Hukum, 2 (1).
I Gede Sujana. 2016. Eksistensi Politik Hukum Perundang-Undangan dalam Sistem Ketatanegaraan Republik Indonesia. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra ISSN No. 2085-0018, (https://ejournal.undwi.ac.id, diakses 2 Januari 2021)
Meinarno, Eko. A dan Mashoedi, Sri Fatmawati. (2016). Pembuktiian Kekuataan Hubungan Antara Nilai-Nilai Pancasila Dengan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Nahuddin, Yusuf Ekoo. (2017). Pemilihan Umum Dalam Sistem Demokrasi Perspektiif Sila Ke-4 Pancasila. Jurnal CakrawalaHukum, 8 (2).
Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2019). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Inobali 2019, 79, 981–990
Santika, I. G. N., Sujana, G., & Winaya., M. A. (2019). Membangun Kesadaran Integratif Bangsa Indonesia Melalui Refleksi Perjalanan Historis Pancasila Dalam Perspektif Konflik Ideologis. Jurnal Etika Demokrasi (JED). 4 (2), 89-98. https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2391
Santika, I. G. N., Purnawijaya, I. P. E., & Sujana, I. G. (2019). Membangun Kualitas Sistem Politik Demokrasi Indonesia Melalui Pemilu Dalam Perspektif Integrasi Bangsa Dengan Berorientasikan Roh Ideologi Pancasila. Seminar Nasional 1 Hukum dan Kewarganegaraan. 1 (1), 74-85. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnashk/article/view/1665
Santika, I. G. N. (2019). Presidensialisme Dan Problematika Mekanisme Impeachment Presiden Dan/Atau Wakil Presiden Berdasarkan UUD 1945 Pasca Perubahan (Perspektif Pergulatan Hukum Dan Politik). Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 5 (1), 23-34. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v5i1.18777
Santika, I. G. N. (2020). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Jawa Tengah: Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2020). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 6 (2), 127-137. : http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28437
Santika, I Gusti Ngurah. 2017. Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1).
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).
Santika, I. G. N. (2020). Menelisik Akar Kegaduhan Bangsa Indonesia Pasca Disetujuinya Hasil Revisi UU KPK Dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 6 (1), 6-36. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001
Santika, I. G. N. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Jawa Tengah: Lakeisha
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).
Sarjana, I. D. G. (2020). Perumusan Pancasila Dalam Sidang BPUPKI. OSF.OI
Sila, I. M., Purana, I. M., & Awa, A. R. B. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pelaksanaan Upacara Adat Purung Ta Kadonga Ratu Pada Masyarakat Desa Makatakeri Kecamatan Katikutana Kabupaten Sumba Tengah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Widya Accarya. 11 (1). 84-96
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
I Gede Sujana. 2016. Eksistensi Politik Hukum Perundang-Undangan dalam Sistem Ketatanegaraan Republik Indonesia. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra ISSN No. 2085-0018, (https://ejournal.undwi.ac.id, diakses 2 Januari 2021)
Meinarno, Eko. A dan Mashoedi, Sri Fatmawati. (2016). Pembuktiian Kekuataan Hubungan Antara Nilai-Nilai Pancasila Dengan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Nahuddin, Yusuf Ekoo. (2017). Pemilihan Umum Dalam Sistem Demokrasi Perspektiif Sila Ke-4 Pancasila. Jurnal CakrawalaHukum, 8 (2).
Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2019). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Inobali 2019, 79, 981–990
Santika, I. G. N., Sujana, G., & Winaya., M. A. (2019). Membangun Kesadaran Integratif Bangsa Indonesia Melalui Refleksi Perjalanan Historis Pancasila Dalam Perspektif Konflik Ideologis. Jurnal Etika Demokrasi (JED). 4 (2), 89-98. https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2391
Santika, I. G. N., Purnawijaya, I. P. E., & Sujana, I. G. (2019). Membangun Kualitas Sistem Politik Demokrasi Indonesia Melalui Pemilu Dalam Perspektif Integrasi Bangsa Dengan Berorientasikan Roh Ideologi Pancasila. Seminar Nasional 1 Hukum dan Kewarganegaraan. 1 (1), 74-85. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnashk/article/view/1665
Santika, I. G. N. (2019). Presidensialisme Dan Problematika Mekanisme Impeachment Presiden Dan/Atau Wakil Presiden Berdasarkan UUD 1945 Pasca Perubahan (Perspektif Pergulatan Hukum Dan Politik). Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 5 (1), 23-34. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v5i1.18777
Santika, I. G. N. (2020). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Jawa Tengah: Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2020). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 6 (2), 127-137. : http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28437
Santika, I Gusti Ngurah. 2017. Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1).
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).
Santika, I. G. N. (2020). Menelisik Akar Kegaduhan Bangsa Indonesia Pasca Disetujuinya Hasil Revisi UU KPK Dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 6 (1), 6-36. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001
Santika, I. G. N. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Jawa Tengah: Lakeisha
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).
Sarjana, I. D. G. (2020). Perumusan Pancasila Dalam Sidang BPUPKI. OSF.OI
Sila, I. M., Purana, I. M., & Awa, A. R. B. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pelaksanaan Upacara Adat Purung Ta Kadonga Ratu Pada Masyarakat Desa Makatakeri Kecamatan Katikutana Kabupaten Sumba Tengah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Widya Accarya. 11 (1). 84-96
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya