Efektivitas Parenting di Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Dewa Nyoman Wija Astawa

Abstract

ABSTRAK
Studi kasus ini mengkaji masalah efektivitas program parenting sebagai salah satu pendekatan yang memungkinkan terbangunnya kesadaran kolektif dalam pendidikan anak. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, studi kasus ini dilaksanakan di Sekolah Sathya Sai Denpasar-Bali, yang memiliki karakteristik yang khas. Data digali melalui observasi mendalam terhadap kegiatan pembelajaran dan lingkungan belajar anak serta FGD (focus group discussion) bersama guru kelas, kepala PAUD, Kepala Sekolah Dasar, pihak yayasan dan orang tua. Setelah dilakukan analisis terhadap teks yang diperoleh dari observasi dan FGD diketahui bahwa Sekolah Sathya Sai telah membuktikan bahwa program parenting sangat efektif dalam pendampingan pendidikan anak, terlebih dalam situasi mewabahnya pandemi covid-19 seperti sekarang ini.
 
Kata kunci: pendidikan nilai kemanusiaan, parenting, kesadaran diri

Article Details

How to Cite
Wija Astawa, D. N. (2021). Efektivitas Parenting di Masa Pandemi Covid-19. Widya Accarya, 12(1), 31-39. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1034.31-39
Section
Articles

References

Astawa, Dewa Nyoman Wija. 2019. Constructing Self Awareness Using Education Human Value. “Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya”.Halaman 259-265 ISSN 2579-9924 (Online) ISSN 2579-9878 (Cetak) Volume 3 No.2 November 2019 http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC
….……… 2019. Influence of Mind Mapping Method Implementation on Learning Results Social Science is Required from Students Interest. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences Available online at https://sloap.org/journals/index.php/irjmis/ Vol. 6 No. 3, May 2019, pages: 94~100 ISSN: 2395-7492 https://doi.org/10.21744/irjmis.v6n3.637
Budiningsih, C. A. 2004. Pembelajaran Moral: Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budayanya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bruce, Rita, 2003. Sathya Sai Parenting, Sri Sathya Sai Books and Publication Trust, Prasanthi Nilayam (India).

Bruce, Rita, 2005. Love of Conscience, Four Aspects of Human Natur, Sri Sathya Sai Books and Publication Trust, Prasanthi Nilayam (India).

Calhoun, C. 1993. Habitus, Field and Capital: The Question of Historical Specificity in Bordieu: Critical Perspectives. Cambridge: Polity Press

Catron, C.E. 2006. Early Childhood Curriculum: A Creative Play Model. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson

Darmadi, H. 2006. Dasar Konsep Pendidikan Moral: Landasan Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Jumsai Na Ayudhya, Art Ong, 2003. A Development of The Human Values Integrated Instructional Model Based on Intuitive Learning Concept . Chulalongkon University, Bangkok, Thailand.

Lickona, Thomas, 2019. Psychology Today :“ Three Common Mistakes in Parenting”, diposting, 24 Juni 2019. diakses 2 Desember 2019.

Maton. K. 2008. Habitus in Pierre Bordieu: Key Concepts. North Yorkshire: Acumen

Reed-Dannahay, D. 2005. Locating Bordieu. Indianapolis: Indiana University Press

Santika, I Gusti Ngurah. 2017. Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1).

Santika, I. G. N. (2020). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. 6 (2), 127-137. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28437

Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).

Seetharam, Lakshmi and Kallidaikurichi Easwaran Seetharam, 2005, VIDYA: Values Integration for Developing Young Adults, Institute of Sathya Sai Education, San Pedro, Philippines.

Taplin, Margaret. Anita Devi. 2004. To Teach, Not to Punish, A Practical Human Values Approach to Discipline, Institute of Sathya Sai Education Limited, Hongkong.

Thomson. P. 2008. Field in Pierre Bordieu: Key Concepts. North Yorkshire: Acumen

Wardhani, W. D. L 2011. Konstruksi Identitas Kebangsaan dalam Pendidikan Kewarganegaraan di SD Kelas Awal . Thesis. Tidak Dipublikasikan.

Wortham, S.C. 2006. Early Childhood Curriculum: Developmental Bases for Learning and Teaching. Upper Sadle River, New Jersey: Pearson