Pengaruh Idola Musik K-Pop (Korean - Pop) Terhadap Perubahan Karakter Remaja di SMAN 5 Karawang

Main Article Content

Widdy Assa Melian
Tridays Repelita
Lusiana Rahmatiani

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan penulis unuk mengetahui perubahan karakter yang dialami remaja yang menggemari idola musik K-Pop (Korean Pop), Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif, peneltian kuantitafif yang diistilahkan dengan penelitian ilmiah yang menekan kepada angka – angka. Tahapan dalam penelitian ini yaitu uji instrumen, pengumpulan data, menganalisa data, serta menginterpretasikan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 5 Karawang yang berjumlah 1. 263. Siswa sample dalam penelitan  ini sebanyak kelas, dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu pengambilan sample secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam popluasi. Dari hasil penelitian diperoleh hasil (thitung 3,021 > ttabel 1,275 ) hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis pengaruh Idola K-Pop terhdap perubahan karakter remaja (H1) dapat diterima. Rekomendasi dari penelitian ini, Pertama, pihak sekolah disarankan lebih mendalami mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kepada siswa ditenga gempuran budaya asing yang semakin menyebar di Indonesia,. Kedua, disarankan kepada remaja untuk lebih bisa mengontrol diri dan memahami tidak semua budaya asing dapat diimplementasikan kedalam kehidupan sehari – hari.
Kata Kunci : Idola K-Pop,  Remaja, Karakter,

Article Details

How to Cite
Melian, W. A., Tridays Repelita, & Lusiana Rahmatiani. (2021). Pengaruh Idola Musik K-Pop (Korean - Pop) Terhadap Perubahan Karakter Remaja di SMAN 5 Karawang. Widya Accarya, 12(1), 1-6. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1011.1-6
Section
Articles

References

Elsa, Rizky (2018) “Gambaran Identitas Diri Remaja Akhir Pengggemar Drama Korea” Skripsi Universitas Muhammaia Surakarta

Etika Sari Yulia. (2018). “Kontrol Diri Remaja Penggemar K-Pop. Skripsi: Universtias Negeri Yogyakarta“.

Hindun, Sufi (2018), “Tingkat Fanatisme Penggemar K-Pop dan Kemampuan mengelola Emosi” Jurnal Riset Mahasiswa dan Bimbingan Konseling, 7 (2),

Khairil, Muhammad (2019) “Efek Ketergantungan Remaja K-Popers terhadap Media Sosial di Kota Palu” Jurnal ASPIKOM, Volume 4 Nomor 1, Juli 2019, hlm 14 -25

Niuraeni, Niken (2017). “Fanatisme fans K-Pop : Candu dan Bumbu Remaja” Retrived from https:kumparan.com/@kumparan-pop/fanatisme-fans-k-pop-candu-dan-bumbu-remaja.

Nur, Yeni (2016). “Perilaku Penemuan Informasi Pada Komunitas K-Pop “Ever Lasting Friend (ELF)” Surabaya.

Maiharoh, Putri (2020).“Kprelasi Anatar Korean Culture Dengan Karakter Siswa Di Madraaliyah Ngeri (Man) Sidoarjo”.Skrispi Uin Sunan Ampel Surabaya
\
Rachmad, Asfira “Fanatisme Penggemar Kpop Dalam Bermedia Sosial Di Instagram “ Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 8, No, 2, Desember 2019

Rosalyn, Citra (2018). “Mahasiswa Dan K-Pop (StudI intraksi Simbolik K-Popers di Makassar” Jurnal Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jatim. 1 (1)
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya. 9 (2).
Santika, I. G. N. (2017). Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya. 7 (1).
Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2019). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Inobali 2019, 79, 981–990
Santika, I. G. N. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Jawa Tengah: Lakeisha
Sugiono. (2014). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D”. Bandung: PT Alfabe-Ta Bandung.