AKIBAT HUKUM YANG TIMBUL DALAM JUAL BELI RUMAH YANG TIDAK SESUAI DENGAN MATERI PROMOSI

AKIBAT HUKUM YANG TIMBUL DALAM JUAL BELI RUMAH YANG TIDAK SESUAI DENGAN MATERI PROMOSI

  • Ni Made Trisna Dewi Fakultas Hukum Universitas Dwijendra
Keywords: legal consequences, buying and selling of houses

Abstract

Abstrak  Developer atau pengembang dalam memasarkan atau menawarkan perumahan kepada masyarakat umumnya menggunakan sarana iklan atau brosur. Dalam iklan atau brosur tersebut selalu memberikan spesifikasi bangunan yang akan dibangun. Tetapi dalam kenyataannya kebanyakan yang terjadi setelah dilakukan jual beli, spesifikasi dan fasilitas yang dijanjikan oleh pihak pengembang seperti yang tertera dalam iklan atau brosur sering tidak sesuai dan mengalami perubahan. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui akibat hukum terhadap pelaksanaan jual beli rumah yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan dalam iklan atau brosur, 2) Untuk mengetahui penyelesaian perjanjian jual beli rumah yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan dalam iklan atau brosur. Dalam penelitian ini mempergunakan pendekatan secara yuridis dan pendekatan secara sosiologis. Untuk mendapatkan data kepustakaan atau data sekunder dilakukan dengan membaca dan pencatatan bahan-bahan literatur, Undang-undang dan bahan-bahan tertulis lainnya yang ada kaitannya dengan permasalahan. Penyelesaian perselisihan jual beli rumah yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan dalam brosur atau iklan, dapat dilakukan dengan cara bahwa pihak pengembang dimungkinkan menyelesaikannya dengan jalan musyawarah dengan pihak konsumen, dan pihak pengembang harus melaksanakan hasil musyawarah yang telah disepakati dengan pihak konsumen, seperti dengan adanya pelaksanaan pekerjaan yang sempat tertunda atau pengembalian sisa uang konsumen dari adanya perubahan spesifikasi tersebut. apabila musyawarah mufakat tidak tercapai maka dapat diajukan gugatan oleh konsumen terhadap pengembang melalui pengadilan, dan pengembang juga akan mendapatkan sanksi dari induk organisasinya, yaitu REI berdasarkan kode etik anggota REI.   Kata kunci: akibat hukum, jual beli rumah Abstract Developers or developers in marketing or offering housing to the public generally use advertising or brochures. In the advertisement or brochure, it always provides the specifications of the building to be built. But in reality, most of what happens after the sale and purchase is made, the specifications and facilities promised by the developer as stated in the advertisement or brochure are often not appropriate and undergo changes. The objectives of this study are: 1) To determine the legal consequences for the implementation of buying and selling houses that do not comply with the specifications offered in advertisements or brochures, 2) To determine the settlement of house sale and purchase agreements that do not comply with the specifications offered in advertisements or brochures. In this study, a juridical and sociological approach was used. To obtain library data or secondary data is done by reading and recording literature materials, laws and other written materials that are related to the problem. Settlement of house buying and selling disputes that do not comply with the specifications offered in brochures or advertisements, can be done in a way that it is possible for the developer to resolve it by way of deliberation with the consumer, and the developer must carry out the results of the deliberations that have been agreed upon with the consumer, as is the case with execution of work that has been delayed or the return of the consumer's remaining money from the change in specifications. If the consensus agreement is not reached, then a lawsuit can be filed by consumers against the developer through the court, and the developer will also get sanctions from the parent organization, namely REI based on the code of ethics of REI members.   Key words: legal consequences, buying and selling of houses  

References

Abdulkadir Muhammad, 2000. Hukum Perdata Indonesia. PT. Citra Aditya Bakti, Bandung

Gunawan Widjaja, 2001. Hukum Tentang Perlindungan Konsumen, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, (Selanjutnya disebut Gunawan Widjaja II)

Gunawan Widjaja, 2003. Seri Hukum Perikatan Jual Beli, PT. Raja Grapindo Persada, Jakarta, (Selanjutnya ditulis Gunawan Widjaja, I).

R. Subekti, , 2002. Hukum Perjanjian, PT. Intermasa, Jakarta (Selanjutnya ditulis Subekti I)

Yahya Harahap, 1986. Segi-segi Hukum Perjanjian, PT. Alumni, Bandung.
Published
2021-07-07
How to Cite
Ni Made Trisna Dewi. (2021). AKIBAT HUKUM YANG TIMBUL DALAM JUAL BELI RUMAH YANG TIDAK SESUAI DENGAN MATERI PROMOSI. Kerta Dyatmika, 18((1), 14-22. https://doi.org/10.46650/kd.18.(1).1036.14-22