http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/ilkom/issue/feed Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi 2024-08-01T09:27:14+08:00 I Gusti Agung Laksmi Swaryputri jurnalkajianilmukomunikasi@undwi.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Kajian Ilmu Komukasi adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis, Universitas Dwijendra. JKIK membuka kesempatan untuk semua artikel dalam scope kajian Ilmu Komunikasi. JKIK merupakan plafform online yang menerima tulisan dari peneliti, akademisi ataupun mahasiswa yang submit karya originalnya yang tidak pernah dipublish dimana pun. JKIK menerima jurnal dua kali dalam setahun yaitu dibulan Januari dan Juli.</p> http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/ilkom/article/view/1563 PENERAPAN KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA NUSA TENGGARA TIMUR DI FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI DAN BISNIS UNIVERSITAS DWIJENDRA 2024-08-01T09:01:30+08:00 Dewa Made Agustawan dewamadeagustawan.98@yahoo.com I Gusti Agung Laksmi Swaryputri laksmiastawa@gmail.com Adriana Malo malodian99@gmail.com I Wayan Kotaniartha wayankotaniartha@gmail.com <p>Proses interaksi dalam komunikasi antarbudaya sebagian besar dipengaruhi oleh perbedaan kultur. Komunikasi multikultur menjelaskan bagaimana adat kebiasaan setiap orang dalam berkomunikasi, baik verbal maupun non verbal yang digunakan oleh masyarakat dalam tindak komunikasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimanakah penerapan komunikasi antarbudaya dalam penyesuaian diri pada mahasiswa Nusa Tenggara Timur di Fakultas Ilmu Komunikasi Dan Bisnis Universitas Dwijendra. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Alasan penulis memilih lokasi penelitian ini karena mahasiswa di Universitas Dwijendra sangat beragam budayanya. Identifikasi konsep dalam penelitian ini adalah penerapan, komunikasi antarbudaya dan penyesuaian diri. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan wawancara sebanyak 5 informan sebagai respondennya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aspek komunikasi dan bahasa, mahasiswa aktif berpartisipasi dalam diskusi kelas untuk meningkatkan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan, serta memperluas jaringan sosial dan keterampilan akademik. Secara sikap, memiliki keyakinan diri yang kuat dan sikap positif terhadap tantangan akademik, yang membantu dalam mengatasi rasa takut atau kecemasan serta meningkatkan motivasi dan kinerja akademik</p> 2024-07-08T00:00:00+08:00 Copyright (c) http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/ilkom/article/view/1564 STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF GURU DALAM MEMBANGUN MINAT BELAJAR SISWA DI SMAK THOMAS AQUINO TANGEB,MENGWI 2024-08-01T09:06:08+08:00 Anak Agung Gede Agung Putra Dalem goenggde13@gmail.com Ni Nyoman Cipta Dewi ciptadee84@gmail.com Anak Agung Gede Bagus aagedebagus@gmail.com <p>Strategi diperlukan dalam segala aspek ekonomi, komunikasi, keuangan, serta pendidikan. Strategi dapat menjadi panduan dalam mencapai tujuan serta menghadapi suatu masalah atau hambatan yang datang dari dalam aspek atau dari luar aspek tersebut. Dalam dunia pendidikan formal maupun tak formal, diperlukannya strategi komunikasi yang efektif dan efisien.rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh guru dalam membangun minat belajar siswa di SMAK Thomas AquinoKemudian data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Peneliti melakukan wawancara dengan dua harasumber yang merupakan wali kelas dan kepala sekolah smak Thomas Aquino&nbsp; hasil dalam penelitian ini menunjukkan pentingnya stategi komunikasi yang jilakukan demi mendukung kegiatan belajar mengajar. Strategi komunikasi yang meliputi comunikator, komunikan, pesan, media serta feedback dapat terlihat jelas dalam proses pengajaran dan kegiatan yang dilakukan oleh sekolah smak thomas aquino. Dalam penelitian berjudul Strategi Komunikasi Persuasif Guru Dalam Membangun Minat Belajar Siswa di SMAK Thomas Aquino Tangeb,Strategi dapat menjadi panduan dalam mencapai tujuan serta menghadapi suatu masalah atau hambatan yang dating dari dalam aspek atau dari luar aspek tersebut.</p> 2024-07-08T00:00:00+08:00 Copyright (c) http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/ilkom/article/view/1565 IMPLEMENTASI KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN DALAM BIDANG BISNIS PADA IKATAN WANITA PENGUSAHA INDONESIA (IWAPI) KOTA DENPASAR 2024-08-01T09:10:32+08:00 Nena Ernawati beningbali.08@gmail.com Ni Made Adi Novayanti adinova455@gmail.com I Made Sutika madesutika61@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komunikasi kepemimpinan dan komunikasi organisasi dalam bidang bisnis di IWAPI Kota Denpasar, maka penulis tertarik untuk menganalisa implementasi dari komunikasi tersebut, khususnya melihat bagaimana komunikasi kepemimpinan dan organisasi berhasil terjadi dengan memperhatikan aspek menurut Bass, yaitu kemampuan memberikan pengaruh, memecahkan masalah, kemampuan mengawasi dan mengambil keputusan. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukan tentang implementasi komunikasi kepemimpinan dan organisasi dalam bidang bisnis di IWAPI Kota Denpasar yang telah dapat dilaksanakan dengan baik, tepat dan konsisten oleh para pengurus dan anggotanya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui gaya kepemimpinan IWAPI Kota Denpasar meliputi kepemimpinan transformasional, visioner, dan demokratis. Setiap pemimpin memiliki karakter dan gaya kepemimpinan mereka masing-masing yang dipengaruhi oleh kinerja. Selain itu tingkat dalam menciptakan kreativitas dan inovasi kurang dipandang sebagai ide yang baik dalam pengembangan diri sebagai anggota. Ciri-ciri kepemimpinan perempuan, yaitu berani mengambil resiko dengan melakukan perubahan. Hal ini sejalan dengan banyak perubahan yang telah dilakukan oleh IWAPI Kota Denpasar, seperti kolaborasi dengan berbagai pihak, rapat yang dilakukan secara online melalui zoom meeting sehingga lebih efektif dan efisien, melakukan talk show, arsip dilakukan menggunakan teknologi</p> 2024-07-08T00:00:00+08:00 Copyright (c) http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/ilkom/article/view/1566 POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MENDORONG MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI PAUD BUNGA MAWAR LANGKAS KECAMATAN LAMBA LEDA, KABUPATEN MANGGARAI TIMUR 2024-08-01T09:19:17+08:00 Bernadus Bernando Bria bernandobria@gmail.com Ketut Alit Pratiwi ketutalitpratiwi@gmail.com Maria Celsiana Nina chelldhamat@gmail.com <p>Pola komunikasi satu arah adalah pola komunikasi yang menitikberatkan pada penyampaian informasi atau pesan dari komunikator ke komunikan tanpa adanya umpan balik<em>(feedback).</em> Pola komunikasi dua arah adalah komunikasi tatap muka yang menunjukan bahwa pihak komunikan dapat melakukan umpan balik kepada komunikator. Pola komunikasi multi arah adalah komunikasi banyak arah. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi yang efektif digunakan oleh pendidik di paud bunga mawar langkas,kecamatan lamba leda kabupaten manggarai timur.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Komunikasi Guru Dalam Mendorong Minat Belajar Anak Usia Dini Paud Bunga Mawar Llangkas, Kecamatan Lamba Leda Kabupaten Manggarai Timur. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini informan yang dipilih adalah guru yang mengajar anak usia dini paud bunga mawar sebanyak empat orang Teknik dan instrument pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan atau observasi,wawancara dan dokumentasi.Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian Pola Komunikasi Dua Arah dan Pola Komunikasi Multi Arah merupakan pola komunikasi yang efektif digunakan oleh guru dalam mendorong minat belajar Anak Usia Dini Paud Bunga Mawar Langkas Kecamatan Lamba Leda Kabupaten Manggarai Timur.Dalam penerapan pola komunikasi satu arah agar efektif digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di paud bunga mawar, pendidik sebaiknya menggunakan bahasa yang sederhana dan menyenangkan, memanfaatkan media interaksi seperti gambar, poster, atau alat peraga yang menarik untuk memperkuat pesan yang disampaikan dan menjaga minat anak-anak</p> 2024-07-08T00:00:00+08:00 Copyright (c) http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/ilkom/article/view/1567 PEMBINAAN WARGA LANJUT USIA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA WANA SERAYA DENPASAR 2024-08-01T09:22:42+08:00 Ketut Alit Pratiwi ketutalitpratiwi@gmail.com I Gusti Agung Laksmi Swaryputri laksmiastawa@gmail.com <p>Fase lanjut dalam kehidupan manusia ketika seseorang telah berusia &gt;60 tahun dan mengalami penurunan serta perubahan pada fisik atau disebut dengan lansia. Meningkatnya jumlah penduduk lanjut usia tersebut juga berakibat kepada semakin besarnya beban yang harus ditanggung oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah dalam menyediakan pelayanan dan fasilitas lainnya bagi kesejahteraan lanjut usia. Panti Sosial Tresna Werdha di Bali, merupakan upaya Pemerintah untuk mengayomi para Lansia (orang lanjut usia) yang hidup miskin dan terlantar. Dalam melakukan pembinaan, perawat membutuhkan kemampuan komunikasi antar pribadi yang efektif sehingga mudah dipahami oleh para lansia. Oleh karena itu penelitian ini menganalisis pembinaan warga lanjut usia melalui pendekatan komunikasi antar pribadi di Panti Sosial Tresna Werdha Wana Seraya Denpasar dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perawat melakukan pembinaan pada warga lanjut usia terjadi melalui kegiatan sehari- hari baik seperti saat makan, menonton televisi ataupun melalui kegiatan seperti adanya hiburan yang dilakukan di Panti Sosial</p> 2024-07-08T00:00:00+08:00 Copyright (c) http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/ilkom/article/view/1568 IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN OKUPANSI HOTEL HOLIDAY INN EXPRES TUBAN BALI 2024-08-01T09:27:14+08:00 I Wayan Suartawan suarta1@yahoo.com Astuti Wijayanti wijayanthi91@gmail.com Dolpinus Bulu dolpinusbulu@gmail.com <p>Usaha perhotelan sekarang ini sudah merupakan suatu industri hotel yang memerlukan sumber dana dan sumber daya manusia dalam jumlah besar. Implementasi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan Okupansi Hotel Holiday Inn Expres Tuban Bali adalah dengan menggunakan (1). Penggunaan Iklan (<em>advertising</em>) bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Mulai dari meningkatkan kesadaran akan sebuah merek, mengarahkan calon pelanggan, mempromosikan penjualan produk ataupun layanan baru ke pasar (2). Melakukan Promosi Penjualan (<em>sales promosion</em>) Promosi penjualan dapat meningkatkan penjualan sebuah produk dan merupakan bagian penting dalam <a href="https://www.qoalaplus.com/media/bisnis-dan-strategi/pemasaran/strategi-pemasaran-produk/">strategi pemasaran produk</a>. Saat ini, di tengah pesatnya pemasaran secara online, banyak masyarakat yang bisa mendapatkan akses lebih baik tentang sebuah produk (3). Membangun Citra Hotel Holiday Inn Expres Tuban Bali Melalui Humas (<em>publik relations</em>) Membangun citra hotel dengan baik yaitu : Sertifikasi Bintang untuk Hotel. Sertifikasi bintang untuk hotel bukan hanya simbol status, tetapi juga sebuah bukti bahwa hotel tersebut memenuhi standar kualitas tertentu. Hotel berbintang memiliki reputasi yang baik di mata tamu karena mereka tahu bahwa fasilitas dan layanan yang ditawarkan telah diuji dan diverifikasi (4). Penerapan Personal Selling yaitu : pendekatan yang dapat dilakukan dalam aktivitas <em>personal selling </em>yaitu <em>Sales-Oriented Approach </em>adalah Pendekatan yang pertama yang dilakukan oleh wiraniaga dalam membentuk pemahaman konsumen terkait produknya adalah <em>Sales-Oriented Approach. (5). Melakukan Pemasaran Langsung yaitu : </em>Komunikasi yang kuat dengan pelanggan akan dapat memberikan kemmudahan dalam mempromosikan brand di masa depan</p> 2024-07-08T00:00:00+08:00 Copyright (c)