AKTIVITAS HUMAS PEMERINTAH KOTA DENPASAR DALAM MENJALANKAN MEDIA RELATIONS

(Studi pada Humas Pemerintah Kota Denpasar)

  • I Gusti Agung Laksmi Swaryputri Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dwijendra
  • Siti Aisah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dwijendra
Keywords: Aktivitas, Humas, Denpasar, Media Relations, Komunikasi

Abstract

Pemerintah Kota Denpasar sangat menyadari arti penting media massa baik media cetak, media elektronik maupun media sosial bagi eksistensi mereka. Pemerintah Kota Denpasar meyakini bahwa adanya media membantu pemerintah daerah dalam berkomunikasi dan berbagi informasi secara lebih cepat dan mudah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas humas kota denpasar dengan subjek penelitian yaitu humas pemerintah kota denpasar. Menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan metode wawancara, obsevasi dan dokumentasi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai tekhnik analisis data. Aktivitas public relations sehari-hari adalah menyelenggarakan komunikasi timbal balik (two way communications) antara suatu lembaga dengan pihak publik yang bertujuan untuk menciptakan saling pengertian dan dukungan bagi tercapainya suatu tujuan tertentu, kebijakan, kegiatan produksi barang atau pelayanan jasa, dan sebagainya, demi kemajuan perusahaan atau citra positif bagi lembaga bersangkutan.

References

Danandjaja. 2011. Peranan Humas dalam Perusahaan. Cetakan pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu
Deddy Mulyana, 2007, Ilmu komunikasi ; Suatu Pengantar, Bandung : PT. Rosdakarya
-------------------, 2005, Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. PT. Raj aGrafindo. Jakarta.
--------------------, 2001 ; Nuansa Nuansa Komunikasi, Meneropong Politik dan Budaya Komunikasi Masyarakat Kontemporer, Bandung, PT. Rosdakarya
Defleur & Dennis Mc. Quail, 2005 : Komunikasi Massa dan Aplikasinya ; Yogyakarta : Graha Ilmu
Dessler, G. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid 1.Edisi 7. PT. Prenhallindo. Jakarta.
Muhadjir .1970. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Taristo
Soleh Soemirat, M.S & Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si. 2002. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : Rosdakarya
Onong, Uchyana Effendy, 2004, Komunikasi dan Efek Komunikasi, Bandung, PT. Citra Umbara
Pearson dalam Istijanto. 2006. Riset Sumber Daya Manusia Cara Praktis Mendeteksi Dimensi-dimensiKerja Karyawan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Riswandi, 2009, Ilmu Komunikasi, Yogyakarta : Graha Ilmu
Wilbur Schramm1974, ”How Communication Work” Dalam Jean M. Civikly, A
Published
2020-07-09