STRATEGI MANAJEMEN RADIO REPUBLIK INDONESIA DALAM MEMBANGUN EKSISTENSI SEBAGAI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK
Keywords:
Radio, Eksistensi, Komunikasi
Abstract
Bermunculan radio swasta di jaman sekarang, hal tersebut tidak menyurutkan eksistensi Radio Republik Indonesia hingga sekarang. Dengan program-program yang disajikan Radio Republik Indonesia meliputi siaran pendidikan, seni budaya, musik dan hiburan, berita dan lain-lain. Radio Republik Indonesia menduduki pusat penting pada era awal pembangunan nasional di masyarakat maupun media massa. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi Radio Republik Indonesia dalam membangun eksistensi sebagai lembaga penyiaran publik dengan subjek penelitian yakni karyawan RRI denpasar dibidang penyiaran bagian kasi perencanaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan rancangan studi kasus. Menggunakan metode wawancara serta observasi dengan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai tekhnik analisis data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa eksistensi radio republik indonesia sampai saat ini masih tetap ada dilihat dari program-program kerja serta cara promosi yang telah dilakukan.References
Elizabrefi. 2013. Radio sebagai salah satu alat media komunikasi massa http://elizabelfri.blogspot.com/2013/05/radio-sebagai-salah-satu-alat-media 9.html?=1
Effendy, Onong Uchjana. 1990. Radio Siaran, Teori dan Praktek. CV Mandar Maju. Bandung Hafied Cangara. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Penerbit PT RajaGrafindo Jakarta Khomsarial. 2016. Komunikasi Massa. Penerbit PT Grasindo jakarta
Muhammad Anshar Akil.2014.”Regulasi media di Indonesia”.fakultas Dakwah dan Komunikasi . universitas alaudin. Makasar
Nurhasanah Nasution. 2018. Strategi manajemen penyiaran radio swasta kiss fm dalam menghadapi persaingan informasi digital .jurnal umsu.7-8.
Ngalimun. 2017. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Pustaka Baru Press Yogyakarta Onong Uchjana effendy. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya. Bandung Prayuda, Harley. 2005. Radio Suatu Pengantar Wacana Dan Praktek Penyiaran. Bayumedia. Malang
Setiawan Hari Purnomo. 1998. Manajemen Strategi : Sebuah Pengantar Konsep. Lembaga Penerbitan Fakultas ekonomi UI. Jakarta
Sugiyono. 2005.
Effendy, Onong Uchjana. 1990. Radio Siaran, Teori dan Praktek. CV Mandar Maju. Bandung Hafied Cangara. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Penerbit PT RajaGrafindo Jakarta Khomsarial. 2016. Komunikasi Massa. Penerbit PT Grasindo jakarta
Muhammad Anshar Akil.2014.”Regulasi media di Indonesia”.fakultas Dakwah dan Komunikasi . universitas alaudin. Makasar
Nurhasanah Nasution. 2018. Strategi manajemen penyiaran radio swasta kiss fm dalam menghadapi persaingan informasi digital .jurnal umsu.7-8.
Ngalimun. 2017. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Pustaka Baru Press Yogyakarta Onong Uchjana effendy. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya. Bandung Prayuda, Harley. 2005. Radio Suatu Pengantar Wacana Dan Praktek Penyiaran. Bayumedia. Malang
Setiawan Hari Purnomo. 1998. Manajemen Strategi : Sebuah Pengantar Konsep. Lembaga Penerbitan Fakultas ekonomi UI. Jakarta
Sugiyono. 2005.
Published
2020-01-07
Section
Articles