CITRA DAN EKSPEKTASI MAHASISWA TERHADAP PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS DWIJENDRA
Keywords:
Citra, Ekspektasi, Mahasiswa, Program Studi Ilmu Komunikasi
Abstract
Citra yang baik pada suatu perguruan tinggi bukan hanya menarik untuk calon mahasiswa dalam memilih program studi yang tersedia, namun juga akan mempengaruhi kepuasan serta loyalitas mahasiswa. Perguruan tinggi dituntut mampu memenuhi kebutuhan serta ekspektasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap citra Program Studi Ilmu Komunikasi dan ekspektasi mahasiswa terhadap Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dwijendra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi yang masih aktif pada semester ganjil tahun akademik 2019/2020, dengan jumlah sampel sebesar 136 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap citra Program Studi Ilmu Komunikasi berada dalam kategori sangat baik, dengan hasil persentase skor akhir sebesar 85,7%. Selanjutnya, hasil penelitian mengenai ekspektasi mahasiswa pada aspek pendidikan menunjukkan ekspektasi terhadap peningkatan kualitas dan jumlah dosen serta kualitas inovasi sistem pembelajaran. Pada aspek penelitian dan pengabdian pada masyarakat menunjukkan ekspektasi mahasiswa terhadap peningkatan mutu dan jumlah kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Program Studi Ilmu Komunikasi diharapkan dapat meningkatkan peran aktif mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dimana kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi mahasiswa maupun perguruan tinggi.References
Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Simbiosa Rekatama Media. Bandung
Baihaqi, MIF. 2016. Pengantar Psikologi Kognitif. Refika Aditama. Bandung
Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajagrafindo Persada. Jakarta
Gassing, Syarifuddin S., dan Suryanto. 2016. Public Relations. ANDI. Bandung
Kasali, Rhenald. 2005. Change! Tak Peduli Berapa Jauh Jalan Salah Yang Anda Jalani, Putar Arah Sekarang Juga (Manajemen Perubahan Dan Manajemen Harapan). Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Murtiadi, Dwi Prasetia Danarjati, dan Ari Ratna Ekawati. 2015. Psikologi Komunikasi. Psikosain. Yogyakarta
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Prenadamedia Group. Jakarta
Risbang Ristekdikti. 10 Agustus 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Diakses tanggal 07 Oktober 2017, dari http://risbang.ristekdikti.go.id/ regulasi/uu-12-2012.pdf
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung
-----------. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Media Pressindo. Yogyakarta
Supratman, Lucy Pujasari dan Adi Bayu Mahadian. 2016. Psikologi Komunikasi. Deepublish. Yogyakarta
Sutojo, Siswanto. 2004. Membangun Citra Perusahaan. Damar Mulia Pustaka. Jakarta
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Andi. Yogyakarta
Baihaqi, MIF. 2016. Pengantar Psikologi Kognitif. Refika Aditama. Bandung
Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajagrafindo Persada. Jakarta
Gassing, Syarifuddin S., dan Suryanto. 2016. Public Relations. ANDI. Bandung
Kasali, Rhenald. 2005. Change! Tak Peduli Berapa Jauh Jalan Salah Yang Anda Jalani, Putar Arah Sekarang Juga (Manajemen Perubahan Dan Manajemen Harapan). Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Murtiadi, Dwi Prasetia Danarjati, dan Ari Ratna Ekawati. 2015. Psikologi Komunikasi. Psikosain. Yogyakarta
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Prenadamedia Group. Jakarta
Risbang Ristekdikti. 10 Agustus 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Diakses tanggal 07 Oktober 2017, dari http://risbang.ristekdikti.go.id/ regulasi/uu-12-2012.pdf
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung
-----------. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Media Pressindo. Yogyakarta
Supratman, Lucy Pujasari dan Adi Bayu Mahadian. 2016. Psikologi Komunikasi. Deepublish. Yogyakarta
Sutojo, Siswanto. 2004. Membangun Citra Perusahaan. Damar Mulia Pustaka. Jakarta
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Andi. Yogyakarta
Published
2020-01-07
Section
Articles