MANAJEMEN MEDIA PENYIARAN RADIO TELEVISI TIMOR LESTE SEBAGAI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK

  • anak agung gede agung putra dalem
  • Lucia Natalia De Given Fatima Lay
Keywords: Manajemen, Media Penyiaran, Radio dan Televisi

Abstract

Manajemen merupakan ilmu dan seni dalam merencanakan, mengorganisir, mempengaruhi orang lain atau kelompok untuk melaksanakan penyiaran radio dan TV, untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Adapun beberapa rumusan masalah yang ingin di bahasa, antara lain Bagaimanakah manajemen media penyiaran radio televisi Timor Leste sebagai lembaga penyiaran publik, Faktor-faktor apa sajakah yang menghambat manajemen media penyiaran radio televisi Timor Leste sebagai lembaga penyiaran publik? Dan tujuam yang ingin dicapai, antara lain :  Untuk mengetahui manajemen media penyiaran radio televisi Timor Leste sebagai lembaga penyiaran publik.Untuk mengetahui faktor-faktor  yang menghambat manajemen media penyiaran radio televisi Timor Leste sebagai lembaga penyiaran publik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif berupa kata-kata tulis atau lisan tentang orang-orang atau prilaku yang dapat di amati. hasil  penelitian Radio dan Televisi Timor Leste kerjasama Dapat dilihat dari hasil pembahasan yang telah dipaparkan sebelumnya dan setelah dilakukan analisis, maka kesimpulan yang dapat diberikan penelititentang “Manajemen Media Penyiaran  Radio dan Televisi Timor Leste sebagai Lembaga Penyiaran Publik” adalah sebagai berikut :Dilihat dari perencanaan radio TV Timor Leste telah menetapkan visi dan misi walaupun belum sepenuhnya dapat di realisasi

References

Achmad. A.S. 1990. Manusia dan Informasi. Ujung Pandang:Lembaga Penerbitan Universitas Hasanuddin.
Albarran, A. B., Chan-Olmsted, S. M., and Michael O. Wirth. 2006. Handbook of Media Management and Economics. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Albarran, Alan B. 1996. Media Economics; Understanding Markets, Industries and Concepts. Ames, Iowa: Iowa state University Press.
Beebe, Lestines 2003. Organization in Application of Communication. Prentice Hall Ohio Press.
Croteau, David., and William, Hoynes. 2006. The Business of Media: Corporate
Media and The Public Interest. Edisi ke-2. California: Pine Forge Press.
Dominick, Joseph R. 2005. The Dynamics Of Mass Communication: Media InThe Digital Age. Edisi ke-8. McGraw-Hill, New York-USA.
Effendy, Onong Uchjana, 2002. Dimensi-dimensi Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.
Goode. 1959. Theories of Human Communication. New York: Wadsworth Publishing.
Hafied, Cangara. 2003. Pengantar Ilmu Komuniksai. Jakarta : Gramedia.
Haeruddin, 2006. Komunikasi dan Pengkomunikasian. Penerbit Rajawali Press,
Jakarta.
Hasan, Sadik, 2004. Komunikasi dan Etika Berkomunikasi. Penerbit Sinar Grafika,Jakarta.
Iqbal, Hasan. 2002. Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Kortel, Tubbs, SL, 2005, Human Communication, Fourth Edition. Random House Inc .New York
Lesmana, Mulyana, D, 2006, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Edisi ke 6, Rosdakarya, Bandung.
Littlejohn, 2005. Organization Communication. Sage Publishing, New York.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda.
Purwanto, Andrik., 2006. Komunikasi Multikultural. Cetakan Ke-1. Surakarta:
Muhammadiyah University Press.
Rakhmat, Jalaluddin, 2004. Komunikasi Suatu Pengantar. Edisi Revisi. Bandung:
Penerbit Remadja Rosdakarya.
Richard, Sihite. 2000. Etitud Komunikasi. Surabaya : SIC.
Ridwan, 2014 Coretan – berkelas blogspot . com 2014/03.
Robbins, Stephen P. 2002. Perilaku Organisasi-Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jakarta: Prenhallindo.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sukaran, Sucito, 2005. Komunikasi dan Unsur-unsur Komunikasi. Penerbit Liberty,Yogyakarta.
Suprapto, Tommy, 2006. Pengantar Teori Komunikasi. Cetakan Ke-1. Yogyakarta: Media Pressindo.
Sendjaja, Sasa Djuarsa, 2009. Pengantar Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tim Penyusun, 2007. Ilmu Komunikasi. Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.
Vardiansyah, Dani, 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan Ke-1. Bogor: Ghalia Indonesia.
Yumi, Wiryanto, 2006, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta:PT RajaGrafindo
Persada.
Zamroni. 1992. Pengantar Pengembangan Teori Sosial. Yogyakarta : Tiara Wacana.
Muis, A. 2001. Media Penyiaran dalam Perspektif Komunikasi dan Hukum. Jurnal Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI). No. 6-November 2001. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Siregar, Ahmad E. 2009. Kajian dan Posisi Manajemen Media serta Peta Media di Indonesia. Makalah dalam Simposium Nasional Kajian Media 2009. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
SK, Ishadi. 2009. Kajian Empirik Manajemen Media Televisi. Makalah dalam Simposium Nasional Kajian Media 2009.Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 40 Tahun 1999 tentang Pers. 2007. Bandung. PT. Citra Umbara
Published
2019-01-07