STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SURAT KABAR HARIAN TRIBUN BALI DALAM MENJARING PEMBACA DAN PENGIKLAN

  • I Gusti Agung Laksmi Swaryputri
Keywords: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Media Massa Surat Kabar

Abstract

Komunikasi merupakan Cara seseorang atau beberapa orang dalam bertukar informasi lisan maupun tulisan. Dimana dalam mendapatkan infomasi disetiap harinya merupakan suatu kebutuhan yang wajib guna mengetahui informasi terkini dari belahan dunia lain. Surat Kabar Harian Tribun Bali merupakan salah satu media cetak yang saat ini digandrungi oleh masyarakat Bali. Disamping itu harga yang sangat terjangkau sehingga masyarakat Bali dengan mudah mendapatkan informasi terkini secara merata hingga ke plosok daerah. Dalam penelitian yang berjudul “Strategi Komunikasi Pemasaran Surat Kabar Harian Tribun Bali Dalam Menjaring Pembaca dan Pengiklan” ini, bertujuan untuk mengetahui tentang strategi komunikasi pemasaran surat kabar harian Tribun Bali dalam menjaring minat pembaca dan pengiklan. Metode yang digunakan merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa strategi komunikasi pemasaran Surat kabar harian Tribun Bali dibagi menjadi 2 bagian. Yaitu dalam menentukan target pembaca dengan cara; menentukan segmentasi dan target pasar, membuat rubrik berita sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mengadakan evaluasi rutin selama tiga bulan,mengadakan event yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat Bali, menjual dengan harga terjangkau, dapat diakses melalui media online dan sosial media. Selain itu dalam menentukan target pengiklan dengan Cara; melihat kebutuhan pengiklan, memasarkan melalui media online dan sosial media, tidak menjatuhkan kompetitor, melakukan survey, dan memberikan edukasi kepada pengiklan.

References

Abidin, Yusuf Zaenal, M.M. 2016. Metode Penelitian Komunikasi. Pustaka Setia: Jakarta
Afdjani, Hadiono. 2013. Ilmu Kominikasi Proses & strategi. P4: Jakarta.
Allffahmi, Hifni. 2005. Sinergi Komunikasi Pemasaran. Erlangga: Jakarta
Arifin, Anwar, 1984, Strategi Komunikasi: Suatu Pengantar Ringkas, Bandung: Armico.
Effendy, Onong. 1984. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya: Bandung
Hermawan, Agus. 2014. Komunikasi Pemasaran. Erlangga: Jakarta
Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-Dasar Periklanan. Graha Ilmu: Bandung
Kertamukti, Rama. 2008. Strategi Kreatif dalam Periklanan. Rajawali Pers: Jakarta.
Kotler, Philip and Keith Cox. 1984. Manajemen dan Strategi Pemasaran – Edisi Revisi. Erlangga: Jakarta
Lee, Monlee & Johnson, Carla. 2004. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Kencana: Jakarta
Limakrisma, Nandan Prof. J. Supranto. 2007. Prilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Mitra Wacana Media: Jakarta.
Machfoedz, Mahmud.2010. Komunkasi Pemasaran Modern. Cakra: Yogyakarta
Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana: Jakarta
Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Rajawali Pers: Jakarta.
Palupi, Dyah Hasto dan Teguh Sri Prambudi. 2006. Advertising that Sell (Strategi Sukses Membawa Merk Anda Menjadi Pemimpin Pasar). Gramedia: Jakarta
Prabu Mangkunegara, Anwar. 2012. Perilaku Konsumen. Retika Aditama: Jawa Barat
Prisgunanto, Ilham. 2006. Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik Dilengkapi Analisis SOSTAC dan STOP-SIT. Ghalia Indonesia: Jakarta
Prisgunanto, Ilham. 2014. Komunikasi Pemasaran Era digital; WOMM, Konvergensi Simbolik, Era 4.0, Strategi dan Taktik. Prisani Cendekian: Jakarta.
Rangkuti, Freddy. 2011. Riset Pemasaran. Gramedia: Jakarta
Shimp, A. Terence. 2003. Periklanan Promosi. Erlangga; Jakarta
Sri Wahyudi, Agustinus. 1995. Manajemen Strategi Pengantar Proses Berfikir Strategi. Binarupa Aksara: Jakarta.
Sumarwan, Ujang. 2015. Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen Dan Marketing Plan. IPB Press: Bogor
Sunyoto, Danang. 2015. Strategi Pemasaran. Caps: Yogyakarta
Taringan, Henry Guntur. 1979. Membaca sebagai suatu keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.
Tjiptono, Fandy. 2006. Strategi Pemasaran. Andi Publisher: Jakarta.
Vivian, John. 2008. Teori Komunikasi Massa. Prenadamedia Group: Jakarta.
Published
2018-07-30