PERAN HUMAS PEMERINTAH KOTA DENPASAR DALAM MENUNJANG PELAYANAN PUBLIK DI KOTA DENPASAR
Keywords:
Peran Humas, Pelayanan Publik
Abstract
Humas adalah Usaha untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara satu badan atau organisasi dengan masyarakat melalui suatu proses komunikasi timbal balik atau dua arah. Dalam penelitian yang berjudul “Peran Humas Pemerintah Kota Denpasar Dalam Menunjang Pelayanan Publik di Kota Denpasar” ini bertujuan untuk mengetahui peran humas Pemerintah Kota Denpasar dalam menunjang pelayanan publik di Kota Denpasar dan hambatan-hambatan Humas Pemerintah Kota Denpasar dalam menunjang pelayanan publik di Kota Denpasar. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Untuk memecahkan masalah digunakan teknik analisis kualitatif. Bagian Humas dan Protokol tersebut memiliki peran dalam penyebarluasan Informasi pelaksanaan Pemerintahan dan Pembangunan Kota Denpasar dan Mempublikasikan program-program pelayanan publik. Hambatan-hambatan yang ditemukan terkait dengan tugas pokok dan fungsi Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar dalam upaya menunjang pelayanan publik adalah : Adanya perubahan paradigma pers menuju industri pers sehingga belum semua media dapat mempublikasikan informasi yang disediakan melalui press release/website, Keterbatasan Sumber Daya Manusia baik kuantitas maupun kualitas pada Bagian Humas dan Protokol sehingga belum mampu menjadi Humas dan Protokol sesuai amanat peraturan perundang-undangan, Intensitas tugas yang sulit diprediksi sehingga seringkali mengakibatkan lemahnya perencanaan dan juga pelaksanaannyaReferences
Arifin, Anwar. 2008. Ilmu Komunikasi. Dalam Sebuah Pengantar Ringkas. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Butterik, Keith. 2012. Pengantar Public Relations. Dalam Teori dan Praktek. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Darma Putra, 2014. Sewaka Dharma : Spirit Dibalik Gedung, Media Informasi Pelayanan Publik.
Dalam Sewaka Dharma Edisi 2 tahun 2014.
Effendy, Onong Uchjana MA. 1993. Human Relations dan Public Relations, Mandar Maju.
Jakarta.
Iriantara,Yosaldan A.Yani Surachman, 2006. Public Relations. Dalam Pendekatan Teori dan Praktek. Simbiosa Rekatama Media. Bandung.
Rahardjo Adisasmita, 2009. Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah, Penerbit PPKED. Makassar.
Rahmat, Jalaludin, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Rai Dharmawijaya Mantra, Ida Bagus. 2007. Membangun Citra Pelayanan dan Kewajiban Good Governence dalam Eksistensi Kearifan Lokal. Denpasar.
Suarka, I Nyoman, 2014. Filosofi dan Makna Sewaka Dharma, Dalam Media Informasi Pelayanan Publik, Sewaka Dharma, Pemerintah Kota Denpasar Edisi 02 Tahun 2014.
Triguno, 1997. Budaya Kerja, Menciptakan Lingkungan Yang Kondusif Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja, PT Golden Terayon Press. Jakarta.
Butterik, Keith. 2012. Pengantar Public Relations. Dalam Teori dan Praktek. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Darma Putra, 2014. Sewaka Dharma : Spirit Dibalik Gedung, Media Informasi Pelayanan Publik.
Dalam Sewaka Dharma Edisi 2 tahun 2014.
Effendy, Onong Uchjana MA. 1993. Human Relations dan Public Relations, Mandar Maju.
Jakarta.
Iriantara,Yosaldan A.Yani Surachman, 2006. Public Relations. Dalam Pendekatan Teori dan Praktek. Simbiosa Rekatama Media. Bandung.
Rahardjo Adisasmita, 2009. Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah, Penerbit PPKED. Makassar.
Rahmat, Jalaludin, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Rai Dharmawijaya Mantra, Ida Bagus. 2007. Membangun Citra Pelayanan dan Kewajiban Good Governence dalam Eksistensi Kearifan Lokal. Denpasar.
Suarka, I Nyoman, 2014. Filosofi dan Makna Sewaka Dharma, Dalam Media Informasi Pelayanan Publik, Sewaka Dharma, Pemerintah Kota Denpasar Edisi 02 Tahun 2014.
Triguno, 1997. Budaya Kerja, Menciptakan Lingkungan Yang Kondusif Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja, PT Golden Terayon Press. Jakarta.
Published
2019-01-02
Section
Articles