STRATEGI PEMBINAAN PROFESIONALISME WARTAWAN PADA SURAT KABAR HARIAN RADAR BALI

  • Anak Agung Gde Putra Dalem Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dwijendra
  • Eva Ria Sari Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dwijendra

Abstract

Strategi pembinaan adalah proses pertukaran komunikasi yang di lakukan oleh pemimpin perusahaan dalam memberikan tahapan proses penentuan rencana yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi. Serta Pembinaan berorientasi ke masa sekarang dan membantu pegawai untuk menguasai keterampilan dan kemampuan (kompetensi) yang spesifik untuk berhasil dalam pekerjaannya. Profesionalisme wartawan adalah kualitas atau mutu yang merupakan suatu ciri profesi seorang wartawan yang senantiasa mewujudkan kerja yang profesional. Para ahli berpendapat bahwa wartawan yang profesional memiliki beberapa karakteristik seperti menguasai keterampilan jurnalistik, menguasai bidang liputan (beat), memahami serta  mematuhi etika jurnalistik. Kepatuhan kepada kode etik jurnalistik merupakan salah satu ciri wartawan yang profesional.Dalam penelitian yang berjudul “Strategi Pembinaan Profesionalisme Wartawan pada surat kabar harian Radar Bali†ini bertujuan untuk mengetahui strategi Pembinaan Profesionalisme Wartawan Pada surat kabar harian Radar Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian wartawan yang dapat memberikan informasi mengenai strategi pembinaan yang dilakukan oleh Radar Bali dengan jumlah dua orang. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, d okumentasi. Untuk memecahkan masalah digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif

References

Amirullah, 2015. Manajemen strategi. Jakarta: Mitra Wacana Media

Arifin, Anwar. 1984. Strategi Komunikasi. Bandung: Armico. Bandung

Burhan, H.M Bungin. 2007. Pengertian kualitatif. Kencana. Jakarta

Cangara, Hafied, 2003. Pengantar Ilmu Komunikasi, PT.RajaGrafindo Persada, Jakarta

Efendi. 1996. Sistem Informasi Manajemen. Bandung : CV. Mandar Maju

Hasan Alwi, Dendy Sugono. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke-3. Jakarta:PT Persero

Heri Budiono & Farid Hamid 2011. Ilmu Komunikasi sekarang dan tantangan masa depan. Jakarta: Kencana Premedia Group

Henry Subiakto & Rachmah Ida. 2012. Komunikasi politik, Media, dan Demokrasi. Jakarta: Kencana Premedia Group

Khomsahrial Romli, 2016. Komunikasi massa. Jakarta: PT Grasindo.

Ruslan,Rusady. 2016. Manajemen Public Relations & Media komunikasi; konsep dan Aplikasinya. PT.RajaGrafindo Persada. Jakarta

Sugiyono.2010. Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Cetakan ke-10. Bandung:Alfabeta

Sejarah Pers Indonesia https://id.m.wikipedia.org/wiki/sejarah_pers_Indonesia/2017/22(diakses pada tanggal 19 mei 2017)

Tim dosen Fikom Universitas Dwijendra.2010.Buku Panduan Skripsi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dwijendra, Bali.

Undang-Undang Dasar No.40 Tahun 1999 Tentang Pers

Werner J.Seren & James W. Tankard, JR.2011. Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenamedia Group

William L. Rivers, et al. 2005. Media massa & masyarakat modern. Jakarta: prenadamedia Group

Published
2018-01-06