STRATEGI PEMBINAAN PROFESIONALISME WARTAWAN PADA SURAT KABAR HARIAN RADAR BALI
Abstract
Strategi pembinaan adalah proses pertukaran komunikasi yang di lakukan oleh pemimpin perusahaan dalam memberikan tahapan proses penentuan rencana yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi. Serta Pembinaan berorientasi ke masa sekarang dan membantu pegawai untuk menguasai keterampilan dan kemampuan (kompetensi) yang spesifik untuk berhasil dalam pekerjaannya. Profesionalisme wartawan adalah kualitas atau mutu yang merupakan suatu ciri profesi seorang wartawan yang senantiasa mewujudkan kerja yang profesional. Para ahli berpendapat bahwa wartawan yang profesional memiliki beberapa karakteristik seperti menguasai keterampilan jurnalistik, menguasai bidang liputan (beat), memahami serta mematuhi etika jurnalistik. Kepatuhan kepada kode etik jurnalistik merupakan salah satu ciri wartawan yang profesional.Dalam penelitian yang berjudul “Strategi Pembinaan Profesionalisme Wartawan pada surat kabar harian Radar Bali†ini bertujuan untuk mengetahui strategi Pembinaan Profesionalisme Wartawan Pada surat kabar harian Radar Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian wartawan yang dapat memberikan informasi mengenai strategi pembinaan yang dilakukan oleh Radar Bali dengan jumlah dua orang. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, d okumentasi. Untuk memecahkan masalah digunakan teknik analisis deskriptif kualitatifReferences
Amirullah, 2015. Manajemen strategi. Jakarta: Mitra Wacana Media
Arifin, Anwar. 1984. Strategi Komunikasi. Bandung: Armico. Bandung
Burhan, H.M Bungin. 2007. Pengertian kualitatif. Kencana. Jakarta
Cangara, Hafied, 2003. Pengantar Ilmu Komunikasi, PT.RajaGrafindo Persada, Jakarta
Efendi. 1996. Sistem Informasi Manajemen. Bandung : CV. Mandar Maju
Hasan Alwi, Dendy Sugono. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke-3. Jakarta:PT Persero
Heri Budiono & Farid Hamid 2011. Ilmu Komunikasi sekarang dan tantangan masa depan. Jakarta: Kencana Premedia Group
Henry Subiakto & Rachmah Ida. 2012. Komunikasi politik, Media, dan Demokrasi. Jakarta: Kencana Premedia Group
Khomsahrial Romli, 2016. Komunikasi massa. Jakarta: PT Grasindo.
Ruslan,Rusady. 2016. Manajemen Public Relations & Media komunikasi; konsep dan Aplikasinya. PT.RajaGrafindo Persada. Jakarta
Sugiyono.2010. Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Cetakan ke-10. Bandung:Alfabeta
Sejarah Pers Indonesia https://id.m.wikipedia.org/wiki/sejarah_pers_Indonesia/2017/22(diakses pada tanggal 19 mei 2017)
Tim dosen Fikom Universitas Dwijendra.2010.Buku Panduan Skripsi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dwijendra, Bali.
Undang-Undang Dasar No.40 Tahun 1999 Tentang Pers
Werner J.Seren & James W. Tankard, JR.2011. Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenamedia Group
William L. Rivers, et al. 2005. Media massa & masyarakat modern. Jakarta: prenadamedia Group