EFEK SIARAN TELEVISI TERHADAP PEMIRSA (TELAAH AKSIOLOGI)
Abstract
Televisi merupakan salah satu industri budaya yang sebagai akibat dari kemajuan teknologi produk yang menerima gelar paling kehormatan seperti Window of The World (Jendela Dunia), Miracle Box (kotak ajaib), dan Kotak Bodoh (kotak Dungu). Dalam antropomorfisme pandangan teknologi, televisi dikatakan sebagai makhluk hasil produksi teknologi komunikasi yang membalikkan logika:â€Manusia menonton TV†menjadi ‘TV jam tangan manusia’. Pemikir pasca-strukturalis Prancis, Jean Baudrillard, mengatakan bahwa televisi tidak hanya menjadi objek tontonan untuk saat ini, tetapi juga seorang manusia diawasi oleh televisi. Anda adalah layar dan televisi sedang memperhatikan Anda. Kekuatan karakteristik audio visual telah membuat media massa ini memiliki ciri pragmatis. Ini memiliki pengaruh besar bagi manusia. Hal ini dapat mempengaruhi volume pengetahuan, sikap baru, atau bahkan perilaku baru. Dengan kata lain, ada tiga efek yang telah dihasilkan dari komunikasi pada saat itu; mereka adalah efek kognitif, efek afektif, dan efek konatif. Bagaimana realitas umum efek televisi untuk manusia dalam hal bidang aksiologi? Ini adalah masalah utama yang diangkat dan kebenaran jawabannya terlihat, oleh karena itu tujuan penelitian ini dapat mencapai tujuan dan juga dapat memberikan pengaruh untuk mengembangkan dan memperdalam studi teknologi komunikasi tersebut.Kata Kunci: Efek, Televisi, PenontonReferences
Alfian, 1986, Transpormasi Sosial Budaya dalam Pembangunan Nasional Jakarta :Universitas Indonesia (Ul Press)
Bungin, Burhan, 2001. Erotika Media Massa, Surakarta : Muhamadiyah University Press, Universitas Muhamadiyah Surakarta.
_______, 2001. Imaji Media Massa. Konstruksi dan Makna Realitas Sosial Iklan Televisi Dalam Masyarakat Kapitalistik. Yogyakarta : Penerbit Jendela.
Ibrahim, Subandi, 2011. Budaya Populer sebagai Komunikasi, Dinamika Popscape dan Mediascape di Indonesia Kontemporer. Yogyakarta ; Jalasutra
Putra, Darma dan Sacaya, Windu, ed. 2005. Kompetensi Budaya Dalam Globalisasi. Denpasar ; Penerbit Fakultas Sastra Universitas Udayana.
Kravitz, George, 2002. Pelajaran Dasar Televisi. Semarang ; Dahara Prize.
Siregar, Ashadi, 2001. Menyingkap Media Penyiaran Membaca Televisi Melihat Radio. Yogyakarta ; Penerbit LP3Y.
Subroto, Darwanto Sastro, 1995. Televisi Sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta; Duta Wacana University Press.
Unde, Alinuddin, 2014. Televisi dan Masyarakat Pluralistik. Jakarta ; Prenadamedia Group.