STRATEGI PROMOSI PRODUK UNILEVER DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS KONSUMEN (Studi pada Bagian Marketing PT. Unilever Indonesia Terbuka Denpasar)
Abstract
Promosi merupakan salah satu cara yang penting dalam perusahaan untuk mencapai suatu tujuan. Dalam penelitian yang berjudul “Strategi Promosi Produk Unilever Dalam Mempertahankan Loyalitas Knsumenâ€, ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi apa yang digunakan Unilever dalam mempertahankan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriftif kualitatif, dengan  sabjek  penelitian  yakni  marketing  Unilever  yang  telah  bersedia memberikan data. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa  strategi promosi yang di gunakan Unilever untuk mempertahankan loyalitas konsumen adalah dengan cara memperbaharui kualitas produk dan memberikan promo-promo yang menarik. Jadi dapat disimpulkan bahwa strategi promosi  dapat mempertahankan loyalitas konsumen.Kata kunci: Strategi Promosi, Produk Unilever dan Loyalitas KonsumenReferences
Alam Buchari 2004. Manajemen Pemasaran. : Bandung:Penerbit CV. Alfabeta Basu Swasta, Marius P. Angipora.1999. Promosi Kombinasi. Jakarta: Cipta Davit, P.15.2004.Pengertian Strategi Pemasaran. Jakarta: Selemba Empat
Glueck dan Jauch.2000.Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. Jakarta :Edisi Ketiga.
Erlangga
Hariadi. 2005. Strategi Manajemen.Jakarta :Bayu Media
Hitt, Irelan dan Hoskisson. 2001.Manajemen Strategi, Konsep Daya Saing dan Globalisasi.
Jakarta Selemba Empat
Kotler Philip. 1997. Manajem Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol.
Jakarta :PT. Prenhalliando
Situmorang, Syafrizal Helmi. 2008. Bisnis Perencanaan dan Pengembangan.Medan USU Press Sutisna. 200. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung :PT. Remaja Rodakarya Tjiptono, Fandy. 2000. Prinsip dan Dinamika Pemasaran.Yokyakarta: Edisi Pertama. J & J
Learning
Umar, Husen. 2005. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen.Jakarta:PT. Raja Grapindo
Persada
Zulkilfi, Ksip, Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen.Jakarta: Grafindo