EFEKTIVITAS PENERAPAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN OKUPANSI DI WATERMARK HOTEL AND SPA JIMBARAN BADUNG
Abstract
E-commerce merupakan segala bentuk transaksi perdagangan barang atau jasa dengan menggunakan media internet. E-commerce mempermudah pihak hotel dalam mengembangkan jaringan, mengatur promosi hotel, mengatur harga kamar di internet dan mempermudah wisatawan untuk melakukan pemesanan hanya dengan melakukan satu atau dua klik saja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian yakni E-Commerce manager dan divisi e-commerce yang khusus menangani penjualan kamar secara online. Data dikumpulkan dengan dengan teknik wawancara dan observasi. Untuk memecahkan masalah digunakan teknik analisis Deskriptif Kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa penerapan e-commerce memberikan dampak yang baik dalam peningkatan Okupansi di Watermark Hotel and Spa Jimbaran. Berdasarkan hasil pengumpuln data pada tahun 2016 pemasaran melalui Âe-commerce memberikan sumbangan sebanyak 88,34 persen dari total Okupansi pada Tahun 2016. Penggunaan e-commerce juga memberikan manfaat lain pada hotel seperti peningkatan mutu layanan, peluang mendapatkan pelanggan baru, mempertahankan pelangganReferences
Bogdan, Robert C. Dan Steven J. Taylor, 1992 to Qualitative Researc Methotds : A Phenomenological Approach in the Social Sciences, alih bahasa Arief Furchan, John Wiley dan Sons, Surabaya, Usaha Nasional
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Miles, Mathew B. Michael Huberman. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. London: Sage Publication, Inc.
Sakti, Nurfansa Wira,2001. Perpajakan Dalam E-Commerce, Belajar Dari Jepang, dalam Berita Pajak No. 1443/Tahun XXXIII/15 Mei 2001, hlm.35.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Suyanto,M.2003. E-commerce Perusahaan Top Dunia.Andi.Yogyakarta