STRATEGI MARKETING STMIK STIKOM BALI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA
Abstract
Persaingan yang semakin ketat menyebabkan perguruan tinggi swasta harus memiliki strategi marketing untuk meningkatkan jumlah mahasiswa. Dalam Penelitian yang berjudul “Strategi Marketing STMIK STIKOM Bali dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru, menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Data yang dikumpulkan diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumenter, subjek penelitiannya adalah informan dari Kepala Bagian pemasaran dan Adminintrasi Marketing sebanyak 2 (dua) orang. Berdasakan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa strategi yang digunakan oleh marketing STMIK STIKOM Bali dalam meningkatkan jumlah mahasiswa baru adalah: (1) Menambah frekuensi promosi ke sekolah – sekolah. (2) Menambah jumlah & variasi media yang digunakan untuk promosi. (3) Menambah serta mensponsori event promosi. (4) Menambah kontrak kerjasama. (5) Memperbaharui metode promosi. (6) Mencari informasi pendidikan. (7) Melakukan penyebaran brosur. Kendala yang di hadapi yaitu, (1) Kurangnya tenaga marketing, (2) Jadwal sosialisasi, (3) Pemasangan Pamflet & banner, (4) Konfirmasi kehadiran guru – guru saat workshop, (5) Kondisi perekonomianReferences
Basu Swasta, 200, Azas – azas marketing, Ypgyakarta, Liberti,
Basu Swasta dan Irawan, 2000, Managemen Pemasaran Modern, Yogyakarta, Liberti
Darwis Ibrahim,2004, Snart Selling “ Fish Where The Fish Are†Pendekatan Baru Untuk meningkatkan Penjualan, , Jakarta, PT, Efek Media Komputindo
Gunawan Jiwanto, 1985, Komunikasi Dalam Organisasi,Yogyakarta, Pusatpengembangan Manajemen dan Andi Ofiset
http://www.pengertianku.net/2014/11/kenali-pengertian-mahasiswa-dan-menurut-para-ahli.html
http://www.erlangga.co.id/pendidikan/179-example-pages-and-menu-links.html (Penerimaan Mahasiswa Baru )
http://www.kompasiana.com/setiawan_wd/strategi-marketing-perguruan tinggi_550e68b2a33311a32dba8275
Jakarta Kotler, 1997, Manajemen Pemasaran, Maketing manajemen, analisa perencanaan Implementasi dan control, Edisi bahasa Indonesia, jilid 2, Prahanlindo
Kotler dan amstrong,1977, Prinsip – prinsip pemasaran, Jakarta, Penerbit Erlangga
Koentjoro nigrat, 1983, Metode penelitian masyarakat, , Jakarta, Gramedia
Masri Singarimbun, 1984, Metode penelitian survai, Jakarta ,LP3ES,
Mursid,2003, Cara mudah memahami pemasaran, Bandung, CV.Teruna Grafika,
Mohamad Ali, 1985, Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi, Bandung ,Angkasa
Nazir,M, 1988, Metode Penelitian, Jakarta, Ghalia Indonesia
Onong Uchjana Effendy, 1985, Ilmo Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung, Remadja Karya CV
Takwin, B. (2008). Menjadi mahasiswa. Bagustakwin .multiply.com.
Tjiptono Fandy, 2014 Pemasaran Jasa, Yogyakarta, CV ANDI OFFSET ( Penerbit Andi )Urchan, A. (2009). Beda antara belajar di sekolah dan di perguruan tinggi.