Eksistensi Lagu Pop Bali Dalam Siaran TV Swasta Di Bali

  • Anak Agung Gede Bagus
  • Ida Ayu Ratna Wesnawati

Abstract

Hasil Studi Tim Peneliti FIKOM UNDWI (2006: iii), bahwa terdapat hubungan positif antara keberadaan TV Swasta Lokal di Bali (Bali TV) dengan perkembangan lagu POP Bali. Dari persepektif Psikologi berarti Penyanyi lagu POP Bali di media Bali TV dijadikan Modelling bagi Pengikutnya sehingga bermunculan Penyanyi-penyanyi baru. Proses Modelling terjadi ketika seseorang melihat model (penyanyi) sebagai rangsangan (stimulus), maka akan terjadi reaksi (response) berupa kegiatan meniru model baik suara maupun gaya penyanyi. Ada tiga syarat utama dalam proses Modelling yaitu: dorongan (drive), penghargaan (reward), dan pengukuhan perilaku (reinforcement).Dorongan digerakan oleh kebutuhan aktualisasi diri sebagai penyanyi populer, mengharapkan memperoleh penghargaan dari investor rekaman kemudian mendapat dukungan pengukuhan perilaku berupa ucapan selamat atas keberhasilannya, dan kaset, VCD, CD laris terjual. Beredarnya kaset, VCD, dan CD lagu POP Bali dapat dijadikan sebagai terapi untuk meredakan ketegangan (tension), sehingga terhindar dari stres. Stres yang berkepanjangan akan berkembang menjadi distres, distres yang tidak cepat ditangani akan berubah menjadi depresi, dan bahkan akan menjadi struke, akhirnya akan berdampak patal yaitu kematian.Stres tidak selalu berdampak negatif tetapi juga berdampak positif misalnya banyak pasutri menjadi lebih hot diranjang padahal sebelumnya mereka bertengkar hebat. Saat bertengkar jantung berdetak lebih cepat, darah mengalir lebih kencang membuat gairah seksual melonjak, karena keduanya sama-sama emosional dan terkejut. Naiknya adrenalin ini tidak setiap saat, jika imanfaatkan untuk melakukan hubungan seks yang sehat, maka akan dapat mengurangi kadar stres, karena dalam hubungan seks yang sehat juga terjadi komunikasi dua arah atau hubungan interpersonal (interpersonal relationship) semakin intim. Kemampuan seseorang berkomunikasi akan membantu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan dan dirinya, hal ini akan berkontribusi pada kesehatan fisik yang ditunjang dengan kemampuan memberikan citra bahwa mendengarkan lagu POP Bali, (relaxation) olah raga dan jalan santai dapat meningkatkan kebugaran dan meredakan stres.

Author Biographies

Anak Agung Gede Bagus
Universitas Dwijendra
Ida Ayu Ratna Wesnawati
Universitas Dwijendra

References

Avi Giora and Karen. 2004. Effects of stress on sleep. The American Psychologycal Association, Inc. Vol. 23 N05, Pg. 542.

Atkinson, Rita L. et.all. 1983. Introduction To Psycholou. Eight Edition (terjemahan). Erlangga. Jakarta.

Haas, K. 1979. Abnormal Psycholou. Van Nostrand comp. New York.

Luthan, F. 1995. Organizational Behavior. McGraw-Hill. Inc. New York.

Pande Suastawa. 2003. Perilaku Organisasi. (handout mata kuliah Prilaku Organisasi Program I'vflvf Untag Surabaya). Surabaya.

...................2004. uanejemen stres. Makalah pelatihan pada BEM FKG UNMAS Denpasar. Denpasar.

...................2005. Manajemen Stres. Makalah Seminar Nasional TM Nasional. Perhimpunan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSYKGI). Senat MahasiswaFKG Unmas Denpasar. Denpasar.

...................2005. Model Konseling Efektif Dalam Mengelola Stres. Orasi Ilmiah Yang Disampaikan Pada Dies Natalis UNMAS Denpasar Ke XXIII dan Wisuda ke XXIX Tanggal 22 Maret 2005. Westin Hotel Convention Center. NusaDua Bali.

...................2006. Menyikapi Perilaku Anarkis Di Masyarakat. Materi InteraktifDisampaikan pada Ceplas-Ceplos di TVRI Bali. Tanggal 13 April 2006. Denpasar.

...................2006. Stres Tidak Harus Dihindari. Bahan Ceramah Pada Kegiatan Safari Kantibmasdan Narkoba. Polres Gianyar Di Kecamatan Sukawati, Tanggal,19 Mei 2006. Sukawati.

Robbin, StephenP. 1996. Organizational Behavior Engglewood Cliffs. New Jersey.

Robert K. Yin. 2004. Studi Kasus: Desain & Metode. PT Raja Grapindo Persada. Jakarta

Sanyono, S.W 1987. Teori-Teori Psikologi Sosial. CV Rajawali. Jakarta. .1999. Psikologi Sosial: Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan.Balai Pustaka. Jakarta.

Suhi, Muhammad. 2002. Stres Bisa Bikin Ranjang Memnas. Majalah Intisari. Mei 2002. hal. 159-164.

Thomas, J, and Alison. 2002. .Stress and Smoking In Adulescence. The American Psychological Association, Inc. Vol. 21, No. 2. Pg. 122.

Tim Peneliti Fikom UNDWI. 2006. Televisi Swasta Dan Perkembangan Budaya Bali Studi Kasus: Lagu POP Bali. Makalah Hasil Penelitian Yang Disampaikan Pada Seminar Nasioanal Kerjasama FIKOM UNDWI Dengan Departemen Komunikasi dan Infomasi RI. Hotel Natour Kuta Bali.

Published
2014-01-05