Strategi Komunikasi Perawat Dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Kota Denpasar
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi dan tingkat kepuasan pasien terhadap penerapan komunikasi perawat di Instalasi Rawat Inap RSUD Wangaya Denpasar. Tujuannya untuk mengetahui strategi komunikasi dan tingkat kepuasan pasien terhadap penerapan komunikasi perawat di Instalasi Rawat Inap RSUD Wangaya Denpasar. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik logika induktif. Hasil penelitian diketahui bahwa strategi komunikasi perawat yang digunakan perawat dalam meningkatkan kepuasan pasien adalah : strategi komunikasi interpersonal dan persuasif, sedangkan tingkat kepuasan pasien dapat diketahui sebagian besar pasien rawat inap merasa puas dalam menjalani perawatan di Instalasi Rawat Inap RSUD Wangaya Denpasar.References
Abraham C., & Shanley, E., 1992. Psikologi Sosial Untuk Perawat. Diterjemahkan oleh Leoni Sally M. Jakarta: EGC.
Anwar Arifin. 1984. Strategi Komunikasi, Bandung : Armilo.
Asmadi. 2005. Konsep Dasar Keperawatan. EGC : Jakarta
Dedy Mulyana, 2000-2007, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Rosdakarya.
Djamaluddin. 1997. Komunikasi Persuasif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Doenges. 2000. Rencana Asuhan Keperawatan Pedoman untuk Perencanaan dan Pendokumentasian Perawat Pasien, Edisi 3. Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Effendy, Onong Uchana, 1984. Ilmu Komunikasi Teori & Praktek. Bandung : Rosdakarya
Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung.
Foster. Timothy R.V. 2004. 101 Ways to Boost Custemer Satisfaction. Jakarta: Gramedia.
Gaspersz, Vincent. 1997. “Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasaâ€. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama
Husein Umar. 2004, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: Raja Grafindo Persada, Cet Ke 6, h. 108
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1999. Jakarta: Balai Pustaka.
Muhammad, Arni. 2002. Komunikasi Organisasi. Cetakan kelima. Jakarta : Bumi Aksara.
Mundakir. 2006. Komunikasi Keperawatan Aplikasi dalam Pelayanan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
R Jauch Lawrence and Glueck, William, 1989. Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. Jakarta: Erlangga.
Roslan Rosady, 2003. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soemirat, Soleh. 2012. Komunikasi Persuasif. Tangerang Selatan :Universitas Terbuka
Supranto. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tjiptono, Fandy. (2008), “Service Management Mewujudkan Pelayanan Primaâ€. Yogyakarta : Penerbit Andi
UU No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.
http://drryeah.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-tugas-fungsi-etika-hak-dan.html
http;//askep-net.blogspot.com/2012/02/pengertian perawat-dan keperawatan. htm?m=1.com).