STRATEGI KAMPANYE SAPTA PESONA DALAM PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA DI PANTAI PADANG GALAK KESIMAN PETILAN

  • Shafira Tri Buana Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas Bali Dwipa
  • I Wayan Suartawan Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas Bali Dwipa
  • Komang Andri Sani Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas Bali Dwipa
Keywords: Sapta Pesona, Pantai Padang Galak, Pariwisata, Kesiman Kertalangu

Abstract

Pariwisata bertujuan mencapai dampak positif pada ekonomi, sosial, dan lingkungan. Kodhyat menggambarkan pariwisata sebagai perjalanan sementara individu atau kelompok dalam pencarian keseimbangan dan kebahagian dengan lingkungan. Pengendali desa wisata berkontribusi pada pembentukan pola pikir masyarakat sapta pesona. Dengan Demikian Pokdarwis adalah kelompok warga setempat yang dibentuk untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pariwisata. Masyarakat Kesiman Kertalangu sangat mendukung pengembangan desa wisata untuk meningkatkan potensi wisata desa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk memahami persepsi masyarakat dan wisatawan. Adapun instrumen penelitian adalah observasi, pedoman wawancara saat terjun ke lapangan untuk memastikan bahwa penelitian di lapangan tetap fokus dan data yang diperlukan dapat dikumpulkan dengan maksimal. Sumber data pada penelitian hasil wawancara dari Nyoman Ebeh Tenaya (Bendahara pengelola pantai). Adapun hasilnya adalah tentang strategi kampanye sapta pesona dalam pengembangan daya tarik wisata Pantai Padang Galak di kesiman petilan, menggabungkan pemikiran peneliti tentang proses penelitian, termasuk pengembangan UMKM di sebelah utara dan saran untuk penelitian masa depan. Untuk memperjelas temuan yang disajikan, digunakan penekanan visual, subjudul, dan poin kunci

References

Admin. (2016). Aksi Sapta Pesona Perkuat Daya Tarik Wisata. In Portal PPID Kota Purbalingga.
Fauziyah Nur, R. (2022). Analisa SWOT: Pengertian, Manfaat, Tujuan, dan Cara Penggunaan. In Gramedia Blog.
Gde satrya, D. (2020). Sapta Pesona Wisata Dengan Wajah Baru. In Bali Post Portal Berita.
Goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A. (2019). Tinjauan Pustaka Evaluasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hollandita Prima Putri Daulay, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Objek Wisata Pantai Bali Lestari.
Liga Wangsa, I. made, & Ketut Acwin Dwijendra, N. (2019). Konflik Kepentingan Dalam Pemanfaatan Ruang Terbuka Publik Pantai Padang Galak, Denpasar. 6, 186.
Ningrum, S., & Juana, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Di Pantai Botutonuo. In Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (pp. 225–241).
Nino, T. (2022). Kampanye Sadar Wisata Tingkatkan Kapasitas Masyarakat di 6 Destinasi Prioritas Pariwisata. In Bina Swadaya konsultan.
Padang, T. A., Sinambela, M., & Sitepu, Y. K. S. (2024). Strategi Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Objek Wisata Alam Pantai Cemara Indah Desa Gosong Telaga Kecamatan Aceh Singkil Utara , Kabupaten Aceh Singkil. 2.
Pearce, P. L. (2020). Tourism planning and planning theory: Historical roots and contemporary alignment.
Purwanti, I. (2019). Strategi Kelompok Sadar Wisata Dalam Penguatan Desa Wisata. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(3), 101–107.
Rahma Putri Andita, Handayani, E., & Lestari, L. (2023). Penerapan Sapta Pesona Di Desa Kreatif Kampung Bandar Kecamatan Senapelan Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 2503–2507. Suatu, A. (2017). Pengembangan Objek Wisata Berbasis Analisis SWOT. Spasial.
Suryani, A. I. (2017). Strategi Pengembangan Pariwisata Lokal. Jurnal Spasial, 3(1).
Wahyuningsih, S. (2018). Strategi pengembangan objek wisata pantai apparalang sebagai daerah tujuan wisata kabupaten bulukumba (p. 86).
Yudistira M Putra, C. (2023). Pariwisata Bali Pulih, Kunjungan Turis Mancanegara Capai 1,7 Juta Orang (p. )
Published
2025-01-30