PENERAPAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL STAF KOPERASI DALAM MEMBERI LAYANAN KEPADA NASABAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM CATUR PUTRA MANUNGGAL DI DENPASAR
Keywords:
Komunikasi Interpersonal, Koperasi Simpan Pinjam, Pelayanan
Abstract
Komunikasi interpersonal memegang peranan penting dalam pembangunan sumber daya manusia. Dalam meningkatkan keberhasilan komunikasi maka diperlukan adanya pelaksanaan dan penerapan komunikasi interpersonal yang efektif guna menunjang kinerja didalam sebuah organisasi seperti koperasi. Maka dari itu pentingnya mengetahui bagaimanakah penerapan komunikasi interpersonal staf koperasi dalam memberi layanan kepada nasabah. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yaitu; staf bagian akuntansi, staf bagian dana dan staf bagian pinjaman. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi partisipan serta, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan komunikasi interpersonal pada Staf Koperasi Simpan Pinjam Catur Putra Manunggal Denpasar, Staf Koperasi telah menerapkan lima indikator yaitu Keterbukaan (Openness) memberikan informasi secara terbuka, Empati (Empathy) menerapkan pelayanan secara humanis, Sikap Mendukung (Supportiveness) saling menjaga satu sama lain, Sikap Positif (Positiveness) tidak mencurigai sesama rekan kerja, dan Kesetaraan (Equality) memberi perlakuan secara adil. Penerapam komunikasi interpersonal sudah direalisasikan oleh Staf Koperasi sehingga dapat memberikan layanan yang maksimal terhadap nasabahReferences
Afrial J, R. (2009). Kualitas Pelayanan Publik Kecamatan setelah Perubahan Kedudukan dan Fungsi Camat sebagai Perangkat Daerah. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 16(2), 87–95.
Aryani, Dwi. Dan Rosinta, Febrina. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Adsminitrasi dan Organisasi,Vol. 17(2) hal: 114-126.
Browne, Wildavsky. (1983). Implementasi sebagai perluasan aktifitas yang saling menyesuaikan.: Studi Implementasi [Online], 2 halaman.
Buttle, Francis (2004), Customer Relationship Management, Bayu media, Publishing
Devito, Joseph A. 1997. Komunikasi Antarmanusia. Professional Books: Jakarta
DPR dan Presiden RI, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian
Dr. H, Usman Moonti, M.Si. 2016. Bahan Ajar Mata Kuliah Dasar – Dasar Koperasi, Yogyakarta: INTERPENA Yogyakarta
Edilius, S.E., dan Drs. Sudarsono, S.H., 1993, Koperasi Dalam Teori dan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Farid Hamid & Heri Budianto, Ilmu Komunikasi, Jakarta: Kencana, 2011
Gronroos, Christian. (1990). Services Management and Marketing: managing the moments of truth in service competition. Massachusetts: Lexington Books
Hogwood, Brian W., and Gunn, Lewis A., Policy Analysis for the Real World, Oxford University Press, 1986
Johannesen, Richard L. (1996). Etika komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majone, Wildavsky. (1979). Implementasi sebagai penilaian.: Studi Implementasi [Online], 2 halaman.
Mulyana D. 2004. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ninik Widiyanti & Sunindhia. (2009). “Koperasi dan Perekonomian Indonesia”. Jakarta: Rineka Cipta.
Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sembiring, Suharyono, & Kusumawati. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 15 No 1 Oktober 2014.
Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofyan. 2001. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wilbur Schramm dalam Effendi, Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1984.
Wood, Julia T. 2014 Komunikasi: Teori dan Praktik (Komunikasi dalam Kehidupan Kita), Jakarta: Salemba Humanika
Aryani, Dwi. Dan Rosinta, Febrina. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Adsminitrasi dan Organisasi,Vol. 17(2) hal: 114-126.
Browne, Wildavsky. (1983). Implementasi sebagai perluasan aktifitas yang saling menyesuaikan.: Studi Implementasi [Online], 2 halaman.
Buttle, Francis (2004), Customer Relationship Management, Bayu media, Publishing
Devito, Joseph A. 1997. Komunikasi Antarmanusia. Professional Books: Jakarta
DPR dan Presiden RI, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian
Dr. H, Usman Moonti, M.Si. 2016. Bahan Ajar Mata Kuliah Dasar – Dasar Koperasi, Yogyakarta: INTERPENA Yogyakarta
Edilius, S.E., dan Drs. Sudarsono, S.H., 1993, Koperasi Dalam Teori dan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Farid Hamid & Heri Budianto, Ilmu Komunikasi, Jakarta: Kencana, 2011
Gronroos, Christian. (1990). Services Management and Marketing: managing the moments of truth in service competition. Massachusetts: Lexington Books
Hogwood, Brian W., and Gunn, Lewis A., Policy Analysis for the Real World, Oxford University Press, 1986
Johannesen, Richard L. (1996). Etika komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majone, Wildavsky. (1979). Implementasi sebagai penilaian.: Studi Implementasi [Online], 2 halaman.
Mulyana D. 2004. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ninik Widiyanti & Sunindhia. (2009). “Koperasi dan Perekonomian Indonesia”. Jakarta: Rineka Cipta.
Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sembiring, Suharyono, & Kusumawati. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 15 No 1 Oktober 2014.
Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofyan. 2001. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wilbur Schramm dalam Effendi, Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1984.
Wood, Julia T. 2014 Komunikasi: Teori dan Praktik (Komunikasi dalam Kehidupan Kita), Jakarta: Salemba Humanika