PENERAPAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN PADA COFFEE SHOP KOPI KENANGAN BATUBULAN GIANYAR
Keywords:
Komunikasi Pemasaran, Coffee Shop, Pelanggan
Abstract
Coffee shop merupakan sebuah lokasi atau tempat yang mana menyediakan aneka macam minuman berbahan dasar kopi yang mana pembuatannya menggunakan teknik yang berbeda satu sama lain sehingga mendapatkan varian kopi. Kopi Kenangan Batubulan merupakan salah satu coffee shop yang berada di wilayah Gianyar, Bali. Coffee shop ini menyediakan berbagai jenis kopi dengan cita rasa yang khas dan unik.Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, Kopi Kenangan Batubulan melakukan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan komunikasi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pelanggan pada Coffee Shop Kopi Kenangan Batubulan Gianyar. Pendekatan kualitatif digunakan dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif.Pendekatan penelitian yang berdasarkan pada data yang bersumber dari informasi berupa narasi yang didapatkan melalui informan Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pemimpin toko, barista dan pelanggan serta observasi langsung di lokasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kopi Kenangan menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang efektif melalui aspek 4P (Product, Price, Place, Promotion).Kopi Kenangan menonjolkan kualitas biji kopi, berbagai varian minuman kopi, kebijakan harga yang kompetitif, lokasi yang strategis, desain interior yang menarik, serta promosi melalui media sosial dan program loyalitas. Analisis data jumlah pelanggan selama tiga bulan terakhir menunjukkan peningkatan yang stabil, menandakan keberhasilan strategi pemasaran. Penerapan komunikasi pemasaran yang efektif dapat meningkatkan jumlah pelanggan dan mendukung pertumbuhan bisnis Coffee Shop Kopi Kenangan Batubulan GianyarReferences
Cangara, H. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Firmansyah., M. A. 2020. Komunikasi Pemasaran. Jawa Timur: Qiara Media.
Musanto, T. 2004. faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan.
Musyawarah, I. Y. 2022. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas Di Kecamatan Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen.
Santoso. 2017. Etnografi Warung Kopi Politik Identitas Cangkrukan di Kota Surabaya dan Sidoarjo (The Etnography of Coffee Shop: Identity Politics of Cangkrukan in the City of Surabaya and Sidoarjo). Mozaik.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta
Terry G. Vavra. 2002. Customer satisfaction measurement simplified: A step-by-step guide for ISO 9001: 2000 certification. Quality Press.
Tim Fikom Universitas Dwijendra. 2023.Buku Panduan Penulisan Skripsi.Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Universitas Dwijendra,Denpasar,Universitas Dwijendra Bali
Yola, M. 2013. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Metode Importance Performance Analysis. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 302.
Zikri Fachrul Nurhadi, A. W. 2017. Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian
Musanto, T. 2004. faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan.
Musyawarah, I. Y. 2022. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas Di Kecamatan Mamuju. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen.
Santoso. 2017. Etnografi Warung Kopi Politik Identitas Cangkrukan di Kota Surabaya dan Sidoarjo (The Etnography of Coffee Shop: Identity Politics of Cangkrukan in the City of Surabaya and Sidoarjo). Mozaik.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta
Terry G. Vavra. 2002. Customer satisfaction measurement simplified: A step-by-step guide for ISO 9001: 2000 certification. Quality Press.
Tim Fikom Universitas Dwijendra. 2023.Buku Panduan Penulisan Skripsi.Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Universitas Dwijendra,Denpasar,Universitas Dwijendra Bali
Yola, M. 2013. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Metode Importance Performance Analysis. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 302.
Zikri Fachrul Nurhadi, A. W. 2017. Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian